Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Ada berbagai alat musik tradisional Jawa yang mendunia, seperti gamelan dari Jawa Tengah.  Ada beberapa alat musik yang populer dari pulau jawa seperti angklung berasal dari Jawa Barat, dan kendhang berasal dari Jawa Timur.

Indonesia terdapat beragam seni dan budaya yang berbeda. Setiap daerahnya memiliki alat musik yang biasanya menjadi iringan lagu dalam seni pertunjukan. Gamelan termasuk alat musik tradisional Jawa Tengah. Gamelan itu memiliki seperangkat alat yang biasanya menjadi pengiring wayang dan seni karawitan.

Di Jawa Barat terdapat alat musik angklung yang memiliki suara yang khas, kemudiann di Jawa Timur juga mempunyai alat musik tradisional bonang yang terdiri dari gong yang memiliki ukuran yang kecil.

Alat musik Jawa diwariskan dari generasi ke generasi lainnya. Alat musik tradisional memiliki ciri-ciri antara lain mempunyai bentuk struktur musik dan alatnya sederhana, kemudian diwariskan turun temurun ke generasi terbaru, idenya dipelacarari secara lisan, dan lagu daerahnya memakai musik dengan bahasa daerah setempat.

Alat Musik Tradisional Jawa Timur

1. Alat Musik Tradisional Jawa Timur Reog

Terompet reog adalah alat musik dari Jawa Timur yang digunakan dalam seni reog. Itu terbuat dari kayu dengan bentuk kerucut seperti kebanyakan terompet.

Bagian memanjang menyerupai seruling terbuat dari kayu atau bambu dengan enam lubang yang berfungsi untuk mengatur pitch.

Sementara satu lubang ditiup ke pangkalan untuk menghasilkan harmoni suara yang indah.

Ciri khas terompet reog dapat dilihat pada naga berukir di ujungnya.

Menurut tradisi, terompet ini dimainkan bersama dengan alat musik lainnya untuk memanggil roh-roh dalam pertunjukan Reog Ponorogo!

2. Alat Musik Tradisional Jawa Timur Kethuk Jaler

Alat musik ini, kethuk jaler, masih erat kaitannya dengan kethuk estri yang telah kita bahas di atas. Satu-satunya perbedaan terletak pada suara yang dihasilkan. Suara instrumen ini, kethuk jaler memiliki nada yang lebih tinggi satu quint dibandingkan dengan kethuk estri.

3. Alat Musik Tradisional Jawa Timur Bonang

Bonang merupakan alat musik berupa deretan gong kecil yang berasal dari Jawa Timur. Ada 10 hingga 14 buah dalam satu set, yang dikenal sebagai sarancak bonang.

Bonang babok terbuat dari logam, seperti besi, kuningan atau tembaga. Dalam satu set instrumen gamelan, biasanya ada dua bonang babok dalam penyetelan pelog dan slendro.

Untuk memainkan bonang, bagian pencon dipukul dengan tongkat yang disebut bindhi.

4. Alat Musik Tradisional Jawa Timur Saronen

Saronen merupakan alat musik asal Jawa Timur, Madura. Namanya berasal dari bahasa Madura “sennenan” yang berarti Senin.

Ini menyerupai kombinasi terompet dan seruling, dan dimainkan dengan meniup ke dalamnya.

Saron biasanya terbuat dari kayu jati pilihan, berbentuk panjang dan dengan ujung meruncing seperti terompet.

Panjangnya kurang lebih 40 cm dan memiliki 7 lubang. Enam lubang berturut-turut di bagian atas dan 1 lubang terletak di bagian bawah.

Gelang kecil yang terbuat dari kuningan melingkari bagian bawah, sedangkan bagian atas adalah sronen yang dihiasi dengan ukiran seperti sayap yang terbuat dari batok kelapa.

Saronen biasanya dimainkan di pesta tradisional dan pernikahan. Selain itu, dimainkan dalam kelompok dengan alat musik lain.

5. Alat Musik Tradisional Jawa Timur Angklung Caruk

Selain dikenal sebagai alat musik tradisional Jawa Barat, angklung juga dimainkan oleh masyarakat Banyuwangi.

Salah satu jenis angklung yang sering digunakan dalam pertunjukan di Banyuwangi, Jawa Timur, adalah angklung caruk.

Istilah “angklung caruk” berasal dari kata asli Banyuwangi “pertemuan”.

Sesuai dengan namanya, dua kelompok bertemu dan berkompetisi dalam memainkan angklung bersama. Setiap kelompok memainkan angklung dengan semangat dan bersaing dalam kecepatan.

Itulah artikel tentang kethuk jaler yang sudah dibahas diatas dari sejarah alat musik banyuwangi, penjelasan singkat kethuk jaler, ciri-ciri kethuk jaler, dan fungsi kethuk jaler. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua, jangan lupa share informasi ini. Semoga bermanfaat!

Originally posted 2022-07-23 14:00:45.