Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang

Pernahkah anda mengalami laptop atau komputer hang? Hal tersebut sangat menyebalkan karena laptop hang dapat terjadi secara acak pada laptop dan komputer jenis apapun. Pastinya, hampir semua orang yang menggunakan laptop atau komputer pasti pernah mengalami permasalahan seperti ini. Apabila hal-hal seperti ini sering terjadi pada anda, maka anda harus tahu cara mengatasi laptop hang, cara mengatasi laptop ngelag, cara memperbaiki laptop lemot, atau bahkan cara mengatasi laptop mati.

Namun, anda tidak perlu terlalu cemas karena masalah tersebut merupakan sebuah masalah yang umum dan sering terjadi pada laptop atau komputer dengan segala macam penyebab dan juga cara mengatasinya. Biasanya, ketika laptop anda hang maka laptop anda akan macet dan terkadang juga masuk dalam status tidak merespon atau not responding. Pada saat seperti ini, banyak sekali elemen pada laptop anda yang tidak bisa berfungsi kecuali kursor nya saja. Hal ini tentu saja membuat anda terheran-heran karena sebelumnya laptop anda bisa berfungsi dengan baik. Terlebih lagi ketika anda sedang mengerjakan sesuatu yang penting di laptop anda. Nah, agar anda bisa mengantisipasi hal tersebut, maka anda bisa mempelajari cara mengatasi laptop ngehang di bawah ini.

Memberikan waktu tenang 

Apabila anda menggunakan laptop anda dengan begitu intensif, maka tidak jarang ada beberapa fungsi pada laptop anda yang akan macet atau mati sejenak. Akan tetapi, apabila anda merasa bahwa laptop anda terkunci dan tidak bisa digunakan, maka anda harus memberikannya waktu tenang. Hal tersebut bertujuan agar sistem yang mati atau macet tersebut dapat berfungsi kembali dengan baik. Biasanya waktu tenang yang dibutuhkan tidak terlalu lama kok, cukup dengan beberapa menit saja.

Biasanya hal seperti ini tidak terlalu mengkhawatirkan sehingga dengan memberikannya waktu istirahat sejenak pada laptop anda merupakan sebuah pilihan yang tepat. Namun, anda juga harus memastikan bahwa tidak ada masalah pada mouse anda, karena terkadang bisa jadi mouse anda kabelmya terlepas atau baterainya habis, sehingga memberikan kesan seperti laptop anda yang macet padahal mouse nya tidak bekerja dengan baik.

Tutup program yang tidak penting 

Cara mengatasi laptop macet selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan End Task pada laptop anda. Hal ini bisa anda lakukan ketika laptop anda tidak pulih atau tiba-tiba hang lagi setelah pulih. Caranya cukup simple, anda hanya perlu tekan konfigurasi Ctrl + Alt + Del pada keyboard anda. Setelah itu, anda bisa lanjutkan dengan memilih Opsi Task Manager pada layar yang muncul pada layar laptop anda yang berfungsi untuk melihat daftar program apa saja yang sedang berjalan. Agar anda bisa melakukan hal diatas, anda harus memastikan bahwa keyboard anda dapat berfungsi dengan baik. Apabila tidak, maka anda harus tahu cara memperbaiki keyboard laptop agar anda bisa menjalankan fungsi diatas.

Nah, apabila salah satu program yang ditampilkan pada layar tersebut tidak merespon, maka anda bisa pipih program tersebut kemudian klik tombol End Task. Pada fase ini, anda bisa memilih untuk mengakhiri beberapa program yang sekiranya bisa bermasalah untuk laptop anda. Atau anda juga bisa memilih untuk menutup semua program yang sedang berjalan. Setelah itu, anda bisa memulai ulang program-program tersebut. Namun, jika hal tersebut membuat laptop anda kembali hang, maka anda perlu hapus program tersebut kemudian mencari alternatif lainnya. Bahkan, terkadang anda perlu melakukan update pada hardware anda, apabila programnya begitu intensif sehingga kehabisan sumber daya.

Memeriksa browser task manager 

Kadang kala, laptop anda masih berfungsi dengan baik, namun browser anda sedang macet pada halaman tertentu yang sedang anda buka. Apabila hal tersebut terjadi, maka cara mengatasi laptop hang yang bisa anda lakukan adalah memeriksa browser task manager anda. Periksalah browser task manager anda, apakah memang berfungsi dengan baik atau tidak merespons. Caranya cukup mudah, yaitu silahkan masuk pada Chrome kemudian tekan Shift + Esc guna melihat task manager chrome. Apabila anda menggunakan Firefox, maka anda bisa tekan tombol menu dan juga tombol More > Task Manager. Hal tersebut bisa membuat anda melihat segala macam proses yang sedang berjalan pada browser anda. Selain itu, hal tersebut juga bisa memberikan informasi tentang halaman atau ekstensi apa yang mungkin sedang dibekukan. Anda juga bisa melihat berapa besar penggunaan CPU dan juga memori.

Reboot dan jalankan laptop kembali

Cara mengatasi laptop sering mati sendiri berikutnya yang bisa anda lakukan adalah menekan Ctrl + Alt + Delete ketika laptop anda berada dalam keadaan yang benar-benar terkunci. Selain itu, anda juga bisa menekan dan menahan tombol power hingga laptop anda mati. Setelah itu, tekan kembali tombol power untuk melakukan reboot kembali dari awal. Namun, terkadang hal seperti ini tidak bisa memulihkan pekerjaan yang sedang anda lakukan pada laptop anda sebelum laptop anda hang tadi. Namun, terkadang hal seperti ini masih mungkin untuk dilakukan apabila anda menggunakan program khusus.

Contohnya, pekerjaan anda masih bisa dipulihkan ketika anda sedang menggunakan Ms.Word atau Excel, karena keduanya memiliki penyimpanan cadangan otomatis, jadi bisa dipulihkan ketika programnya anda mulai kembali. Cara lain yang masih mungkin untuk anda lakukan guna memulihkan dokumen anda adalah dengan menekan File> Info > Kelola Dokumen > Pulihkan Dokumen. Namun, cara ini belum tentu berhasil anda lakukan. Tetapi tidak ada salahnya mencobanya, bukan?

Melakukan pemindaian malware dan juga virus 

Cara laptop tidak lemot yang bisa anda lanjutkan selanjutnya adalah melakukan pemindaian software yang memiliki kemungkinan besar mengancam laptop anda dan juga untuk melihat apakah ada sesuatu hal yang menganggu perangkat yang anda miliki. Meskipun terkesan sepele, namun and harus waspada karena ancaman malware virus bukanlah hal yang bisa anda biarkan begitu saja. Anda bisa melakukan pemindaian ini menggunakan virus scanner. Jadi, jangan lupa untuk selalu melakukan pemindaian pada hard drive anda secara berkala, ya!

Waspadai kemungkinan overheating 

Apabila laptop anda hang atau kursor laptop tidak bergerak mungkin saja bisa terjadi karena laptop anda overheating. Hal ini bisa saja terjadi karena sistem pendingin yang anda miliki tidak terlalu bagus. Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasinya adalah dengan memasang monitor yang bisa melacak suhu pada laptop anda. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan semua debu dan kotoran dari laptop anda menggunakan kuas atau lap. Dan pastikan juga untuk periksa kipas pada laptop anda karena bisa saja ada kipas yang tidak berputar karena rusak sehingga anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Demikianlah cara mengatasi laptop hang yang bisa anda lakukan. Apabila laptop anda masih terus saja hang, mungkin anda perlu membawanya ke tukang service laptop. Nah, jangan lupa juga untuk belajar cara mengurangi kecerahan laptop agar mata anda bisa nyaman ketika berlama-lama di depan laptop.

Originally posted 2022-03-19 00:01:08.