Cara Untuk Menghitung Rumus Persen di Excel

PortalSekolah.Net – Microsoft Excel tak menyediakan fungsi khusus untuk menghitung persentase, akan tetapi Anda dapat menggunakan rumus pembagian dan Format Number (Percent Style) guna menghitung rumus persen di Excel.

Catatan : Sebelum Anda melanjutkan, Microsoft Excel kami memakai format English. Hal ini berarti koma adalah titik dan titik adalah koma. Mungkin Anda perlu mempelajari format English dan Indonesia pada Excel Anda.

Cara mengubah tanda koma menjadi titik di Excel juga menjadi pertanyaan yang kerap muncul. Lalu seperti apa sebenarnya pertanyaan tersebut? Maksud kami seperti ini, Excel memang tersedia dalam beragam format regional, dimana defaultnya adalah English.

Untuk format English, Microsoft Excel nantinya menganggap tanda koma pada angka sebagai pemisah ribuan lalu titik sebagai pemisah bilangan desimal atau berkoma. Sedangkan untuk format Indonesia, titik adalah pemisah ribuan lalu koma sebagai pemisah bilangan desimal.

Hal ini pula yang menjadi penyebab mengapa saat Anda mengetik angka (contoh 1000) pada suatu cell, Excel memberikan hasil 1,000.

Bila Anda menginginkan Excel menganggap titik menjadi pemisah ribuan dan koma menjadi pemisah desimal, terlebih dahulu Anda harus mengubah setting regional.

Catatan : Bila Anda memakai Excel sebagai tahap permulaan untuk pengolahan data, lalu diolah kembali dengan Software lain seperti E-Views, SPSS, dan lain-lain, kami lebih menyarankan Anda untuk menggunakan setting regional English.

Mengapa demikian? Sebab tak semua software pengolahan data mendukung format regional Indonesia. Sebelum menghitung rumus persen di Excel terlebih dahulu Anda bisa mengikuti beberapa tahap yang ada dalam panduan ini.

Sebelum Anda mengubah koma agar menjadi titik, terlebih dahulu cari tahu software Microsoft Excel Anda memakai format English atau Indonesia. Cara melakukannya cukup mudah, hanya dengan mengetik fungsi IF berikut ini.

Cermati argument rumus IF yaitu =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

Anda dapat mengamati diantara argument logical test dan value if true ada tanda koma. Berarti software Microsoft Excel ini memakai format English.

Dengan begitu 3,156.24 artinya tiga ribu seratus lima puluh enam koma dua empat

Bila operator pemisah kedua argument itu adalah tanda ; (titik koma), maka software Microsoft Excel Anda memakai format Indonesia.

Rekomendasi :   Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi dan Contohnya

Cara untuk mengubah tanda koma menjadi tanda titik atau sebaliknya di Excel sebenarnya cukup mudah. Anda bisa membuka file Excel atau WorkBook Anda.

Lalu ikuti beberapa cara mengubah tanda koma menjadi tanda titik di Excel berikut ini.

  1. Pertama, klik tab File
  2. Kedua, pilih option
  3. Ketiga, di window Excel Option, pilih Advanced
  4. Keempat, di bagian Editing Option, hilangkan tanda centang untuk Use System Separator
  5. Kelima, ubah Decimal Separator menjadi tanda , (koma) dan Thousand Separator menjadi tanda . (titik)
  6. Keenam, pilih Ok untuk melanjutkan

Catatan : Decimal Separator merupakan pemisah bilangan desimal, sedangkan Thousand Separator merupakan pemisah ribuan.

Bila tahap ini telah dilakukan oleh Anda, maka seluruh file Excel Anda nantinya memakai format Indonesia termasuk untuk pemisah rumus.

Coba Membuktikan, Apakah Koma telah Menjadi Titik

Guna membuktikannya, Anda bisa mengetik angka 1000 di cell manapun, contohnya A3. Lalu klik tab Home, klik Comma Style. Nah benar bukan? Operator pemisah ribuan telah berubah menjadi titik.

Berikutnya kami akan membahas tentang cara untuk menghitung persen di Microsoft Excel. Anda pun akan bisa mempelajari bagaimana cara untuk menghitung rumus persen di Excel. Seperti yang telah diketahui, Excel Spreadsheet merupakan salah satu dari begitu banyak aplikasi untuk pengolahan data yang sudah cukup familiar dan banyak dipakai.

Persentase sendiri adalah bagian yang tak terpisahkan dalam mengolah dan menyajikan data. Persentase juga sangat mempermudah pengguna ataupun pembaca data agar lebih cepat dan tanggap dalam menganalisis ataupun menangkap data.

Dalam proses pengolahan data istilah persentase atau persen tentunya tak asing lagi. Persentase juga kerap disebut sebagai perseratus. Istilah dalam perhitungan ini merujuk pada suatu rasio atau perbandingan yang menyatakan pecahan dari seratus.

Persentase ini sendiri dinyatakan dengan satuan persen atau “percent” dalam bahasa Inggris yang juga merupakan kependekan dari per centum yang memiliki arti per seratus. Persentase atau bilangan persen dinyatakan dengan simbol satuan %.

Pada intinya masing-masing bilangan angka dapat dikatakan sebagai ratio perbandingan dengan angka satu (1). Contohnya angka 0,5, jika dinyatakan dalam perbandingan maka nilainya dapat ditulis dengan 0,5/1.

Jika angka 0,5 dinyatakan dengan bentuk pecahan persen atau per seratus maka nilainya adalah 50% yang didapatkan dengan mengalikan angka 0,5 dikali 100% atau 100/100.

Rekomendasi :   Belajar Cara Menghitung Porogapit

50 persen atau 50% mempunyai arti 50 perseratus yang nilainya sama dengan 50/100 =0,50/1 = 0,50.

Kemudian bagaimanakah cara menghitung persen di Excel? Nah agar lebih jelas Anda bisa mengikuti cara untuk menghitung rumus persen di Excel berikut ini.

Menampilkan Persentase pada Cell di Microsoft Excel

Ada berbagai format yang tersedia di Excel untuk angka, salah satu diantaranya adalah format Percentage (persentase). Akan tetapi secara default, persentase dalam Microsoft Excel tersaji dengan format pecahan desimal.

Sebagai contoh, misalkan nilai yang seharusnya 25%, nantinya secara default tampilannya menjadi 0,25. Cara-cara untuk bisa menampilkan format persentase (harus diubah format cell yang berisi nilai sebelumnya) adalah berikut ini.

  1. Pilih cell yang nantinya diisi data yang akan diubah tampilannya menjadi bentuk persentase.
  2. Klik kanan kemudian pilih format cell atau bisa menggunakan shortcut Ctrl +1 pada keyboard. Anda juga bisa klik menu home kemudian lihat box format cell pada box number.
  3. Lalu muncul box dialog format cell. Pilih percentage, kemudian pilih sesuai kebutuhan jumlah desimal yang ingin Anda gunakan. Klik OK.

Tipe dari Perhitungan Persentase

Saat kita mengolah data ataupun menghitung persentasenya, nantinya ada dua jenis dari perhitungan prosentase. Pertama adalah prosentase dari proporsi, kedua persentase perubahan jika dibandingkan dengan data yang lainnya.

  1. Persentase dari Proporsi

Mengenai persentase dari proporsi, contoh sederhana yaitu misal saat ulangan matematika terdiri dari 50 soal dan hanya dapat mengerjakan 40 soal dengan benar. Kemudian berapakah persentasenya? Untuk cara menghitungnya dengan menggunakan Excel sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan rumus:

Jawaban benar : 40

Total Pertanyaan : 50

Nilai Persentase : =40/50

Untuk hasil Nilai Persentase-nya adalah 80%.

  1. Persentase Perubahan (Kenaikan atau Penurunan)

Sementara itu persentase perubahan (kenaikan atau penurunan), contoh soalnya adalah pada bulan Juni 2015 produk A dapat menghasilkan penjualan sebesar Rp 2.000.000 dan pada bulan Juli 2015 penjualannya Rp 2.500.000. Berapakah persentase kenaikan penjualan tersebut?

Rumus

Bulan Juni 2015 Rp 2.000.000

Bulan Juli 2015 Rp 2.500.000

% perubahan = (penjualan bulan Juli-penjualan bulan Juni)/penjualan bulan Juni. Persentase perubahan adalah sebesar 25%. Rumus persen di Excel yang digunakan adalah (jumlah akhir-jumlah awal)/jumlah awal.

Originally posted 2022-07-31 08:31:00.