Mudahnya Menghitung Luas Tanah Meter Persegi

Bagi Anda yang seringkali berkutat dengan pengukuran tanah, sudah pasti menghitung luas lahan merupakan pekerjaan yang selalu dilakukan. Bahkan seperti telah kita tahu, bentuk tanah tidak selalu berbentuk persegi maupun persegi panjang.

Ada juga tanah yang bentuknya tidak beraturan, baik trapesium maupun segitiga. Adapun luas tanah yang diukur biasanya dinyatakan dalam meter persegi (m2). Bahkan, ada juga satuan lain yang umum digunakan seperti are, ru, dan tentu saja hektar dengan cara menghitung luas tanah yang berbeda.

Masing-masing bentuk tanah sudah pasti memiliki rumus yang berbeda. Apabila bentuk tanah persegi, sudah pasti rumus luas tanah tersebut sama dengan rumus luas persegi. Akan tetapi jika suatu bentuk tanah tidak beraturan, maka rumus yang digunakan juga akan lebih berbeda.

Teknologi Penghitung Luas Tanah

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, menghitung luas tanah sudah bukan menjadi hal yang sulit dilakukan. Kita pun bisa menggunakan alat bantu seperti GPS, software komputer, bahkan aplikasi peta online. Dengan begitu, gambar tanah akan terlihat lebih jelas.

1. AutoCad

Merupakan software yang dapat mempermudah seseorang dalam menghitung luas sebidang tanah. Penghitungan dapat dilakukan dalam waktu cepat karena dapat digunakan pada perangkat mobile. Anda dapat menggunakan AutoCad ini di komputer bahkan smartphone.

2. GPS

Anda juga dapat menggunakan aplikasi GPS Fields Area Measure untuk mengelola area, pengukuran luas, jarak, hingga perimeter. Penggunaannya cukup sederhana, yakni dengan menemukan area yang luasnya akan dihitung terlebih dahulu, kemudian luas area akan ditunjukkan secara langsung dan otomatis oleh aplikasi tersebut.

3. Google Maps

Anda juga dapat menghitung luas tanah dengan bantuan maps yang populer ini. Caranya cukup sederhana, yakni dengan menggunakan tampilan satellite view, lalu masukkan alamat lokasi tanah yang akan diukur.

Apabila lokasi sudah tepat, maka atur pembesaran maksimal seperti 1:5000. Selanjutnya, pilih Ukur Jarak kemudian klik tepi lahan atau batas luar tanah yang akan diukur. Nantinya akan ada informasi total area yang ditunjukkan dengan informasi jarak dalam miles (mi) maupun kilometer (km) yang memberikan petunjuk dari keliling lahan.

Rekomendasi :   Bingung Membuat Teks Ceramah Singkat? Simak Contoh Berikut!

Satuan Luas Tanah

Seperti yang sudah disampaikan, ukuran tanah dinyatakan dalam meter persegi. Selain itu, ukuran tanah dapat dinyatakan juga dalam satuan lain seperti hektar, are, dan ru dengan persamaan sebagai berikut.

  • 1 ru = 14,0625 m2
  • 1 are = 100 m2
  • 1 hektar = 10.000 m2

Menghitung Luas Area Tertutup (Polygon)

Adapun penghitungan cara menghitung luas tanah yang satu ini biasanya dilakukan dengan software seperti Autocad. Bahkan, penghitungan luas area tertutup dengan software ini termasuk mudah, sebab kita sudah mengetahui berapa luas perseginya.

Sebagai contoh, terdapat bidang dengan bentuk yang tidak berbentuk kotak persegi, melainkan gabungan dari garis tegak lurus dan miring. Anda dapat mengetik AA – Enter sehingga akan muncul tulisan “Specify first corner point or [Object/add area/subtract area]”.

Karena akan menghitung bidang tertutup, pilih object tersebut kemudian ketik O – Enter. Selanjutnya, pilih objek yang akan dihitung luasnya sehingga akan tampil Area (luasan) dan Length (panjang garis keseluruhan).

Melihat Luas Area Menggunakan Fitur Properties Autocad

Autocad memiliki fitur “Properties” yang dapat digunakan untuk melihat spesifikasi garis/objek yang sudah dipilih. bahkan penggunaan fitur ini juga relatif sangat mudah di mana kita hanya perlu meng-klik objek yang diinginkan terlebih dahulu.

Untuk selanjutnya, klik kanan pada mouse Anda, kemudian klik Properties. Maka, akan muncul kotak dialog dari fitur Properties ini. Scroll ke bagian bawah sampai menemukan Geometry, kemudian pada bagian bawah terdapat Area yang berisi nilai alias luasan objeknya.

Penghitungan Luas Area Menggunakan Perintah List Autocad

Fungsi perintah List (Li) akan memperlihatkan informasi mengenai objek yang dipilih, termasuk di dalamnya seperti luas area, panjang garis, hingga titik koordinatnya. Bisa dibilang, cara menghitung luas tanah ini cukup mudah dengan informasi yang cukup lengkap.

Adapun cara penggunaannya yakni dengan menentukan objek yang akan dihitung luasnya terlebih dahulu, kemudian klik objeknya dan ketik Li – Enter. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog yang bentuknya menyerupai software Notepad pada Windows.

Pada kotak dialog tersebut, cari tulisan Area dan lihat nilai luas dari objek tersebut. Melalui kotak dialog ini pula, kita dapat menghitung luas garis tertutup maupun luas hatch menggunakan perintah tersebut.

Rekomendasi :   Belajar Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

Menghitung Luas Area Terpisah Secara Keseluruhan

Jika Anda ingin menghitung total luas objek yang terpisah, maka cara ini bisa digunakan. Bahkan cara yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghitung luas berbagai objek secara sekaligus.

Sebagai contoh, terdapat sebuah gambar dengan 3 sampai 4 objek yang berbeda seperti bentuk bulat, persegi panjang, ataupun trapesium. Pada objek tersebut, ketik Area – Enter, lalu ketik A > Enter pada bagian “Specify first corner point or [Object/Add area/Subtract area]”.

Selanjutnya, klik O – Enter kemudian pilih objek yang diinginkan. Tekan Enter, sehingga akan muncul total area yang ditampilkan pada aplikasi Autocad tersebut.

Penghitungan Luas Area dari Titik Point

Untuk menghitung luas area pada titik point, ada cara yang cukup mudah dilakukan yakni dengan ketik Area – Enter, kemudian klik pada point pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Apabila sudah semuanya, tekan Enter sehingga akan muncul hasilnya pada layar.

luastanah

Contoh Soal Latihan

Untuk membuat Anda lebih memahami bagaimana cara menghitung luas tanah, ada baiknya jika Anda melatih diri dengan beberapa soal latihan. Berikut kami lampirkan salah satu contoh soal latihan penghitungan luas area beserta dengan penjelasan caranya.

Keterangan:

  • garis putih menunjukkan bentuk bidang tanah
  • garis merah merupakan diagonal bidang ukuran tanah

Diketahui terdapat ukuran sebidang tanah dengan titik A, B, C, D, E, dan F. Masing-masing dibagi menjadi beberapa bagian dengan ukuran luas berbeda-beda. Secara rinci, berikut cara penghitungan luas tanah tersebut.

1. Luas Segitiga ABE

Jadi, luas segitiga ABE = 85,2

2. Luas Segitiga BCE

Jadi, luas segitiga BCE = 74,4

3. Luas Segitiga CDE

Jadi, luas segitiga CDE = 35,1

4. Luas Segitiga AEF

Jadi, luas segitiga AEF = 55,8

Luas seluruh bidang tanah

= Luas segitiga ABE + BCE + CDE + AEF

= 85,2 + 74,4 + 35,1 + 55,8

= 250,5 m2

Dengan demikian, luas bidang tanah yang ada pada contoh soal gambar di atas adalah 250,5 meter persegi (m2).

Itulah sejumlah cara menghitung luas tanah yang cukup mudah beserta dengan contoh penghitungan secara manual menggunakan rumus matematika. Nah, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda dalam menghitung luas bidang tanah yang tidak beraturan. Selamat mencoba!

Originally posted 2022-09-02 20:07:42.