Memahami Cerita Fantasi Singkat

PortalSekolah.Net – Cerita Fantasi singkat adalah salah satu karya tulis yang tentunya dibangun menggunakan alur cerita seperti biasa, namun ada unsur imajinatif. Jadi dasar dari karya tulis tersebut adalah sebuah imajinasi akan sesuatu hal yang bisa jadi liar atau terinspirasi dari dunia nyata yang digabungkan dengan imajinasi. Jadi biasanya mulai dari setting, penokohan, konflik bahkan sampai ke ending itu akan dibuat dengan sedikit dilebih-lebihkan.

Jadi bisa dibilang kalau cerita fantasi itu termasuk dalam teks narasi yang sebenarnya merupakan teks karangan fiksi semata atau tidak nyata. Meskipun ini adalah sebuah karangan atau fiksi, namun ceritanya itu tetap perkembangan suatu peristiwa sampai peristiwa itu berakhir. Jadi di cerita fantasi itu tetap ada unsur-unsur awal permasalahan, puncak masalah, sampai ke penyelesaian masalah.

Teks cerita fantasi sendiri juga terdiri dari orientasi, konflik, dan kemudian kepada resolusi yang berakhir dengan ending. Dan ending dari cerita fantasi itu sendiri memang ada 2 pilihan ya, yakni ada happy ending atau bisa juga sad ending. Meskipun ini adalah cerita fantasi, akan tetapi tetap ada yang namanya tema dasar yang kemudian akan menjadi pusat pengembangan cerita.

Teks cerita fantasi itu biasanya tidak ada amanat khusus, karena memang tujuan utamanya adalah memberikan hiburan pada pembaca. Tapi banyak juga penulis yang memberikan amanat pada cerita fantasi meskipun memang bisa dibilang disisipkan secara tersirat. Sebenarnya di kehidupan sehari-hari Anda bisa menemukan banyak cerita fantasi, berikut ini kami berikan penjelasannya dan juga contohnya.

Pengertian Cerita Fantasi

Jadi bila dilihat dari pengertiannya cerita fantasi itu adalah sebuah teks narasi yang merupakan sebuah cerita karangan. Cerita karangan tersebut memiliki alur norma, akan tetapi sifatnya itu memang sangat imajinatif dan juga penuh khayalan. Jadi berbagai unsur di dalam cerita fantasi singkat bila dipikir secara logika tidak akan pernah terjadi di dunia nyata.

Ciri Cerita Fantasi

Untuk Anda yang mungkin kesulitan dalam mengenali dan juga memahami cerita fantasi, tentunya Anda memerlukan informasi soal ciri-cirinya. Sebab seperti halnya pada karya tulis lainnya atau teks narasi lainnya, cerita fantasi pun memiliki beberapa ciri khusus yang bisa menjadi tanda pengenal. Dan berikut ini beberapa unsur atau ciri-ciri yang sangat kental dan juga lekat dengan sebuah cerita fantasi.

  1. Ide Cerita Yang Terbuka Luas

Ciri yang paling pertama itu adalah soal ide cerita, di mana ide cerita dari cerita fantasi itu sudah pasti akan sangat terbuka. Jadi tidak ada batasan logika normal pada ide cerita, semuanya sah dan bisa masuk ke dalam cerita fantasi tersebut. Jadi ide-ide liar pun bahkan bisa dimasukkan sebagai ide cerita dalam cerita fantasi.

  1. Banyak Ditemukan Hal Aneh Atau Misterius

Ciri yang kedua itu adalah Anda akan bisa menemukan ada banyak hal yang tidak masuk akal dan seperti tidak nyata. Semua itu bisa dihidupkan atau diwujudkan dalam cerita, karena memang cerita itu adalah sebuah khayalan dari penulis saja. Sehingga banyak hal dari cerita fantasi yang menurut Anda pasti tidak masuk akal dan sangat tidak mungkin terjadi.

  1. Tokoh Yang Unik

Ciri yang ketiga adalah tokoh yang unik, seperti misalnya toko manusia super, hewan gabungan yang tidak ada di dunia nyata. Biasanya tokoh utama itu memiliki sesuatu kemampuan yang mungkin unik yang berhubungan dengan cerita. Tokoh yang unik dan menarik itu biasanya menjadi salah satu ciri khas dari cerita fantasi singkat.

  1. Latar Yang Tak Terbatas

Berikutnya adalah latar cerita, di mana ciri dari cerita fantasi itu latarnya bisa jadi di mana saja lho. Bisa jadi di planet tertentu, bisa juga berada di tempat tertentu yang hanya ada di khayalan manusia atau khayalan penulis. Jadi tidak ada batasan latar pada cerita, bisa di bumi yang lain atau segala kemungkinan yang terpikirkan oleh penulis.

  1. Gaya Bahasa

Ciri yang selanjutnya adalah soal gaya bahasa, di mana untuk cerita fantasi itu biasanya tidak harus selalu memakai bahasa formal. Banyak juga cerita fantasi yang mempergunakan bahasa yang santai atau mungkin gaul dan banyak digunakan orang. Jadi soal gaya bahasa itu biasanya cerita fantasi itu bisa sangat bervariatif sekali.

  1. Sifatnya Khayalan

Ciri terakhir dari cerita fantasi adalah khayalan, semua isi cerita fantasi itu biasanya berupa sebuah khayalan yang tidak bisa dibandingkan dengan kenyataan. Banyak sekali penulis yang menyerempet dengan dunia nyata, namun pada akhirnya keduanya tidak bisa dibandingkan. Karena tidak pernah mungkin ada di dunia nyata berbagai cerita fantasi tersebut.

Struktur Cerita Fantasi

Secara struktur memang cerita fantasi itu tidak beda jauh dengan teks narasi lainnya, jadi tetap ada struktur dan juga alur yang jelas. Tapi mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai struktur cerita fantasi itu seperti apa, dan pada kesempatan ini kami akan jelaskan pada Anda. Berikut ini informasi soal struktur dari cerita fantasi singkat itu sebenarnya seperti apa dan bagaimana.

  1. Orientasi

Struktur atau bagian yang paling pertama pada cerita itu sudah pasti adalah orientasi atau pengenalan, ini berlaku untuk segala jenis cerita. Dan cerita fantasi sendiri juga diawali oleh sebuah pengenalan, bisa dalam bentuk tokoh atau bisa juga dalam bentuk situasi. Ada juga yang memberikan sedikit gambaran mengenai alur cerita kepada pembaca untuk menjadi daya tarik.

  1. Konflik

Bagian yang kedua adalah konflik, ini adalah masa di mana mulai ada permasalahan yang muncul di cerita tersebut. Bisa jadi permasalahannya itu ada beberapa, mulai dari permasalahan-permasalahan kecil sampai kemudian ke permasalahan puncak. Ini yang membuat cerita fantasi jadi semakin seru dan menarik.

  1. Resolusi

Lalu berikutnya adalah bagian resolusi, di mana ada sebuah solusi dari permasalahan yang muncul. Resolusi inilah yang nantinya akan menjadi penentu arah akan kemana ending dari cerita fantasi tersebut.

  1. Ending

Kemudian yang paling akhir itu adalah ending, di mana resolusi atau solusi tersebut dijalankan dan kemudian akan berhasil atau tidak. Dan ending ini bisa beragam bisa tujuan tercapai, bisa juga tidak tercapai dan nasib tokoh utama pun bisa beragam. Karena ini adalah cerita fantasi, maka bagian ending itu jelas jadi tidak terbatas.

Contoh Cerita Fantasi

Kalau kita berbicara contoh cerita fantasi itu ada banyak sekali lho, dan Anda akan bisa menemuinya dengan sangat mudah. Bahkan ada cukup banyak lho cerita fantasi yang populer dan sampai saat ini masih menjadi cerita terbaik di hati para penggemarnya. Berikut ini beberapa contoh dari cerita fantasi menarik menurut kami.

  1. Harry Potter
  2. Narnia
  3. Lord Of The Ring
  4. Marvel

Demikian penjelasan mengenai cerita fantasi singkat.

Originally posted 2022-07-31 08:24:06.