Alat Musik Kenong : Fungsi dan Cara Memainkannya

PortalSekolah.Net – Kenong merupakan salah satu alat musik dalam gamelan Jawa. Dalam ansambel gamelan, kenong termasuk dalam kelompok ‘pencon’, bersama dengan gong, bonang dan kethuk. Di antara instrumen dalam kelompok pencon, kenong adalah yang paling gemuk dibandingkan dengan kempul dan gong.

Kenong

Dalam penyajiannya, kenong diletakkan pada ‘pangkon’ yang berbentuk kayu keras yang dilapisi tali. Saat dipukul, kenong tidak berayun ke samping tetapi bergetar ke atas dan ke bawah. Dalam musik gamelan, kenong digunakan untuk memperkuat nada dengan mengisi suara di antara guratan kempul.

Kenong memiliki dua variasi ukuran yang berbeda. Ukuranya memang lebih kecil tetapi menghasilkan nada yang lebih tinggi, sementara itu ukuran yang lebih besar menghasilkan nada yang lebih rendah. Kenapa dinamakan kenong? karena oleh itu terdengar di telinga masyarakat Jawa, suara kenong terdengar berbunyi ‘ning-nong’.

Ciri – Ciri Kenong

  1. Kenong merupakan sebuah alat musik paling gemuk bentuknya di Gamelan, dibandingkan dengan alat musik kempul dan gong yang berukuran cukup besar namun berbentuk seperti pipi.
  2. Kenong ditata dan disusun pada pangkon yang berupa kayu keras dan dialasi dengan tali, tali ini biasanya berfungsi sebagai penguat suatu susunannya yang ada pada atas pangkon.
  3. Ketika kenong dipukul, kenong tidak akan berayun ke samping tetapi dapat bergoyang ke atas dan ke bawah, menghasilkan suara.
  4. Ukuran kenong yang besar menghasilkan suara yang rendah. Oleh karena itu, tidak semua yang besar menghasilkan suara yang tinggi.
  5. Suara yang dihasilkan nyaring dengan timber yang khas.
Rekomendasi :   Alat Musik Bonang : Cara Memainkan, Bentuk, dan Jenisnya

Fungsi Kenong

Alat musik Kenong termasuk dalam kategori instrumen harmonik yang mampu mengisi harmonisasi nada dalam pertunjukan Gamelan. Selain itu, diyakini bahwa alat musik ini berfungsi sebagai penjaga tempo dan pembatas kalimat nada pada gendhing.

Dapat juga dikatakan bahwa alat musik Kenong adalah serangkaian alat musik yang saling mendukung dalam memainkan ritme pendek dan panjang.

Cara Memainkan Kenong

Alat musik Kenong dapat dimainkan dengan menggunakan tongkat kecil yang terbuat dari kayu dan ujungnya dibungkus kain. Hal ini untuk menghindari kerusakan permukaan Kenong, serta mampu menghasilkan suara khas alat musik Kenong tersebut.

Bagian tengah yang menonjol seperti kubah masjid adalah bagian dari alat musik tradisional Kenong yang dipukul. Dan bagian Kenong yang dilubangi adalah tempat suara seperti logam berdering dapat dihasilkan.

Suara yang dihasilkan oleh alat musik Kenong cukup bervariasi. Ketika kita memukul kenong, suara ngung bisa terdengar lama, jadi kita harus menekannya menggunakan tangan lain untuk meredam suara.

Alat musik Kenong juga dapat digambarkan sebagai ketukan dan sinkopasi dasar. Di antara sinkopasi Kenong masih ada ketukan sinkopasi oleh instrumen Kempul. Permainan sinkopasi ini tidak akan menjadi pegangan beraksen seperti dalam musik Barat, jadi sangat penting untuk tetap mengikuti irama kalimat empat dan delapan dalam gerakan musik yang padat.

Video Cara Memainkan Kenong

Berikut adalah video tutorial bermain kenong.

 

Game Kenong Jawa Android

Bahkan untuk alat musik ini terdapat aplikasi game androidnya loh! Yang mana kesimpulan dari game ini berdasar pengujian fungsional berjalan dengan baik, game ini diharapkan bisa menjadi media untuk pembelajaran dan pengenalan seni gamelan tradisional, game kenong ini dikembangkan berdasarkan game gitar hero, selain itu game ini menjadi dasar untuk melatih insting dalam ketepatan mencocokan angka. Berikut game bisa di download di Link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.indovorcorp.egamelan

Rekomendasi :   Gamelan Alat Musik Gong Gumbeng

Berikut adalah artikel tentang kenong yang telah dibahas di atas dari penjelasan singkat tentang kenong, karakteristik kenong, cara bermain kenong, bahkan ada video cara bermain kenong. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Semoga bermanfaat!

Originally posted 2022-07-11 18:16:23.