Belajar Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

PortalSekolah.Net – Mengukur panjang suatu benda, ketebalan benda, dan juga diameter mungkin tidak mudah dilakukan dan sulit menemukan ukuran yang tepat. Mikrometer Sekrup menjadi alat yang bisa membantu menghitung ukurannya itu, dan cara menghitung mikrometer sekrup ini pun harus benar ya. Karena kalau cara yang kalian pergunakan kurang tepat, maka hasil pengukurannya pun juga sudah pasti kurang tepat juga.

Mikrometer sekrup ini merupakan salah satu alat ukur yang memiliki tingkat presisi yang terbilang sangat tinggi ya. Karena mikrometer ini memiliki tingkat keakuratan mencapai 0,01 mm, jelas lebih teliti dan akurat dibandingkan dengan jangka sorong yang hanya 0,1 mm. Karena tingkat presisi yang tinggi ini membuat mikrometer sekrup ini menjadi alat untuk mengukur berbagai benda yang sangat kecil.

Fungsi Mikrometer Sekrup

Kalau berbicara soal fungsi utama dari mikrometer sekrup ini sendiri memang jelas untuk mengukur atau mengetahui ukuran dari benda. Jadi mikrometer sekrup ini bisa dipakai untuk mengukur panjang benda, ketebalan benda, dan juga mengukur diameter luar dari suatu benda. Biasanya kalau mikrometer sekrup dipakai untuk mengukur benda yang lebih kecil atau tipis seperti lempeng baja, aluminium, dan masih banyak lagi.

Melihat kemampuan dari mikrometer sekrup yang bisa membaca sampai ketelitian 0,01 mm, maka jelas tepat untuk mengukur benda yang tipis. Jadi memang mikrometer sekrup ini memiliki ketelitian 10x lipat lebih kecil dibandingkan dengan alat ukur seperti jangka sorong. Dan tentunya mikrometer ini memiliki beberapa bagian yang harus dipahami juga dengan baik.

Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa bagian dari mikrometer sekrup yang memang sangat penting untuk Anda pahami. Sebelum tahu cara menghitung mikrometer sekrup, Anda harus tahu dulu bagiannya.

  1. Bagian yang pertama itu bingkai atau frame, ini ada untuk meminimalisir perpindahan panas pada saat mengukur
  2. Bagian yang kedua adalah poros tetap yang dipakai untuk menahan benda yang akan diukur, yang nantinya diletakkan di antara poros tetap dan poros gerak
  3. Bagian yang ketiga adalah poros gerak sebuah silinder yang digerakkan menuju ke poros tetap untuk menahan benda tetap stabil
  4. Ada juga pengunci yang dipakai untuk mengunci poros gerak agar supaya poros gerak tidak bergerak pada saat melakukan pengukuran
  5. Lalu bagian yang paling utama itu adalah Sleeve yang menjadi tempat letaknya skala utama yang mempergunakan satuan milimeter.
  6. Lalu ada Thimble yang menjadi tempat dari skala putar
  7. Kemudian ada knob Ratchet yang dipakai untuk memutar dan mengencangkan poros gerak.
Rekomendasi :   Pelajari Rukun Khutbah dan Contoh Teks Khutbah Jumat Lengkap dengan Doanya

Skala Membaca Mikrometer Sekrup

Pada alat mikrometer sekrup itu ada 2 skala yang bisa dipakai untuk menghitung atau mengukur berbagai macam benda. Anda pun tentu harus tahu secara pasti setiap skala yang ada di dalam mikrometer sekrup tersebut supaya bisa mempergunakan alat ini. Dan berikut ini penjelasan untuk kedua skala dari mikrometer sekrup ini yang masing-masing tentunya memiliki tujuan.

  1. Skala Utama

Skala utama itu ada sisi bawah dan juga sisi atas, sisi atas dan sisi bawah itu berbeda, namun memang menunjukkan ukuran. Dan untuk sisi atas itu menunjukkan angka seperti 1, 2, 3, 4, dan seterusnya dalam satuannya itu milimeter. Sementara di sisi bawah itu menunjukkan angka atau ukuran tengah, jadi 1,5, 2,5, 3,5 dan seterusnya dan ini penting dalam cara menghitung mikrometer sekrup.

  1. Skala Putar

Lalu ada skala putar yang terdiri dari skala 1 sampai dengan 50, dan setiap kali mundur satu kali putaran akan bertambah skala utama 0,5 milimeter. Jadi skala putar itu memiliki nilai 1/100 milimeter atau 0,01 milimeter. Inilah yang menjadi kelebihan dari mikrometer sekrup yang memiliki nilai keakuratan mencapai 0,01 mm.

Cara Membaca Atau Mengukur Mikrometer Sekrup

Nah setelah Anda sudah mengetahui setiap bagian dari mikrometer sekrup ini dan juga skalanya, maka selanjutnya cara membacanya. Kalau Anda tidak tahu cara membacanya, maka Anda pun tidak akan bisa lho melakukan pengukuran dengan menggunakan mikrometer sekrup ini. Oleh karena itulah cara untuk membaca dan menghitung mikrometer sekrup ini harus Anda pahami dengan baik.

Ada rumus menghitung yang harus Anda ketahui dan juga Anda pahami untuk supaya bisa tahu berapa ukuran dari suatu benda. Cara menghitungnya adalah dengan melihat skala utamanya dan kemudian menambahkan dengan jumlah skala putarnya. Penjumlahan itulah yang akan menunjukkan berapa ukuran suatu benda sampai dengan keakuratan mencapai 0,01 mm tadi.

Rekomendasi :   Begini Cara Untuk Menghitung KKM

Nah untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan jelaskan bagaimana sih cara untuk bisa membaca, menghitung atau mengukur dengan menggunakan mikrometer sekrup.

  1. Langkah yang pertama itu adalah pastikan kalau mikrometer sekrup itu sejajar dengan pandangan Anda pada saat mengukur. Ini sangat penting untuk mengetahui secara lebih akurat mengenai ukuran dari suatu benda.
  2. Langkah yang kedua adalah baca skala utama yang biasanya skalanya itu berada secara horizontal dengan angka. Dan Anda harus perhatikan bagian sisi atas atau juga sisi bawah ya, untuk tahu nilai tengah dari skala utama. Jadi misalnya letaknya ada di titik 5 pas, maka skala utamanya itu adalah 5, namun bila lebih dan ada garis tengah di sisi bawah berarti ada tambahan 0,5.

Itulah cara menghitung mikrometer sekrup untuk sisi skala utama dari mikrometer sekrup ini.

  1. Langkah yang ketiga adalah perhatikan juga skala putarnya, dan perlu kami ingatkan juga kalau skala putar ini dalam 1/100 mm ya. Jadi kalau ada pada garis 31, maka 31 dibagi 100, yang berarti 0,31 milimeter ya. Hasil atau angka yang ditunjukkan pada skala putar ini akan menambahkan nilai ukur dari suatu benda dengan tambahan 1/100 mm tadi.
  2. Langkah yang terakhir adalah Anda jumlahkan angka yang tertera pada skala utama dan kemudian tambahkan dengan skala putar. Jadi misalnya tertera pada titik 5 dan di bawah ada satu garis, maka itu berarti adalah 5 ditambah 0,5 jadi 5,5. Lalu tambahkan dengan skala putar, bila menunjukkan 30, berarti perlu ditambahkan 0,30 jadinya ukurannya adalah 5,8 milimeter.

Jadi apabila Anda menginginkan untuk menggunakan alat mikrometer sekrup ini, maka Anda perlu tahu dulu bagaimana konsep dari alat tersebut. Dan tentunya Anda perlu tahu juga bagaimana cara menggunakannya yang mana hanya tinggal letakkan saja benda yang ingin diukur. Benda yang ingin diukur itu harus diletakkan di antara poros tetap dan poros gerak yang disesuaikan untuk mengukur benda tersebut.

Setiap putaran akan menggeser skala utama dan juga skala putar yang tentunya akan menunjukkan ukuran dari benda tersebut. Cara menghitung mikrometer sekrup pun harus Anda ketahui dan pahami, karena ada penambahan dari skala utama dan juga skala putar.

Originally posted 2022-07-27 20:51:18.