Belajar Cara Menghitung IPK

PortalSekolah.Net – IP dan juga IPK itu adalah salah satu hal yang sangat penting bagi mahasiswa, keduanya sudah seperti hal yang sangat penting dan istimewa. Cara menghitung IPK pun menjadi informasi yang banyak dicari mahasiswa untuk bisa mengetahui kelangsungan mereka di perkuliahan. Karena itulah hampir semua mahasiswa itu akan membicarakan dan juga memikirkan IP dan IPK di awal atau akhir semester.

Bagi mahasiswa baru tentunya belum begitu memahami apa itu IP dan juga IPK ya, karena itu adalah sistem nilai di perguruan tinggi. Untuk supaya bisa menjalani perkuliahan dengan baik dan membuat perencanaan kuliah yang matang, maka harus memahami IP dan IPK dengan baik. Dan berikut ini kami akan jelaskan segala hal mengenai IPK dan juga bagaimana sih cara untuk menghitungnya dengan baik dan benar.

Apa Itu IP Dan IPK?

Sebelum Anda mencari tahu soal cara menghitung, maka ada baiknya Anda ketahui dulu apa sebenarnya IP dan juga IPK itu. IP itu adalah sebuah indeks prestasi yang didapatkan oleh mahasiswa pada satu semester yang sudah dilalui. Sementara kalau IPK itu adalah indeks prestasi kumulatif yang didapatkan mahasiswa dari beberapa semester yang sudah dilalui selama perkuliahan.

IP sendiri adalah nilai untuk satu semester, jadi ibaratnya itu seperti raport pada saat masa SMA atau pendidikan di bawahnya. Nah sementara IPK itu adalah kumulatif selama mengambil pendidikan di universitas, dan ini menjadi nilai akhir yang amat sangat menentukan. Bahkan nilai IPK inilah yang nantinya akan menjadi penentu dari mahasiswa itu akan lulus atau tidak, jadi perlu tahu cara menghitung IPK.

Batas IP Dan Juga IPK

Untuk IP dan IPK itu nilainya ada batasannya, dan batasan paling atas itu adalah 4 yang berarti mahasiswa mendapatkan nilai sempurna. Untuk mendapatkan IP atau IPK 4 itu mahasiswa harus mendapatkan nilai A untuk semua mata kuliah dengan beragam SKS. Dan sementara itu adalah batas bawahnya adalah 0 yang berarti mendapatkan nilai E atau tidak mendapatkan nilai.

Berbicara mengenai Batas IPK atau IP, memang sebenarnya setiap universitas itu menerapkan batas bawah yang berbeda-beda. Untuk batas atas mungkin tidak terlalu penting, namun batas bawah yang berlaku di universitas itu penting untuk dipahami dan diketahui. Biasanya banyak universitas yang menerapkan batas bawah IPK itu 1,75 atau 1,5 agar supaya bisa lulus dari perkuliahan.

Rekomendasi :   Cara Menghitung Sisa Hasil Usaha (SHU)

Pengaruh IP Dan IPK

Tentunya pengaruh dari IP dan juga IPK itu sangat besar lho bagi mahasiswa, terlebih lagu mengenai keberlanjutan pendidikan mereka. Bila IP terlalu rendah, maka sangat mungkin jatah SKS yang bisa diambil selanjutnya itu tidak bisa terlalu banyak dan tidak maksimal. Dan ini akan menghambat proses pendidikan yang diambil, dan ini jelas menjadi kerugian yang harus Anda perhatikan dengan baik.

Pengaruh dari IPK sendiri itu lebih kepada kelulusan, karena memang ada batas minimal IPK untuk mahasiswa bisa lulus. Jadi bila tidak memenuhi syarat, maka sangat mungkin mahasiswa tidak bisa lulus dan harus mengulang terlebih dahulu supaya bisa lulus. Selain itu untuk bekerja pun ada persaratan minimal IPK, jadi Anda harus bisa melampaui minimal batas IPK tersebut.

Hal Yang Mempengaruhi IP Dan IPK

Untuk Anda para mahasiswa, harus tahu mengenai apa saja sih yang akan mempengaruhi nilai IP dan juga IPK kalian. Selain cara menghitung IPK, Anda harus tahu juga apa saja yang menjadi faktor yang mempengaruhi nilai IP dan juga IPK dari perkuliahan. Dan berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih faktor yang akan bisa mempengaruhi nilai IP dan juga IPK kalian.

  1. Jumlah SKS

Yang pertama itu adalah jelas jumlah SKS atau sistem kredit semester yang memang diberlakukan pada setiap mata kuliah di universitas. Setiap mata kuliah itu memiliki SKS yang berbeda-beda lho, ada yang 3 ada yang 2 ada yang bahkan sampai 4 SKS lho. Semakin tinggi SKS dari mata kuliah, maka pengaruhnya ke IPK atau IP pun juga akan semakin besar lho.

  1. Nilai Yang Didapat

Pengaruh yang berikutnya adalah soal nilai, di mana di perkuliahan nilainya itu tidak dengan angka akan tetapi dengan huruf. Nilai di perkuliahan itu hanya ada A, B, C, D, dan E, dan masing-masing memiliki skor yang berbeda ya. Untuk A itu skornya 4, B skornya 3, C skornya 2, D skornya 1 dan E itu 0.

Rekomendasi :   Contoh-contoh Teks Eksposisi tentang Pendidikan beserta Strukturnya

Skor ini sudah pasti akan menentukan besaran nilai dari IP atau IPK yang didapatkan oleh para mahasiswa selama berkuliah.

  1. Jumlah Mata Kuliah

Hal berikutnya yang juga sangat berpengaruh itu adalah jumlah mata kuliah yang diambil, kalau jumlahnya besar juga bisa berpengaruh. Apalagi kalau ke IPK, jumlah mata kuliah yang sudah diambil ini sangat mempengaruhi IPK yang bisa didapatkan. Semakin banyak mata kuliah semakin besar SKS dan akan semakin berpengaruh lagi pada IP dan IPK.

Cara Menghitung IP Dan IPK

Setelah Anda sudah tahu apa saja yang mempengaruhi, maka secara garis besar Anda sudah tahu bagaimana cara menghitung IPK. Sebelum sampai pada IPK tentunya Anda pun harus tahu bagaimana cara untuk menghitung IP terlebih dahulu. Dan berikut ini cara menghitung IP yang harus Anda ketahui dengan sebaik mungkin.

  1. Langkah yang pertama adalah Anda kalikan dulu nilai dari mata kuliah dengan jumlah SKS dari mata kuliah tersebut. Nanti ini akan menjadi skor.
  2. Lakukan kepada semua mata kuliah yang Anda ambil pada semester tersebut, dan nanti akan terlihat semua skor dari setiap mata kuliah.
  3. Langkah selanjutnya adalah jumlahkan semua skor dari semua mata kuliah yang Anda ambil di semester tersebut.
  4. Setelah itu Anda jumlahkan juga SKS dari setiap mata kuliah yang sudah Anda ambil pada semester yang bersangkutan.
  5. Nah setelah itu jumlah dari skor itu akan dibagi dengan jumlah SKS yang Anda ambil di semester yang akan Anda hitung. Dan ketemu nilai IP di semester yang bersangkutan.

Setelah IP sudah tahu, maka berikut cara untuk menghitung IPK dengan mudah.

  1. Langkah yang pertama adalah Anda harus jumlahkan total skor dari setiap semester yang sudah Anda lalui.
  2. Tambahkan juga jumlah SKS dari setiap semester yang sudah Anda jalani juga.
  3. Setelah itu total keseluruhan skor dari semester awal sampai yang paling akhir akan ketemu, demikian juga soal jumlah SKS dari semua semester yang sudah diambil.
  4. Anda bagi total skor dengan total SKS, dan akan ketemu nilai IPK Anda.

Demikianlah beberapa informasi dan juga cara menghitung IPK yang harus diketahui para mahasiswa.

Originally posted 2022-07-31 08:25:32.