Tips dan Trik Menarik Cara Mengedit Foto Pada Lightroom
Desk Display Screen Laptop Device Adobe Lightroom

Tips dan Trik Menarik Cara Mengedit Foto Pada Lightroom

Lightroom kini menjadi aplikasi yang banyak digunakan dan paling diandalkan untuk berbagai kepentingan edit foto. Banyak selebgram bahkan fotografer profesional yang memasang dan menggunakan aplikasi ini untuk mempercantik foto. Selain dapat digunakan di perangkat komputer, lightroom juga dapat digunakan dengan mudah pada smartphone.

Beberapa orang menganggap aplikasi ini masih agak susah untuk dioperasikan, oleh karena itu berikut ini disajikan beberapa tips dan trik cara edit di lightroom agar proses editing anda lebih mudah dan menghasilkan foto yang terbaik untuk media sosial anda, maupun untuk kepentingan lainnya seperti cara memasukkan foto ke twibbon yang banyak dibutuhkan sekarang ini.

Mengambil Foto Menggunakan format RAW

Sebelum melakukan editing, tentunya anda harus mengambil gambar atau foto terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan format RAW untuk kualitas gambar yang lebih bagus, agar hasil editing foto nantinya juga memiliki kualitas yang masih bagus.

Biasanya ketika mengambil gambar, format yang otomatis digunakan yaitu JPG. Anda dapat mengubahnya menjadi RAW melalui pengaturan pada smartphone anda.

Menggunakan Presets Lightroom

Preset banyak digunakan agar proses editing dapat dilakukan secara berulang dengan menggunakan efek yang sama. Penggunaan preset dapat anda ciptakan sendiri dengan membuat efek sesuai dengan keinginan. Akan tetapi, ketika anda yang tidak ingin susah-susah membuat preset, maka anda dapat langsung menggunakan yang sudah tersedia.

Kini juga sudah banyak tersedia jasa yang menjual belikan preset lightroom dengan berbagai macam jenis. Anda dapat membelinya dengan harga yang murah dan dapat memperoleh banyak pilihan, anda hanya perlu mendowloadnya saja untuk dimasukkan ke dalam aplikasi.

Mengatur Kalibrasi Warna Putih

cara edit di lightroom selanjutnya yaitu melalui pengaturan kalibrasi warna putih atau biasa disebut sebagai fitur white balance yang terdapat di dalam kolom colour lightroom. Bermain pengaturan white balance dapat menghasilkan efek menarik dan unik pada foto anda. Jika anda ingin memperoleh hasil edit yang masih realistis, maka dapat menggunakan alat eyedropper, yang selanjutnya diarahkan ke area gambar yang memiliki putih maupun atau abu-abu.

Keluarkan Warna dengan Mempertajam Gambar

Yang dimaksud mengeluarkan warna yaitu anda dapat mempertajam gambar yaitu dengan melakukan pengaturan menggunakan fitur saturation dan vibrance. Namun, tidak perlu terlalu tinggi menaikkan ketajaman gambar karena akan membuat hasil editan tidak natural dan terlalu berlebihan.

Tingkat penajaman gambar juga biasanya disesuaikan dengan kualitas dan tampilan gambar yang anda edit, sehingga tidak ada patokan khusus untuk melakukan cara edit di lightroom ini.

Menghapus Objek yang Tidak Diinginkan

Lightroom juga memiliki fitur untuk menghapus objek-objek yang tidak diinginkan, akan tetapi anda harus berlangganan terlebih dahulu atau mengaksesnya secara berbayar. Fitur tersebut bernama healing brush yaitu fitur menghapus objek pada gambar dengan dilengkapi artificial intelligence, sehingga proses hapus dapat dilakukan dengan mudah, natural, dan hasil yang sangat halus.

Originally posted 2022-03-18 00:00:31.