Alat Musik Tradisional Jawa Timur Kethuk Jaler

Kethuk Jaler adalah alat musik khas dari Banyuwangi yang terbuat dari besi berjumlah 2 buah dan dibuat dengan berbagai macam ukuran, sesuai dengan larasannya.

Kethuk Jaler (maskulin) dilaraskan lebih tinggi satu not daripada Kethuk Estri, karna Kethuk Jaler dan Estri hanya berbeda suaranya saja.

Alat Musik Banyuwangi

Gamelan Banyuwangi merupakan salah satu bentuk seni gamelan yang berasal dari wilayah Blambangan atau Banyuwangi, Jawa Timur.

Alat musik gamelan ini sangat khas karena sebenarnya masih menjadi bagian dari budaya Jawa, tetapi terdapat banyak pengaruh dari Bali yang hanya terletak beberapa kilometer di seberang laut.

Berbeda dengan gaya Madura atau gaya Jawa, gamelan Banyuwangi memiliki kecepatan yang cepat dan suara yang keras. Sekilas memang terlihat mirip dengan gamelan Bali tetapi sebenarnya berbeda.

Gamelan ini biasanya digunakan untuk mengiringi tari gandrung yang juga merupakan seni pertunjukan tradisional dari Banyuwangi. Saat mengiringi tarian ini, biasanya ada instrumen tambahan, yaitu dua biola yang satu di antaranya berfungsi sebagai pantus atau pemimpin lagu.

Selain biola, gamelan Banyuwangi terdiri dari kluncing (segitiga), kendhang, kethuk, dan kempul (gong). Semua alat musik ini memiliki fungsinya masing-masing dan ketika dipadukan bersama dalam pertunjukan tari gandrung itu menciptakan suasana yang hidup.

Dalam perkembangannya, kesenian Gamelan Jawa tidak hanya dimainkan untuk mengiringi seni tari dan atraksi wayang, tetapi juga digunakan sebagai pengiring pernikahan tradisional Jawa yang diadakan oleh anggota keraton.

Kethuk Jaler

Alat musik tradisional yang berasal dari Banyuwangi tepatnya di Jawa Timur yang dari segi penampilannya serupa tapi tak sama dengan kethuk estri. Karena terdapat perbedaan dari segi nadanya.

Ciri – Ciri Kethuk Jaler

Kethuk terbuat dari perunggu berbuntuk bulat berongga terbalik (tertelungkup) denngan benjolan atau biasa disebut pencon di bagian atas bagian tengah seperti kubah masjid. Ukurannya lebih besar dari bonang akan tetapi lebih kecil dari kenong.

Fungsi Kethuk Jaler

Fungsi kethuk bukan sekedar menjadi sebagai alat penguat atau menjadi penjaga irama seperti pada gamelan Jawa, tetapi kethuk juga dikombinasi dengan kluncing untuk mengikuti irama kendhang, jadi untuk kethuk jaler yang bernada lebih tinggi 1 not untuk menyeimbangkan kethuk estri dalam mengikuti irama kendhang.

Itulah artikel tentang kethuk jaler yang sudah dibahas diatas dari sejarah alat musik banyuwangi, penjelasan singkat kethuk jaler, ciri-ciri kethuk jaler, dan fungsi kethuk jaler. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua, jangan lupa share informasi ini. Semoga bermanfaat!

Originally posted 2022-07-23 13:58:59.