Alat Musik Bonang : Cara Memainkan, Bentuk, dan Jenisnya

 

PortalSekolah.Net – Alat musik bonang adalah Instrumen yang bentuknya mirip dengan gong kecil dan terbuat dari perunggu. Namun, ada juga beberapa yang terbuat dari campuran logam dan besi. Bagian menonjol yang dipukuli dan menjadi sumber suara dari bonang dikenal sebagai pencu atau penclon. Tongkat untuk memukul bonang dibuat khusus dari batang kayu yang dilapisi dengan bindhi.

Alat Musik Bonang

Bonang terdiri dari satu set instrumen yang ditempatkan dalam bingkai kayu. Biasanya, susunan pot, simbal, atau pot kecil berbentuk seperti gong disusun secara horizontal. Susunan gong dibuat selebar satu atau dua baris dan memiliki bos pusat, sedangkan sekitarnya memiliki kepala datar dengan nada rendah, sedangkan yang lebih tinggi terdengar jelas.

Penclon berfungsi sebagai bagian penghubung bonang, sedangkan ancak adalah ranting ekor yang dapat digunakan untuk meningkatkan suara.

Bonang yang terbuat dari besi atau perunggu adalah bonang ekonomis yang ditemukan di sebagian besar gamelan desa, Gamelan Surinamegayam, dan di beberapa gamelan Amerika. Menurut lokasi mereka, mereka terdiri dari bagian penclon dan ancak.

Penclon Bonang adalah sumber suara yang disebut Bonang yang terbuat dari bahan perunggu atau besi. Selain itu, ada juga bonang khusus yang berperan sebagai wadah yang dirancang khusus untuk mengakomodasi penclon dengan baik. Bagian-bagian penclon akan ditempatkan pada string dalam interval.

Bentuk Alat Musik Bonang

Jika seseorang melihat bentuknya, bonang adalah kumpulan gong yang berukuran kecil.

Alat musik bonang terbuat dari bahan-bahan seperti perunggu, besi atau kuningan, yang mana masing-masing mempunyai tangga nada yang berbeda-beda.

Pencon disusun dalam satu garis, atau dengan bagian atas bonang horizontal yang menonjol.

Alat musik yang berbentuk seperti gong ini menggunakan senar dalam bingkai kayu atau disebut rancakan.

Ini biasanya terdiri dari satu hingga 2 baris yang menghasilkan suara yang bersumber dari nada rendah ke tinggi.

Aransemen musik bonang dibagi menjadi 2 yaitu pelog dan selendro, yang dimainkan sebagai pasangan alat musik tradisional.

Alat musik bonang berbentuk seperti selendro, yang biasanya terdiri dari 10-14 nada berbeda dalam posisi yang sama atau paralel.

Sedangkan bonang pelog terdiri dari 14-18 nada yang juga ditempatkan pada posisi paralel.

Jenis Alat Musik Bonang

Ada 3 jenis instrumen gamelan yang disebut bonang, masing-masing dengan ukuran fisik dan susunan nada yang berbeda. Mari kita lihat ketiga jenis bonang dan fitur-fiturnya yang membedakannya di bawah ini.

1. Bonang Penerus

Jenis bonang penerus adalah yang paling praktis dan banyak digunakan. Penerusnya memiliki ukuran terkecil dari dua jenis bonang lainnya.

Meskipun berukuran kecil, namun jenis bonang yang satu ini memiliki oktaf yang tinggi dan memiliki kecepatan 2 kali lipat lebih cepat dari bonang barung.

Karena memiliki kecepatan dan nada yang tinggi, bonang penerus hanya dapat digunakan untuk lagu-lagu unggulan. Bonang jenis ini juga biasanya dimainkan dengan bonang barung dalam lagu kolaborasi.

Teknik pola lagu jalin-menjalin ini akan melahirkan suatu aksen yang biasanya berada pada akhiran kalimat lagu.

2. Bonang Barung

Bonang barung merupakan jenis alat musik gamelan berukuran sedang. Sesuai dengan fungsinya, bonang barung termasuk dalam ansambel yang memiliki nada oktaf sedang hingga tinggi.

Bonang biasanya merupakan salah satu instrumen utama dalam ansambel atau pertunjukan musik. Hal ini sering dimainkan dengan melibatkan kombinasi beberapa jenis alat musik yang dapat dimainkan secara harmonis.

Pada teknik tabuhan pipilan inin, alat musik bonang barung berfungsi untuk mengantisipasi nada-nada yang akan datang danĀ  segera menuntun lagu instrumen-instrumen lainnya. Sementara pada teknik tabuhan imbal-imbalan, bonang barung tidak memiliki fungsi sebagai lagu penuntun. Hal ini melainkan untuk membentuk pola-pola lagu jalin-menjalin dengan bonang panerus.

Bonang barung juga digunakan sebagai pembuka dan panduan melodi pada musik gamelan dari Jawa dan Sunda.

3. Bonang Panembung

Bonang panembung memiliki ukuran terbesar dibandingkan dengan bonang panerus dan bonang barung. Jika dilihat dari fungsinya, bonang panembung memiliki oktaf yang sedang hingga rendah.

Hampir setiap musisi tradisional memiliki seperangkat alat musik bonang barung atau bonang penerus. Namun, hanya sedikit anggota masyarakat umum yang memiliki bonang penembung, kecuali mereka yang berada di keluarga kerajaan.

Musisi yang memainkan bonang panembung biasanya hanya ditemukan dalam ansambel gamelan asal Yogyakarta.

Cara Memainkan Alat Musik Bonang

Alat musik bonang dimainkan dengan dipukul atau dipukuli. Untuk menghasilkan suara yang bagus, dimainkan menggunakan kayu berlapis kain di ujungnya yang disebut bindi. Pemain Bonang biasanya duduk di tengah deretan gong oktaf rendah di kedua sisi dan memegang bindi di kedua tangannya.

Berikut ini adalah beberapa teknik bermain alat musik bonang serta fungsinya, yaitu:

1. Dua Nada Ditabuh Bersamaan

Teknik pertama ini memiliki 2 jenis hits, yaitu gembyang dan kempyung. Teknik Gembyang dilakukan dengan cara memukul bonang menggunakan kedua tangan pada dua nada yang sama secara bersamaan.

Misalnya, bermain nada 2 low pitch bersama dengan nada 2 high pitch atau bermain nada 1 middle pitch bersama dengan nada 1 high pitch.

sedangkan teknik kempyung dilakukan dengan memukul bonang dengan kedua tangan pada dua nada yang berbeda secara bersamaan.

2. Nada Ditabuh Satu Per Satu (Mipil)

Kata “mipil” berasal dari kata Jawa “pipil”, yang berarti mengambil satu biji jagung pada satu waktu. Ini mirip dengan teknik ini, yaitu memukul setiap bonang secara individual di bagian pencon. Pola mipil pada setiap jenis bonang dilakukan secara terbalik. Misalnya, ketika terkena teknik lombo mipil, maka gunakan teknik lados mipil untuk Bonang selanjutnya.

3. Teknik Imbal-Imbalan

Teknik ke 3 ini adalah pola memukul keseimbangan oleh dua bonang, yaitu bonang barung dan Bonang penerus.

Teknik ini biasanya digunakan ketika seorang perkusi gamelan memainkan alat musik ciblon, misalnya bonang barung pada . 1 . 3. 1. 3. Sementara itu, saat memainkan bonang penerus pada teknik 2 . 5 . 2 . 5 atau berdasarkan keinginan beberapa pihak.

Teknik memberi dan menerima ini sering digunakan dalam kebiasaan seperti prosesi, pertunjukan musik, atau upacara sunat.

4. Teknik Rambatan

Bonang merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Tengah dan berfungsi sebagai pengiring upacara adat.

Selain teknik di atas, beberapa orang juga memainkan bonang dengan teknik rambatan.

Teknik rambatan dalam bonang ini mengikuti pola standar instrumen gamelan. Rambatan ini biasanya dimainkan sebelum nada-nada tertentu untuk menghasilkan suara yang lebih menyenangkan. Gaya rambatan ini juga sering digunakan untuk beberapa adat budaya yang sakral dan khusus.

5. Gembyang Gantung

Gembyang gantung adalah teknik lain yang digunakan untuk memainkan alat musik bonang. Gembyang ini biasanya diterapkan pada bagian drum dengan nada oktaf atau nada melodi tertentu. Gembyang gantung juga sering dipadukan dengan genderan.

Apabila genderan cengkok ini gantung, maka teknik memainkan bonangnya pun juga menggunakan pola gembyang gantung.

6. Gembyung dan Kempyung

Alat musik yang disebut bonang ini sering digunakan dalam budaya Jawa.

Kempyung adalah dua nada yang dipisahkan oleh dua catatan lainnya. Sedangkan gembyung berarti dua not yang dipisahkan oleh satu not lainnya.

Untuk bermain bonang dengan teknik gembyung dan kempyung bisa dilakukan secara bersamaan. Hal ini berarti bahwa teknik memukul dua nada yang berbeda pada bonang menggunakan dua tangan pada saat yang bersamaan.

Gembyung dan kempyung sering digunakan untuk pertunjukan seremonial sakral dalam budaya Jawa.

7. Gembyang Midak

Teknik ketujuh adalah bermain bonang dengan gembyang midak.

Gembyang ini biasanya diaplikasikan atau dimainkan pada bagian atas dan bawah bonang barung. Alat musik jenis bonang barung khususnya ala Jogja atau daerah Kesultanan Matraman.

Midak Gembyang memiliki 2 model umum, yaitu gembyang midak lombo dan dados. Begitu juga dengan yang lain, alat musik ini juga digunakan dalam upacara sakral tertentu.

Itulah artikel tentang bonang yang telah dibahas di atas dari penjelasan singkat tentang gambaran umum alat musik bonang, bentuk alat musik bonang, jenis alat musik bonang dan cara memanikan alat musik bonang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Semoga bermanfaat!

Originally posted 2022-07-11 18:10:19.