Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Ngehang

PortalYK – Laptop saat ini sudah menjadi benda penting untuk mendukung pekerjaan ataupun untuk bersekolah. Namun akan menjadi hal yang menyebalkan ketika laptop tiba-tiba hang. Maka Anda harus tahu apa saja penyebab dan cara mengatasi laptop ngehang.

Penyebab Laptop Ngehang

Laptop yang ngehang bisa terjadi di mana saja secara tidak terduga. Banyak penyebab terjadinya not responding pada laptop. Namun kebanyakan terjadi saat browsing, ketika dihidupkan atau starting, dan tiba-tiba layar laptop menjadi gelap.

Beberapa penyebab laptop ngehang adalah :

  • Sistem laptop tidak di-update atau sudah versi lama.
  • Malware atau terdapat virus pada laptop.
  • Sistem atau laptop panas karena sering digunakan tanpa istirahat.
  • Memori terlalu penuh.
  • Perangkat lunak pada laptop sudah pada versi lama.
  • Terjadi masalah pada hard drive.

Cara Mengatasi Laptop Ngehang

Banyak penyebab terjadinya hang pada laptop. Anda perlu mengetahui cara mengatasinya dan tidak perlu repot-repot lagi untuk membawanya ke tempat perbaikan laptop dan mengeluarkan banyak uang.

Cara mengatasi laptop ngehang terbilang simpel dan mudah karena bisa di mana saja. Beberapa pertolongan pertama untuk laptop Anda yaitu :

  • Laptop hang saat masuk ke mode BIOS.

Cara mengatasinya yaitu restart dan masuk lagi ke BIOS kemudian tekan tombol Del, F2 atau F8 tergantung merk laptop Anda. Tekan advance BIOS Features lalu cari pilihan cache dan hapus. Kemudian tekan tombol F10 dan enter.

  • Laptop hang saat starting

Ada beberapa cara untuk masalah ini. Pertama bersihkan RAM dan kipas laptop menggunakan kuas. Namun jika masih hang, coba untuk scan registry menggunakan aplikasi scan virus atau bisa juga dengan CCleaner.

Rekomendasi :   Pengertian Hosting, Jenis dan Tips Memilih Layanannya

Jika sudah melakukan 3 cara di atas tapi masih hang. Cobalah untuk membawanya ke teknisi laptop atau seseorang yang bisa membantu Anda.

  • Laptop Not Responding

Masalah ini sering terjadi pada laptop yang terkena virus. Jika laptop tidak merespon saat menggunakan internet itu disebabkan oleh situs yang Anda buka terdapat virus. Segeralah untuk menghapus cache atau history internet.

Jika laptop tidak merespon walaupun tidak sedang menggunakan internet. Cobalah tekan Ctrl + Shift + Esc atau Ctrl + Alt + Del secara bersamaan. Klik pilihan not responding kemudian klik End Task.

  • Laptop hang total

Jika masalah terjadi, langsung tekan Ctrl + Alt + Del kemudian klik sign out. Bisa juga dengan langsung menekan pilihan restart atau shutdown. Namun jika laptop benar-benar tidak bisa merespon, Anda bisa langsung menutup layar laptop agar masuk mode sleep dan bisa kembali normal.

Sementara cara memastikan agar laptop tidak hang adalah memastikan memori tidak penuh dan cache sudah dibersihkan. Jangan sering menggunakan tanpa memberi jeda dan update versi laptop atau perangkat lunaknya. Nah, cara mengatasi laptop hang tersebut bisa dikatakan ampuh dan bisa Anda coba.

Tentunya, cara mengatasi laptop ngehang akan sangat bermanfaat untuk Anda yang sering menggunakan laptop secara mendadak dan harus cepat.

Originally posted 2022-04-09 10:43:48.