Contoh-contoh Teks Eksposisi tentang Pendidikan beserta Strukturnya

PortalSekolah.Net – Pada pelajaran bahasa Indonesia yang telah Anda pelajari di sekolah, Anda telah mengetahui banyaknya jenis teks dalam pelajaran tersebut. Setiap jenis teks tersebut masing-masing memiliki tujuan, fungsi dan struktur yang berbeda satu sama lain. Bukan untuk dipelajari saja namun teks ini sangat berguna pada kehidupan sehari-hari baik itu untuk menyampaikan informasi maupun untuk berpidato.

Nah salah satu teks yang sudah Anda pelajari adalah teks eksposisi. Jenis dari teks eksposisi ini juga cukup banyak, salah satu teks yang biasa Anda temukan adalah contohnya teks eksposisi tentang pendidikan. Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang isinya mengandung informasi dan memberikan pengetahuan bagi para pembacanya yang ditulis secara ringkas dan jelas.

Bagi Anda yang masih penasaran apa yang dimaksud teks eksposisi tersebut, di bawah ini merupakan struktur dari teks eksposisi.

Struktur Dari Teks Eksposisi

Semua jenis dan tema dari teks eksposisi termasuk teks eksposisi tentang pendidikan memiliki struktur yang sama yaitu terdiri dari 3 bagian antara lain:

·         Pernyataan pendapat / tesis

Bagian pertama pada struktur teks eksposisi terdapat pada bagian atas teks. Pada bagian tesis ini dapat disebut sebagai bagian pembuka teks juga yang berisi tentang pendapat atau sudut pandang penulis yang bersifat secara umum tentang topik yang akan dibahas.

Jadi pada tesis ini berisi pernyataan-pernyataan yang kemudian dikuatkan dengan argumen-argumen di bawahnya. Perlu diingat juga bahwa teks eksposisi ini berisi informasi menurut gagasan penulis dan juga fakta yang ada.

·         Argumentasi

Bagian kedua yang telah disebutkan tadi adalah penguat dari pernyataan pendapat. Nah argumentasi ini juga berbentuk bukti-bukti dan alasan-alasan yang didapatkan dari hasil penelitian berbagai sumber. Jadi dikatakan tadi bahwa argumentasi merupakan sebuah fakta-fakta yang bisa membuktikan pernyataan penulis di tesis.

Selain berfungsi sebagai bukti yang berisi fakta, argumentasi juga dapat ditulis sebagai bentuk sanggahan atau penolakan dari tesis tersebut. Namun tentunya bagian-bagian struktur yang ditulis harus saling berkesinambungan. Karena setiap strukturnya berfungsi untuk saling menjelaskan.

Rekomendasi :   Bingung Membuat Teks Ceramah Singkat? Simak Contoh Berikut!

·         Penegasan ulang pendapat atau yang disebut reiteration

Bagian akhir dari sebuah teks pasti akan ada kesimpulannya begitu juga pada teks eksposisi. Nah struktur reiteration ini disebut juga sebagai kesimpulan yang berfungsi sebagai bagian yang menegaskan kembali tentang topik yang telah dijelaskan tadi.

Itulah 3 bagian dari struktur teks eksposisi, bagi Anda yang sedang mencari contoh-contoh teks eksposisi. Untuk lebih jelasnya di bawah ini terdapat beberapa contoh teks eksposisi tentang pendidikan yang bisa Anda lihat sekaligus memahami bagian dari struktur teks tersebut. Jadi dengan melihat contoh teks ini Anda juga bisa membedakan antara struktur satu dengan yang lainnya.

Contoh 1 Teks Eksposisi Pendidikan

·         Tesis

Sistem pendidikan Indonesia di beberapa tahun terakhir terus mengalami perubahan, hal tersebut dilihat dari adanya perubahan pada kurikulum yang digunakan pada sekolah. Kurikulum yang sudah cukup lama digunakan yaitu kurikulum 2006 pada akhirnya diganti dengan kurikulum 2013. Dan sekarang kurikulum 2013 juga mengalami revisi menjadi kurikulum 2016, walaupun begitu masih banyak yang belum menerapkan kurikulum revisi atau k2016 ini.

·         Argumentasi

Berdasarkan pernyataan dari Kemendikbud, sekolah yang bisa menerapkan kurikulum terbaru 2013 diutamakan sekolah-sekolah yang berakreditasi A atau yang bertaraf internasional.

Bukan tanpa alasan bahwa masih banyak sekolah yang belum menerapkan kurikulum 2013, karena syarat utama dari pelaksanaan kurikulum ini adalah adanya distribusi buku yang baik ke sekolah tersebut. Seperti yang diketahui, dengan berlakunya kurikulum 2013 ini buku ajar yang digunakan merupakan buku terbitan dari pemerintah yang difasilitasi oleh sekolah maupun pemerintah. Selain itu kurikulum 2013 juga lebih membahas tentang pembangunan karakter, sikap dan pengetahuan yang diperoleh dari pendekatan ilmiah.

Jadi bisa dikatakan bahwa kurikulum baru yang dikembangkan juga memiliki metode baru yang cukup berbeda juga. Fokus lain dari kurikulum ini adalah hubungan pembelajaran kepada Tuhan yang dipelajari melalui pengamatan atau percobaan-percobaan ilmiah terhadap suatu karya.

Metode pembelajaran yang berbeda ini lebih mengutamakan praktiknya dibanding metode hafalan yang dinilai sangat efektif.

Tujuan dari kurikulum 2013 ini sudah sangat jelas untuk meningkatkan generasi yang semakin berkualitas dan cinta tanah air.

·         Penegasan ulang

Perubahan kurikulum ini tentu saja menimbulkan pro dan kontra karena meskipun memiliki tujuan untuk masa depan anak dan negara yang cemerlang namun tentu saja perubahan yang cukup mendadak ini kurang diterima masyarakat karena dinilai sebagai paksaan. Jadi meskipun dinilai efektif dan praktis hal tersebut justru membuat siswa bingung karena metode yang diajarkan menggabungkan 2 mata pelajaran dengan pokok yang berbeda.

Rekomendasi :   Belajar Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

Itulah salah satu contoh teks eksposisi tentang pendidikan, di bawah ini masih ada lagi contoh dari teks eksposisi yang bertema pendidikan.

Contoh 2 Teks Eksposisi Pendidikan

·         Tesis

Salah satu hal yang bisa mengubah dunia adalah pendidikan, karena dengan pendidikan kita bisa mempelajari berbagai hal yang bermanfaat.

·         Argumentasi

Pendidikan di Indonesia dinilai sudah sangat baik karena semua kalangan sudah bisa mendapatkan pendidikan gratis dari pemerintah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Dengan sarana dan pra sarana yang disediakan diharapkan semua siswa dapat bersemangat dalam bersekolah dan memiliki prestasi yang tinggi. Bukanlah hal yang sulit lagi bagi para siswa untuk mendapatkan pendidikan, oleh karena itu peserta didik harus terus semangat dan berusaha menyerahkan hasil yang terbaik untuk negara.

·         Penegasan ulang

Dengan memiliki prestasi maka para siswa sudah dinilai berkontribusi secara aktif membanggakan dan mengharumkan nama bangsa. Oleh karena itu sangat penting sekali perpaduan antara fasilitas baik itu kualitas dari guru dan juga peran peserta didik akan dapat memajukan pendidikan Indonesia dan lebih diakui di mata dunia.

Contoh 3 Teks Eksposisi Pendidikan

·         Tesis

Pendidikan karakter sangat penting sekali dipelajari di lingkungan sekolah untuk menghasilkan generasi yang memiliki sifat jujur, sopan, kreatif dan pastinya percaya diri. Hal ini sangat penting dipelajari anak-anak di tingkat remaja yang sedang mencari identitas dan mengalami masa transisi di umur 10 sampai 21 tahun.

·         Argumentasi

Fase atau masa remaja dinilai sebagai masa yang cukup sulit karena dibutuhkan pengendalian diri yang cukup besar dibandingkan fase lainnya.

Oleh karena itu pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk menanamkan perilaku positif yang bisa menghasilkan suatu prestasi.

·         Penegasan ulang

Jadi nilai-nilai positif yang ditanamkan saat remaja sangat penting sekali karena bisa menghasilkan remaja yang berkualitas karena nilai ini akan mengarahkan ke budi pekerti yang baik.

Demikian contoh dari teks eksposisi tentang pendidikan yang bisa disampaikan. Semoga informasi tentang contoh teks ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Originally posted 2022-07-27 20:47:42.