Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Mati

PortalYK – Pernahkah Anda mengalami laptop yang tiba-tiba mati dan tidak tahu penyebabnya? Tentunya hal ini sangat menjengkelkan apalagi jika kerjaan sedang banyak-banyaknya. Untuk mengatasinya memang harus tahu apa penyebab dari laptop mati barulah bisa tahu cara mengatasi laptop mati yang tepat.

Kenapa Laptop Tiba-Tiba Mati?

Sebelum lanjut ke pembahasan lebih lanjut Anda perlu tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba. Anda bisa melihat beberapa penyebabnya di bawah ini:

  • Virus

Laptop yang tiba-tiba mati bisa disebabkan karena serangan virus yang masuk ke dalamnya. Hal ini bisa terjadi karena proses pengunduhan atau pemindahan file tertentu yang ternyata terdapat virus di dalamnya. Sehingga sistem komputer menjadi acak-acakan dan membuatnya mati.

Biasanya ketika terkena virus masih dalam taraf yang biasa tentu laptop masih bisa dihidupkan lagi. Namun jika kondisi virusnya sudah terlalu parah dan banyak tentu membuat laptop sulit dihidupkan kembali.

  • Sistem operasi

Laptop yang mati bisa disebabkan juga karena adanya kesalahan sistem operasi yang terjadi. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda bermain-main dalam sistem BIOS sehingga otomatis laptop akan mati untuk melindungi semua data dan hal-hal penting di dalamnya.

  • Baterai habis

Anda juga harus tahu bahwa laptop bisa mati karena kondisi baterainya habis. Apalagi bagi yang memiliki masalah pada sistem baterai entah sering tiba-tiba habis atau tiba-tiba terisi penuh harus selalu waspada.

Cara Mengatasi Laptop Mati

Setelah tahu penyebabnya Anda bisa lanjut untuk mengetahui cara mengatasi laptop mati seperti di bawah ini:

  • Pasang anti virus

Jika penyebab sebuah laptop sering tiba-tiba mati adalah virus maka yang perlu Anda lakukan adalah memberikan anti virus di dalam laptopnya. Saat ini untuk mendapatkan anti virus ini juga bukanlah hal yang sulit. Anda bebas memilih untuk menggunakan anti virus seperti apa sesuai jenis laptopnya.

  • Sistem operasi

Jika yang menjadi penyebabnya adalah sistem operasi cobalah lihat bagian dua tampilan umum driver yang tersedia di dalam laptopnya. Kemudian barulah bisa dilihat bagian mana yang terkena crash dan terjadi kesalahan sistem operasi. Bacalah setiap file yang tersedia untuk melihat informasi terkait.

  • Cek bagian baterai

Jika penyebab laptopnya mati adalah baterainya Anda harus mengecek terlebih dahulu baterai yang digunakan dalam laptop apakah berfungsi baik atau tidak. Cek pengisian daya apakah terlalu cepat atau lebih cepat habis dari biasanya? Jika terjadi hal-hal yang tidak normal Anda perlu mengganti atau mengeceknya ke tukang service.

Rekomendasi :   Trik Optimasi Youtube Agar Pendapatan Meningkat Setiap Bulan

Anda perlu tahu penyebab yang jelas dari laptop mati untuk tahu cara mengatasi laptop mati yang tepat. Jadi penanganan dalam cara mengatasi laptop hang pun bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Originally posted 2022-04-09 10:35:16.