Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi dan Contohnya

Di sekolah, kita perlu memahami tentang apa yang dinamakan teks laporan hasil observasi. Baik itu struktur, fungsi, ciri-ciri, bahkan contoh penerapan dari teks hasil observasi itu sendiri. Nah, kali ini kita akan membahas itu semua secara lengkap untuk membantumu memahami semua itu.

Jika menilik dari pengertiannya, teks laporan hasil observasi merupakan teks yang berisi penjelasan secara umum untuk melaporkan sebuah hasil suatu pengamatan atau observasi. Sebagai contoh kita akan mengobservasi tumbuhan, maka kita dapat membuat contoh teks observasi tentang tumbuhan untuk kemudian mengklasifikasikannya berdasarkan kriteria tertentu.

Struktur Teks Hasil Observasi

Secara umum, terdapat dua hal yang menjadi dasar pembuatan sebuah teks hasil pengamatan. Mulai dari klasifikasi serta aspek yang diamati.

  1. Klasifikasi (pernyataan umum). Merupakan bagian pengantar mengenai suatu hal yang kemudian akan menjadi inti laporan. Umumnya, di bagian ini akan disampaikan bahwa berbagai benda di dunia dapat diklasifikasikan berdasarkan kriteria seperti persamaan dan perbedaan.
  2. Anggota aspek yang dilaporkan. Merupakan rincian mengenai suatu objek yang akan kita amati. Dengan adanya hal ini, tentu pembaca akan mengetahui detail laporan yang setiap penulis susun.

Selain beberapa struktur di atas, secara khusus teks laporan hasil observasi juga memuat beberapa struktur lain sebagai berikut.

  1. Definisi umum. Merupakan pengertian mengenai suatu hal yang akan dibahas di dalam teks hasil laporan. Misalnya, jika kita membuat contoh teks observasi tentang tumbuhan, maka pada bagian ini kita bisa menuliskan tentang definisi tumbuhan tersebut secara umum.
  2. Definisi bagian. Dapat berupa ide pokok dari setiap paragraf. Pada bagian ini, penulis dapat menuliskan berbagai penjelasan secara lebih rinci dan detail.
  3. Definisi manfaat. Pada bagian ini, berisi penjelasan mengenai manfaat dari suatu hal yang akan dilaporkan. Sebagai contoh, jika kita akan melaporkan mengenai tumbuhan, maka dalam laporan akan dituliskan mengenai manfaat dari tumbuhan tersebut.
  4. Bagian penutup. Sesuai namanya, pada bagian ini berisi mengenai akhir dari teks laporan hasil observasi. Di sini, kamu bisa memberikan kesimpulan maupun hal-hal penutup yang bisa menjadi bagian akhir dari suatu laporan.

Nah, supaya kamu bisa lebih mudah memahami contoh teks dari laporan hasil observasi, kami contohkan beberapa contoh teks observasi tentang tumbuhan beserta strukturnya sebagai berikut.

Contoh Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi

Hasil Observasi Bunga Mawar

Definisi Umum

Mawar adalah salah satu tanaman hias yang populer di seluruh dunia. Tanaman ini masuk ke dalam tanaman semak dari genus Rosa dengan sekitar 100 spesies berbeda. Mawar dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 2-5 meter. Batangnya memiliki duri tajam, licin, halus, serta mempunyai bentuk daun yang menyirip dengan panjang 5-15 cm.

Bunga mawar juga mempunyai beragam warna seperti merah, putih, kuning, merah muda, biru, bahkan hitam. Di bagian mahkota bunga, terdapat 4 sampai 5 helai daun mahkota. Tanaman ini mampu hidup di daerah dengan suhu udara yang sejuk.

Definisi Bagian

Bunga mawar termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan. Tanaman ini dapat dibudidayakan dengan cara menanam biji, okulasi, hingga stek batang. Perawatan merupakan faktor terpenting selama masa pertumbuhan bunga mawar sehingga tanaman ini dapat tumbuh dengan kokoh dan indah.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk bisa merawat tanaman bunga yang satu ini. Mulai dari pembersihan rumput liar dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman, penyiraman secara rutin, hingga pemberian pupuk 3 sampai 4 bulan sekali dengan dosis yang sesuai.

Anda perlu tahu, pagi dan sore hari merupakan waktu paling tepat untuk penyiraman tanaman mawar, sebab suhu udara yang cenderung tidak terlalu panas. Selain itu, lakukan pemangkasan tangkai yang telah layu atau dahan yang kering supaya batang pohon menjadi semakin kokoh dan dapat menumbuhkan tunas yang baru.

Di negara kita tercinta Indonesia, ada beragam jenis mawar yang dapat ditemukan. Mulai dari modern garden roses, old garden roses, shrub rose, buck rose, climbing rose, english rose, hingga wild rose alias mawar liar. Semuanya dapat ditemukan dengan cukup mudah, baik di alam maupun pada tempat-tempat budidaya.

Bagian Manfaat

Bunga mawar dikenal memiliki warna dan bentuk yang indah. Tidak jarang, hal ini membuatnya dijadikan sebagai tanaman hias di berbagai perumahan. Akan tetapi, tahukah Anda jika di balik keindahannya ternyata ada segudang manfaat yang dimiliki oleh bunga mawar ini. Di antaranya sebagai anti bakteri, anti depresan, anti inflamasi, serta sebagai sumber vitamin C.

Tanaman ini juga banyak dipakai dalam pembuatan produk kecantikan seperti sabun, parfum, hingga pelembab. Bahkan, kelopak mawar kerap dimanfaatkan dalam pembuatan makanan dan minuman seperti teh, selai, dan jelly.

Penutup

Dari informasi dan observasi yang dilaporkan di atas, dapat kita simpulkan bahwa bunga mawar merupakan tanaman hias dengan bentuk yang sangat indah. Selain itu, tanaman ini mempunyai beragam manfaat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Selain contoh teks observasi tentang tumbuhan mawar di atas, berikut satu contoh lain terkait tumbuhan kelapa yang juga dapat ditulis dalam laporan observasi.

Hasil Observasi Pohon Kelapa

Definisi Umum

Pohon kelapa atau Cocos nucifera (bahasa latin) atau yang kerap juga disebut dengan pohon nyiur adalah tumbuhan yang mempunyai batang tinggi mencapai 3 meter. Buahnya tertutup dengan sabut dan tempurung dengan daging yang mengandung santan dan air.

Kelapa menjadi tumbuhan serba guna yang semua bagiannya bisa dimanfaatkan. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka Indonesia. Tumbuhan yang berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia ini sudah banyak tersebar di seluruh pantai tropis dunia.

Definisi Bagian

Tumbuhan ini mempunyai berbagai bagian yang dapat dimanfaatkan, mulai dari buah, batang, pelepah, hingga akar. Untuk buahnya sendiri kita dapat memanfaatkan bagian kulit luar, sabut, tempurung, daging buah, hingga airnya.

Definisi Manfaat

Berdasarkan berbagai penelitian, kelapa mempunyai berbagai manfaat yang sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit seperti kolera, TBC, luka bernanah, disentri, bahkan wasir. Selain itu, buah ini juga dipercaya mampu menetralisir racun dan dibuat berbagai makanan serta minuman.

Buah kelapa juga diyakini dapat menjadi obat gigi berlubang. Batang dan daunnya juga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan janur, bungkus ketupat, pembuatan sapu lidi, hingga bahan kayu bakar untuk memasak.

Penutup

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika kelapa mempunyai manfaat yang sangat beragam, baik dari buah, batang, daun, hingga akarnya. Pohon yang banyak ditemukan di daerah tropis ini bahkan dikenal sebagai pohon seribu manfaat.

Demikian beberapa contoh teks observasi tentang tumbuhan yang semoga bisa semakin membuatmu paham dengan teks laporan hasil observasi. Nah, sudah tidak bingung lagi menyusun contoh teks tersebut, bukan?

Originally posted 2022-08-12 21:37:15.