Mengenal Cisco dari Sejarah, Teknologi dan Layanannya

Apabila mendengar kata cisco, mungkin bagi sebagian orang masih belum bisa memahaminya. Tetapi bagi orang yang berkecimpung di dunia teknologi informasi, pasti sudah mengenal akrab tentangnya, yaitu salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia.

Meskipun demikian, berbagai manfaatnya dapat kamu rasakan, salah satunya adalah kemampuan mengakses internet, ini adalah salah satu produk dan inovasi dari perusahaan yang bermarkas di San Francisco itu.

Ada banyak sekali varian produk lainnya yang menguasai berbagai pasar dunia, baik untuk keperluan bisnis besar, bisnis kecil, maupun keperluan kantor. Apabila kamu tertarik untuk berkecimpung di bidang teknologi informasi, ada baiknya memahami tentangnya mulai dari sekarang.

Mengenal Sejarah dan Perkembangan Cisco

Perusahaan ini dikembangkan oleh Leonard Bosack dan Sandy Lerner, keduanya merupakan ilmuwan dari Stanford University. Berangkat dari ide untuk menghubungkan LAN ke area lebih luas lagi menggunakan multiprotokol sistem router, keduanya mulai mengembangkannya secara serius.

Ide untuk membangun jaringan lebih kompleks memang bukan ide baru, mengingat saat itu perkembangan komputer dan jaringannya sedang dalam tahap perkembangan pesat. Namun hanya perusahaan besutannya yang berhasil mengomersialkan produk ini.

Sejak saat itu cisco adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, lebih tepatnya mengembangkan jaringan antar komputer yang lebih efisien. Namanya sendiri didasarkan pada kota tempat kedua ilmuwan tersebut mengembangkannya, yaitu San Francisco.

Berkembang dari ide mengoneksikan jaringan komputer dalam skala luas, kini telah berkembang berbagai produk – produk serta layanan yang mendukungnya, seperti router, switch, sistem keamanan, dan berbagai produk di bidang teknologi informasi lainnya.

Perusahaannya akan terus mengembangkan layanannya, tidak hanya terkait dengan jaringannya saja tetapi juga keamanannya. Kini juga mengembangkan berbagai jenis training dan pelatihan untuk mencetak teknisi – teknisi handal yang menguasai berbagai teknologi informasi terbaru.

Rekomendasi :   Cаrа Mеlасаk HP Hіlаng Lewat Whаtѕарр Terbaru [MUDAH BANGET!]

Berbagai Teknologi yang Digagas Oleh Cisco

Sebagai perusahaan pioneer dan menguasai pasar dot com pada tahun 2000, dirinya telah mengembangkan beragam teknologi yang kini menguasai berbagai jenis pasar. Berikut beberapa bentuk teknologi cisco :

1.      Internetwork Operating System (IOS)

Kelancaran transfer data tidak hanya dipengaruhi oleh perangkat kerasnya saja, hal ini disadarinya akhirnya menciptakan inovasi baru berupa Internetwork Operating System atau dikenal sebagai IOS. Fungsinya adalah sebagai penyedia fitur optimasi jaringan.

2.      Digital Network Architecture (DNA)

Produk digital berikutnya adalah Digital Network Architecture (DNA), yaitu sebuah struktur bangunan jaringan digital. Fungsi dari cisco DNA adalah mengembangkan sebuah sistem yang memiliki pelayanan dan kecepatan maksimal, sehingga meningkatkan performa user.

3.      Software-Defined Access (SD Access)

Kendala utama ketika melalukan pengaturan, adaptasi jaringan, dan troubleshooting adalah waktunya sangat lama. Menyadari kelemahan tersebut teknologi SD Access dikembangkannya, fungsinya memangkas dan mempercepat proses operasional tersebut.

Produk dan Layanan yang Diberikan Cisco

Sebagai sebuah perusahaan besar, terdapat tiga segmentasi yang dibidiknya, mulai dari enterprise, provider, hingga bisnis skala kecil dan menengah. Varian produknya beragam, mulai dari networking, keamanan, data center, hingga sertifikasi.

Sertifikasi berfungsi cisco sebagai langkah mengedukasi dan mendidik generasi muda agar bisa lebih produktif dalam mengembangkan keterampilannya di bidang teknologi informasi. Beberapa bentuk sertifikasinya adalah sebagai berikut.

1.      CCNA

Merupakan tingkatan pertama, pada sertifikasi ini memberikan edukasi tentang dasar – dasar network. Kompetensi akhirnya adalah ahli IT akan mampu mengelola server kecil, antara 250 – 500 user. Tidak ada syarat khusus apabila ingin mengikutinya.

2.      CCNP

Kompleksitas network selalu berkembang, begitu juga dengan keterampilannya, karena itu dibentuklah sertifikasi ini. Target utama pembelajaran dan sertifikasinya adalah mengelola server skala besar dan multi area. Namun agar bisa mengikutinya harus lolos CCNA terlebih dahulu.

Rekomendasi :   Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Ngehang

3.      CCIE

Kebutuhan pada dunia networking tidak hanya mengelola multi-area server saja, melainkan juga service provider. Menguasai CCIE menjadi tanda bahwa ahli IT tersebut kompeten dalam mengelola service provider hingga server yang lebih dari 2000 user.

Apabila kamu tertarik menjadi seorang ahli pada bidang networking, mengikuti seminar, sertifikasi, dan pelatihan dari perusahaan tersebut sangat menguntungkan sekali. Selain mendapatkan pengakuan atas keterampilannya, juga dibimbing oleh instruktur tersertifikat.

Menjadi penguasa teknologi informasi tidak terlepas dari jerih payah dan inovasinya. Hingga kini telah berkembang berbagai jenis produk baik hardware dan software terkait jaringan dari Cisco.

Originally posted 2022-03-03 11:08:20.