Cara Laptop Tidak Lemot Yang Harus Anda Tahu!

PortalYK – Menggunakan laptop yang lemot pasti akan menganggu dan mengurangi produktivitas dari pekerjaan anda. untuk itu ada harus mengupgrade laptop agar tidak lambat konektivitasnya. Cara laptop tidak lemot  harus dilakukan penginstalan ulang.  Biasanya pekerjaan ini bisa anda serahkan pada tukang service.  Kalau anda menggunakan jasa orang lain membutuhkan dana perbaikannya.

Banyak hal yang menyebabkan laptop menjadi lambat, mulai dari memori atau aplikasi yang anda install. Untuk itu anda harus mencari tahu penyebab laptop anda menjadi lemot. Bila  sudah anda bisa mengikuti langkah di bawah ini supaya laptop tidak lemot lagi.

Menghilangkan Aplikasi Yang Tidak Perlu

Anda harus mengecek secara menyeluruh semua aplikasi yang ada di laptop anda.  Bila ada aplikasi yang tidak berguna dan jarang digunakan, lebih baik anda hapus.  Hal ini karena aplikasi yang terlalu banyak bisa membuat kinerja laptop berkurang.  Aplikasi yang anda install langsung tersimpan ke drive dan bila drive dari laptop penuh otomatis menjadi lemot.

Harus anda pastikan aplikasi yang terinstall hanya yang dibutuhkan saja. Dengan begitu kapasitas laptop akan sesuai dengan porsinya dan tidak menekan kinerja laptop.  Periksa juga aplikasi yang tidak sengaja terinstall, kasus ini biasanya tidak disadari oleh pengguna.

Menyesuaikan Aplikasi Dengan Kapasitas Laptop

Cara mengatasi laptop tidak hang adalah dengan memilih aplikasi yang sesuai dengan kapasitas laptop.  Bila anda menginstal aplikasi dengan tipe yang berbeda dengan kapasitas laptop bisa jadi kinerja laptop anda lambat dan terkadang akan menyebabkan hang.

Rekomendasi :   Mengenal Istilah Mining dan Cara untuk Memanfaatkannya

Untuk itu sangat penting mengetahui bagaimana spesifikasi dari laptop anda.  mengetahui secara detail tentang laptop membuat anda jadi paham aplikasi mana saja yang wajib masuk dan terinstall di laptop dan  aplikasi yang tidak perlu.

Cara Laptop Tidak Lemot Adalah Menambah RAM

Kendala yang sering dialami adalah kapasitas RAM yang terlalu sedikit sehingga tidak bisa menampung banyak aplikasi.  RAM sendiri adalah perangkat yang sudah terpasang pada laptop yang berguna untuk menyimpan segala aplikasi dan data-data yang anda miliki.  Bila RAM pada laptop anda kecil memungkinkan kinerjanya semakin melambat.

Anda harus menambah kapasitas dari RAM agar tidak menganggu aktivitas anda. Penambahan RAM ini membutuhkan biaya yang cukup banyak, namun tidak ada ruginya jika anda menambah RAM untuk menjaga produktivitas dan kenyamanan anda dalam beraktivitas.

Demikianlah penjelasan cara laptop tidak lemot, semoga tips di atas mampu mengatasi masalah pada laptop anda. lebih baik anda langsung datang  ke tukang service untuk memastikan kondisi laptop anda. dengan begitu akan lebih cepat mengetahui kesalah yang terjadi pada laptop tersebut. Cara di atas bisa anda gunakan  sebagai tahap awal untuk mengurangi ketidaknyamanan dalam penggunaan laptop.

Originally posted 2022-04-09 10:21:30.