Bagaimana Cara Menghitung IMT yang Benar?

PortalSekolah.Net – Memiliki tubuh ideal adalah keinginan semua orang, tidak hanya untuk kepuasan diri saja namun juga memiliki tubuh atau berat badan ideal dapat terhindar dari segala macam penyakit. Untuk mengetahui berat badan Anda ideal atau tidak ternyata dapat dihitung dengan cara tertentu. Berat badan yang ideal ternyata berkaitan juga dengan tinggi badan dan jumlah masa otot yang dipunya oleh seseorang, hal tersebut diketahui dari cara menghitung IMT.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus Indeks Masa Tubuh

Tahukah Anda apa itu IMT? IMT adalah singkatan dari Indeks Masa Tubuh yang berarti ukuran standar yang digunakan untuk menilai seseorang yang tergolong memiliki berat badan yang sehat atau tidak sehat. Cara menghitung IMT dilakukan dengan cara membagi berat yang Anda miliki degan tinggi badan yang telah dikuadratkan.

Dimana berat badan yang Anda miliki mempunyai satuan kilogram (kg) dan satuan dari tinggi badan yaitu meter (m). Jadi dapat dikatakan bahwa IMT merupakan perbandingan antara berat badan dengan kuadrat dari tinggi badan. Setelah Anda mengetahui rumusnya, di bawah ini merupakan keterangan dari hasil perhitungan IMT itu sendiri.

IMT = berat badan (kg) : (tinggi badan (m) x tinggi badan (m))

  • Nilai IMT kurang dari 18.4

Apabila setelah Anda hitung memperoleh nilai kurang dari 18.4 maka artinya Anda memiliki berat badan yang kurang. Dengan tinggi badan yang Anda miliki, berat badan Anda masih kurang proporsional.

  • Nilai IMT 18.5 – 24.9

Rentang nilai IMT yang satu ini merupakan kategori bagi berat badan yang ideal. Jadi jika nilai IMT Anda bernilai 20 atau direntang 18.5 – 24.9 maka berat badan Anda termasuk ideal.

  • Nilai IMT 25 – 29.9

Jika nilai IMT Anda berada di rentang 25 – 29.9 maka berat badan Anda dinilai lebih sedikit. Jadi Anda bisa mengurangi sedikit berat badan Anda agar menjadi ideal.

  • Nilai IMT 30 – 39.9
Rekomendasi :   Mudahnya Menghitung Luas Tanah Meter Persegi

Sedangkan jika nilai IMT Anda 30 – 39.9 maka Anda tergolong gemuk. Jadi jika Anda menginginkan berat badan yang ideal, Anda perlu mewaspadai agar tidak sampai di kategori selanjutnya sangat gemuk.

  • Nilai IMT di atas 40

Dan yang terakhir apabila nilai IMT Anda berada di atas 40 maka Anda dinilai sangat gemuk. Jadi berat badan Anda sangat penting diperhatikan untuk mendapatkan yang ideal.

Contoh Perhitungan Berat Badan Dengan Rumus IMT

Di bawah ini merupakan contoh cara menghitung IMT yang benar. Jika terdapat contoh kasus seseorang yang memiliki berat badan 67 kg dan tinggi badan yang dimiliki yaitu 165 cm. Maka Anda dapat melakukan perhitungan sesuai rumus yang telah disebutkan tadi.

Sebagai catatan, perhitungan IMT ini hanya bisa dilakukan pada seseorang yang berada di usia di bawah 60 tahun. Karena pada usia tersebut belum dikategorikan lansia, karena pada lansia sudah beda lagi untuk melakukan perhitungannya terkadang juga tidak dilakukan perhitungan ideal ini.

Selain itu perhitungan ini juga tidak berlaku bagi atlet, seseorang yang menderita penyakit kronis yang bisa menurunkan berat badannya secara drastis, anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan serta ibu hamil&menyusui yang fokus dengan berat badan bayinya. Pada kasus tadi, maka cara menghitung IMT dapat dihitung sebagai berikut.

IMT = 67 kg : (1,65 m x 1,65 m)

IMT = 24,6

Berdasarkan perhitungan ini, seseorang yang memiliki berat badan 67 kg dan tinggi badan 165 cm akan memperoleh nilai IMT sebesar 24,6. Artinya orang tersebut termasuk ke golongan orang yang memiliki berat badan ideal karena masih berada di rentang 18.5 – 24.9.

Mengapa Berat Badan Ideal Itu Penting Sekali Untuk Dijaga?

Menjaga berat badan yang ideal termasuk ke dalam gaya hidup yang sehat, karena setiap hal yang dilakukan dan dikonsumsi memperhatikan akibatnya terhadap tubuh. Hal tersebut karena orang yang memiliki kelebihan berat badan akan mudah mengalami penyakit. Penyakit yang tersebut antara lain stroke, jantung koroner, darah tinggi, kencing manis dan penyakit pada sendi baik itu sendi panggul maupun pada lutut.

Tidak hanya seseorang yang kelebihan berat badan, seseorang yang memiliki berat badan jauh dari batas normal juga bisa memiliki masalah kesehatan seperti resiko infertilitas dan osteoporosis. Jadi penting sekali memang untuk menjaga berat badan agar ideal, caranya cukup mudah hanya dengan mengkonsumsi makan sehat dan pastinya rutin berolahraga. Meski tidak diwajibkan untuk melakukan perhitungan IMT, namun perhitungan ini sangat baik sebagai pengingat seseorang untuk mengetahui apakah berat badan yang dimiliki ideal atau tidak.

Rekomendasi :   Memahami Cerita Fantasi Singkat

Karena jika mengetahui bahwa berat badan yang dimiliki ideal, maka tubuh akan merasa lebih sehat dan tentunya ada keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan. Apa saja itu simak di bawah ini.

·         Bisa membuat Anda leluasa melakukan aktivitas

Memiliki berat badan ideal tentu memudahkan Anda dalam melakukan segala aktivitas yang banyak. Karena ketika berat badan Anda berlebihan maka Anda akan cukup terkendala dan kesulitan melakukan hal-hal tertentu. Sedangkan jika Anda memiliki berat badan yang kurang bisa jadi Anda kurang bertenaga dan tidak bisa melakukan aktivitas yang cukup berat.

·         Menghindari terkena resiko nyeri sendi dan otot

Apabila berat badan Anda kurang maka Anda bisa terkena resiko nyeri sendi dan nyeri otot. Hal tersebut tentunya mengganggu dan terkadang cukup menyakitkan. Oleh karena itu jika Anda memiliki berat badan yang ideal, maka tubuh Anda justru akan lebih fresh dan terhindar dari resiko ini.

·         Pola tidur lebih baik

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa memiliki pola tidur yang lebih baik dibandingkan dengan seseorang yang tidak memiliki berat badan ideal baik itu yang kelebihan maupun kekurangan.

·         Kerja jantung menjadi lebih ringan

Berat badan yang ideal artinya semua organ juga akan bekerja pas sesuai dengan porsinya. Jadi jika memiliki berat badan yang ideal maka kinerja jantung menjadi lebih ringan, berbeda dengan seseorang yang memiliki berat badan berlebih jantung akan merasa berat saat memompa darah.

·         Peredaran darah juga bekerja semakin baik

Tidak hanya kinerja jantung saja namun peredaran darah dan metabolisme tubuh juga akan semakin baik dengan berat badan yang ideal.

·         Menghindari terkena penyakit yang fatal

Anda akan terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti jantung dan kanker dengan memiliki berat yang ideal.

·         Menghindari terkena diabetes tipe 2

Ideal artinya semua zat-zat dalam tubuh juga seimbang dan Anda terhindar dari lemak-lemak jahat seperti kolesterol, glukosa darah dan trigliserida yang memicu diabetes tipe 2.

Itulah beberapa keuntungan memiliki berat ideal, segera ketahui cara menghitung IMT agar Anda bisa mengecek apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum.

Originally posted 2022-07-27 20:49:01.