Cara Menghitung Jumlah Kebutuhan Kalori Tubuh

Rumus Menghitung BMR – Pada kesempatan kali ini topik yang akan kami bahas yaitu cara menghitung BMR atau Basal Metabolic Rate. BMR adalah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk aktivitas dasar tubuh.

Namun sebelum menghitung BMR, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu kalori. Nah, untuk lebih jelasnya langsung simak saja pembahasannya berikut ini.

Pengertian kalori adalah suatu unit pengukuran yang digunakan untuk menyatakan jumlah energi dalam suatu makanan. Jadi ketika kita sedang makan atau minum, maka itu berarti kita sedang memberikan energi (kalori) pada tubuh.

Kemudian tubuh akan menggunakan energi sebagai bahan bakar untuk mendukung berbagai aktivitas kita. Semakin banyak aktivitas yang kita lakukan, semakin banyak juga energi atau kalori yang terpakai.

Penulisan jumlah kalori pada suatu makanan atau minuman ditulis dalam satuan Kkal atau kilokalori. Namun ada juga yang penulisannya menggunakan satuan kilojoules atau yang disingkat “kJ”.

Kita bisa menemukannya pada suatu produk makanan seperti jumlah kalori 500 kkal yang berarti memiliki jumlah 500 kalori. Sedangkan untuk kJ disesuaikan dengan ukuran 1 kJ setara 0,239 kalori.

Lalu, apa alasan kita perlu membahas kebutuhan kalori tubuh per harinya? Ini perlu karena memang kalori menjadi kebutuhan tubuh yang sangat penting untuk semua orang, terlebih untuk beberapa orang berikut.

  • Orang yang menjalani program diet untuk diabetes, kolesterol, dan lainnya.
  • Orang yang ingin menurunkan berat badan.
  • Orang yang ingin menaikkan berat badan.

Jika Anda termasuk salah satu dari kategori yang disebutkan di atas, kalori menjadi basic yang penting untuk diketahui. Hal ini karena kalori adalah satuan unit energi untuk jumlah energi tubuh yang kita butuhkan.

Seseorang yang tidak bisa mengontrol kalori yang masuk ke tubuh, akan lebih mudah untuk tiba-tiba mengalami gemuk maupun kurus. Kalori dari setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari perlu dikontrol karena sangat erat kaitannya dengan metabolisme tubuh.

Rumus Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari

Jika Anda mengetahui cara menghitung BMR, maka Anda bisa menghitung berapa jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Rumus menghitung kebutuhan kalori tubuh yaitu BMR x Nilai Level Aktivitas.

Rekomendasi :   Pengertian dan Cara Menghitung Payback Period

Sedangkan untuk BMR sendiri dihitung untuk kebutuhan kalori saat tubuh dalam kondisi istirahat. Jadi untuk menghitung BMR bisa menggunakan berat badan dan tinggi badan dengan rumus berikut

  • Rumus BMR untuk laki-laki

BMR = 666,4730 + (13,7516 + berat badan dalam kg) + (5,00 X Tinggi Badan dalam cm) – (6,7550 X Usia)

  • Rumus BRM untuk perempuan

BMR = 655,0955 + (9,5634 X Berat Badan dalam kg) + (1,8496 X Tinggi Badan dalam cm) – (4,6756 X Usia)

Keterangan:

  1. Berat badan dalam satuan kg
  2. Tinggi badan dalam satuan cm
  3. Usia sekarang

Jika sudah mendapatkan rumus BMR, selanjutnya adalah mengalikan hasilnya dengan nilai level aktivitas. Nilai level aktivitas untuk tiap orang berbeda-beda. Berikut nilai level aktivitas berdasarkan kebiasaan olahraga setiap minggunya.

  • Nilai level aktivitas “Tidak Aktif” adalah 1,2

Nilai ini untuk orang-orang yang tidak melakukan olahraga sama sekali dalam seminggu.

  • Nilai level aktivitas “Ringan” adalah 1,375

Nilai level ini berlaku untuk orang-orang yang melakukan olahraga 1-3 kali dalam seminggu.

  • Nilai level aktivitas “Sedang” adalah 1,55

Nilai level ini berlaku untuk orang-orang yang melakukan olahraga 3-5 kali dalam seminggu.

  • Nilai level aktivitas “Sangat Berat” adalah 1,9

Nilai level ini berlaku untuk orang-orang yang melakukan olahraga sekitar 2 kali dalam sehari. Juga berlaku untuk orang-orang dengan pekerjaan yang full aktivitas fisik atau membutuhkan kegiatan fisik ekstra berat.

Contoh Cara Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari

Seorang wanita bernama Talita dengan kondisi sehat dan kondisi fisik seperti berikut.

  • Memiliki tinggi badan 165,6 cm
  • Memiliki berat badan 53,5 kg
  • Berusia 27 tahun
  • Nilai level aktivitas tergolong dalam kategori “Sedang”

Cara menghitung kebutuhan kalori dimulai dengan menggunakan rumus BMR sesuai jenis kelamin. Rumus BRM yang digunakan yaitu untuk wanita. Jadi cara menghitungnya yaitu.

  1. Menghitung BMR untuk wanita

BMR = 655,0955 + (9,5634 X BB dalam kg) + (1,8496 X TB dalam cm) – (4,6756 X Usia)

BMR = 655,0955 + (9,5634 x 53,5) + (1,8496 X 156,6) – (4,6576 X 27)

BMR = 655,0955 + 511,6419 + 306,29376 – 126,2412

BMR = 1.346,78996

Setelah menggunakan cara menghitung BMR untuk wanita, maka dapat diketahui kebutuhan kalori untuk kondisi istirahat atau BMR adalah 1.346,78996.

  1. Menghitung kebutuhan kalori per hari
Rekomendasi :   Pengertian dan Cara Menghitung Payback Period

Langkah berikutnya untuk menghitung kebutuhan kalori per hari adalah mengalikan jumlah BMR dengan level aktivitas.

Kebutuhan kalori per hari = BMR X Level Aktivitas

Kebutuhan kalori per hari untuk Talita = BMR X Level Aktivitas Sedang

Kebutuhan kalori per hari untuk Talita = 1.346,78996 X 1,55

Kebutuhan kalori per hari untuk Talita = 2087,524438 kkal

Setelah dihitung, jumlah kebutuhan kalori Talita yaitu 2087,524438 kkal atau bisa disederhanakan menjadi 2088 kkal. Angka ini adalah jumlah kalori yang dibutuhkan Talita untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Menghitung Kebutuhan Kalori Menggunakan Aplikasi

Jika Anda tidak ingin repot-repot menggunakan cara menghitung BMR di atas, maka bisa menggunakan situs website fatsecret Indonesia atau melalui aplikasinya. Anda hanya perlu memasukkan data fisik tubuh seperti tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, dan usia.

Setelah input data, maka akan dihitung secara otomatis berapa kebutuhan kalori tubuh Anda untuk aktivitas sehari-hari. Anda dapat mengontrol asupan kalori agar berat badan tetap ideal.

Ini juga membantu bagi Anda yang melakukan diet tetapi kesulitan menurunkan berat badan. Biasanya untuk penurunan berat badan diperlukan defisit kalori. Jadi Anda juga harus memperhatikan kalori yang masuk ke tubuh dan kebutuhan kalori untuk aktivitas sehari-hari.

Sedangkan untuk Anda yang ingin menaikkan berat badan, maka bisa menghitung kebutuhan kalori dan memberikan asupan yang sedikit lebih banyak dari kebutuhan kalori tersebut.

Menghitung Jumlah Kalori yang ada Pada Makanan

Bagaimana cara mengetahui jumlah kalori yang ada pada suatu makanan? Jika Anda membeli produk makanan atau minuman kemasan, pasti di belakangnya tercantum informasi nilai gizi atau nutrition facts. Anda bisa langsung melihat jumlahnya dari kemasan tersebut.

Sedangkan untuk makanan atau minuman biasa, Anda bisa menggunakan mesin pencari Google untuk membantu menghitung jumlah kalori. Anda bisa mencari informasi kalori mengenai buah-buahan, lauk pauk, nasi, dan lain sebagainya.

Itulah ulasan mengenai cara menghitung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya berdasarkan jenis kelamin, usia, berat badan, dan tinggi badan. Setiap orang tentu membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda, Anda perlu tahu cara menghitung BMR terlebih dahulu menggunakan rumus di atas dan mengalikannya dengan nilai level aktivitas untuk mengetahui jumlah kebutuhan kalori. Semoga bermanfaat!

Originally posted 2022-09-02 21:18:57.