Belajar Cara Menghitung Porogapit

PortalSekolah.Net – Matematika memang menjadi salah satu materi yang sulit bagi kebanyakan anak-anak yang sedang bersekolah, meski memang tidak semua. Salah satu materi yang mungkin sulit dipahami itu adalah cara menghitung porogapit yang merupakan salah satu cara menghitung pembagian. Ini adalah salah satu metode untuk menghitung pembagian yang mungkin sudah diajarkan dari zaman dahulu sampai sekarang.

Memang materi pembagian dengan porogapit ini masih banyak anak yang bingung, dan materi ini memang jadi sangat diperlukan. Dengan adanya materi yang akan kami berikan ini, maka Anda akan bisa mempelajari perhitungan pembagian dengan menggunakan metode porogapit ini. Berikut ini penjelasan mengenai materi dari pembagian porogapit untuk membantu anak-anak memahami materi tersebut.

Langsung saja untuk langkah yang paling pertama itu adalah Anda perlu membuat perkalian dari bilangan pembaginya dulu. Perkalian yang dibutuhkan dari bilangan pembagi itu adalah mulai dari perkalian 1 sampai dengan perkalian 9. Jadi bila misalnya bilangan pembaginya itu adalah 9, maka Anda buat urutan perkalian 9 mulai dari dikalikan 1 sampai dengan dikalikan 9.

Pembuatan perkalian ini sifatnya hanya untuk membantu saja proses pembagian dengan menggunakan metode porogapit ini. Sebisa mungkin sebenarnya siswa itu sudah menghafal urutan perkalian dari pembagi itu sendiri mulai dari dikalikan 1 sampai dengan 9. Namun bila belum hafal maka bisa dibuat dulu untuk membantu proses pembagian dan juga bisa membantu siswa lebih menghafalnya.

Untuk lebih mudah dalam memahami materi pembagian porogapit ini, maka kami akan berikan contoh soal pembagian. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan contoh soal cara menghitung porogapit pembagian yakni adalah 3780 dibagi dengan 12, jadi bilangan pembaginya itu adalah 12. Nah berarti langkah awal yang perlu siswa lakukan itu adalah dengan membuat daftar perkalian 12 dari dikali 1 sampai 9.

Jadi untuk membuat siswa lebih mudah membagi dengan porogapit, maka siswa bisa mulai membuat daftar perkalian bilangan pembagi dulu. Berikut ini contohnya.

12 x 1 = 12

12 x 2 = 24

12 x 3 = 36

12 x 4 = 48

12 x 5 = 60

12 x 6 = 72

12 x 7 = 84

12 x 8 = 96

12 x 9 = 108

Setelah sudah membuat daftar perkalian dari bilangan pembagi tersebut, maka langkah selanjutnya adalah siswa bisa mulai membagi. Namun tentunya harus tahu dulu konsep pembagian dengan menggunakan perhitungan porogapit itu sendiri seperti apa. Konsep dari porogapit itu adalah melihat dari jumlah angka pembaginya dan disesuaikan dengan angka yang dibagi.

Rekomendasi :   Pengertian dan Cara Menghitung Payback Period

Jadi apabila bilangan pembagi itu ada 1 angka, maka ambil juga bilangan yang dibagi 1 angka dari depan bilangan tersebut. Apabila bilangan pembagi ada 2 angka, maka ambil bilangan yang dibagi 2 angka dari depan bilangan yang dibagi tadi. Nah kalau besarannya 2 angka bilangan yang dibagi lebih kecil dari bilangan pembagi, maka barulah ambil angka belakangnya dari bilangan yang dibagi.

Jadi misalnya bilangan pembaginya itu 5, dan 1 angka paling depan dari bilangan yang dibagi itu 1, maka harus ambil 1 angka di belakangnya. Nah kalau seperti pada contoh soal yang sudah kami berikan tadi, bilangan 12 dan 2 angka terdepan dari bilangan yang dibagi itu 37. Bila seperti pada contoh maka kalian akan bagi 37 dengan 12 sebagai awal cara menghitung Porogapit.

Dalam metode pembagiannya dengan cara porogapit itu, siswa harus mencari perkalian dari bilangan pembagi untuk bilangan yang dibagi. Kalau pada contoh itu 37, maka kalian cari dulu perkalian dari bilangan pembagi yang menghasilkan bilangan 37. Bila tidak ada, maka kalian cari perkalian dari bilangan pembagi yang hasilnya paling dekat namun masih di bawah angka 37.

Kalau dari contoh soal di atas, maka sudah jelas perkalian yang paling tepat itu adalah 12 x 3 yang hasilnya itu adalah 36. Nah kemudian kalian tuliskan di bawah bilangan 37 dari bilangan yang dibagi, dan kemudian kurangkan dan hasilnya itu adalah 1. Kemudian karena tadi yang digunakan perkalian 3, maka angka 3 ditaruh sebagai hasil dari pembagian di angka pertama.

Nah karena 1 itu hanya satu angka, maka kalian ambil angka selanjutnya dari bilangan yang dibagi dan diturunkan ke sebelah bilangan 1 tadi. Hasilnya berarti akan menjadi 18, karena bisa untuk dibagi dengan 12 dan hasil perkaliannya itu adalah 1. Masukkan angka 1 ke sebelah angka 3 sebagai hasil pembagian dan kemudian kurangkan 18 dengan 12 hasil perkalian 1.

Rekomendasi :   Pengertian dan Cara Menghitung Payback Period

Nanti akan ada sisa 6, kemudian kalian ambil lagi angka selanjutnya dari bilangan yang dibagi dan turunkan ke sebelah angka 6 sebagai proses cara menghitung porogapit. Maka sekarang angka yang harus dibagi dengan 12 itu adalah 60, dan ada perkalian 12 yang menghasilkan angka 60 memang. Perkalian 5 yakni 12 x 5 itu hasilnya adalah 60, maka kalian tuliskan hasil 5 ke bagian hasil pembagian di paling akhir.

Dengan cara menghitung tadi, maka sudah jelas hasil dari pembagian 3780 dibagi dengan 12 itu nilainya adalah 315. Hasil pembagian ini terjadi ketika hasil perkalian dari bilangan pembagi yang diturunkan terus sudah habis dikurangi dan hasilnya 0. Apabila hasilnya belum 0, maka kalian bisa tambahkan angka 0 di sebelah hasil pengurangan dari pembagian tersebut.

Setiap penambahan dari angka 0 pada pengurangan di bagian bawah perhitungan porogapit, di bagian hasil pembagian diberi tanda koma. Itu sudah menjadi konsep dari perhitungan porogapit, dan kalian harus pahami mengenai konsep tersebut supaya bisa menghitung dengan metode porogapit. Selama belum hasilnya 0, maka kalian bisa tambahkan terus 0 dan kalian cari perkalian yang mendekati dari hasil pengurangan pada pembagian tersebut.

Penyusunan dari perhitungan dengan porogapit itu adalah bilangan pembagi di sebelah kiri dan bilangan yang dibagi di sebelah kanan. Ketika mendapatkan perkalian hasilnya akan dituliskan di sebelah sama dengan, dan kemudian hasil perkaliannya itu diletakkan di bawah bilangan yang dibagi. Nanti hasil perkalian akan mengurangi bilangan pembagi seperti yang sudah kami jelaskan dan kemudian turun terus sampai habis.

Metode ini memang menjadi salah satu metode yang paling banyak digunakan untuk mengerjakan soal pembagian tadi. Namun memang konsepnya sendiri harus dipahami betul agar supaya orang bisa membagi dengan jauh lebih mudah. Dan banyak anak atau siswa yang kesulitan memahami konsepnya, dan juga tidak mudah menghafal perkalian dari bilangan pembagi.

Demikianlah tadi cara menghitung porogapit yang menjadi materi yang mungkin sulit untuk dipahami oleh kebanyakan siswa. Semoga cara dari kami mudah dipahami.

Originally posted 2022-07-27 20:50:17.