Cara Memainkan Alat Musik Angklung Reog

PortalSekolah.Net –¬†Angklung Reog merupakan ansambel musik tradisional asal Indonesia yang menampilkan instrumen yang terbuat dari tabung bambu. Ansambel biasanya disertai dengan pertunjukan kesenian tari yang disebut Reog Ponorogo di Jawa Timur , yang menceritakan kehidupan seorang pemuda di masa lalu.

Lantas ada pertanyaan angklung reog berasal dari mana? Jawabannya sudah tercantum diatas yaitu Jawa Timur dan penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Sejarah Angklung Reog

Angklung reog adalah jenis musik tradisional Indonesia yang sering dimainkan selama upacara dan perayaan. Musiknya telah digambarkan sebagai “perpaduan yang sangat indah antara elemen klasik dan rakyat.” Angklung reog dapat ditelusuri kembali ke Kekaisaran Majapahit, yang berkembang di Jawa dari tahun 1293 hingga 1527.

Selama waktu ini, orkestra istana yang dikenal sebagai Gamelan Angklung dibentuk dan menjadi bagian penting dari kehidupan kerajaan. Saat ini, angklung reog tetap menjadi bagian penting dari budaya Indonesia dan sering dilakukan di pesta pernikahan, upacara keagamaan, dan acara khusus lainnya.

Meskipun mungkin tidak terkenal di luar Indonesia, angklung reog adalah bentuk musik yang unik dan menarik yang patut diapresiasi oleh siapa saja yang senang mendengarkan instrumen akustik atau mengalami budaya tradisional secara langsung. Jika Kamu cukup beruntung mendengar angklung reog dimainkan secara langsung, jangan lewatkan kesempatan Kamu!

Ciri-Ciri Angklung Reog

  1. Ciri pertama alat musik angklung yaitu mempunyai pegangan yang ada pada ujung angklung yang digunakan untuk memegang angklung. Ini supaya 1 orang bisa memegang 2 angklung.
  2. Di ujung bambu angklung reog terdapat helaian kecil yang diberi untaian benang warna merah dan kuning. Awalnya benang ini sebagai jimat yang dipercaya dapat melumpuhkan musuh bila terkena benang ini.
  3. Pada alat musik angklung reog terdapat lengkungan bambu di atas tabung bambu yang besar.
  4. Suaranya keras dan khas sehingga terkesan mistis bikin merinding.
  5. Hanya mempunyai dua nada, besar dan kecil dengan bunyi klong-klong untuk yang besar dan klung-klung untuk yang kecil.
  6. Terkadang angklung ini di buat dengan 3 tabung, 2 tabung, 1 tabung, bahkan hingga 9 tabung, untuk variasinya tetapi yang asli dan original memiliki 3 buah tabung saja.
  7. Bentuk angklung seperti gapura dan anak tangga, dari kecil hingga yang tinggi yang memiliki filosofi kehidupan manusia.
  8. Angklung Reog pertama  berasal dari distrik sambit, yang sudah berumur 250 tahun dan terdiri dari 15 buah angklung pada 1 set gayor yang memiliki 3 buah tabung bambu di setiap angklung yang sekarang menjadi koleksi di museum Sri Baduga Bandung di Jawa Barat.

Cara Memainkan Angklung Reog

Berikut adalah cara memainkan Angklung Reog untuk pemula:

  1. Pegang ujung bambu pada angklung seperti memegang pistol.
  2. Kemudian pegang leher dan pinggul angklung dan hentakan.
  3. Gerakan tangan dari kanan ke kiri (hentakan) bisa mengeluarkan suara lebih panjang dan biasanya ini untuk penutupan pertunjukan Reog.
  4. Dimainkan harus teratur dan serempak, Angklung bernada tinggi mengikuti bunyi gong, sedangkan angklung bernada rendah mengikuti suara kenong. Dan suara angklung akan di ikutkan suara para senggak.

Video Cara Memainkan Angklung Reog

Masih bingung cara memainkan Angklung Reog? Berikut ini adalah Video Cara Memainkan Angklung Reog.

Itulah artikel tentang Angklung Reog yang sudah dibahas diatas dari sejarah angklung reog, ciri – ciri angklung reog, cara memainkan angklung reog bahkan terdapat video cara memainkan angklung. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua, jangan lupa share informasi ini. Semoga bermanfaat!

Originally posted 2022-07-07 21:30:46.