Mudah! 5+ Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Mudah! 5+ Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Salah satu masalah yang seringkali terjadi pada laptop, ialah tidak berfungsinya keyboard. Entah secara menyeluruh atau hanya pada tombol-tombol tertentu saja. Keyboard rusak ini, bisa terjadi karena keseringan digunakan atau hal lainnya.

Untuk dapat mengatasi keyboard yang tidak berfungsi, berikut kami rangkumkan cara memperbaiki keyboard laptop. Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Memastikan Kerusakan Laptop

Kerusakan yang terjadi pada laptop memiliki penyebab, biasanya dikarenakan ada masalah di software atau hardware. Untuk dapat mengetahui penyebab tersebut, Anda bisa mengakses BIOS di laptop. Jika keyboard dapat masuk dan digunakan, artinya kemungkinan besar kerusakan berada di software.

  1. Restart Laptop

Jika, keyboard pada laptop yang Anda miliki tiba-tiba tidak merespon, besar kemungkinan terjadi masalah di dalam driver atau software. Untuk cara mengatasi laptop hang ini,  Anda bisa segera me-restart laptop. Umumnya, hal ini cukup efektif.  Namun, jika keyboard masih belum juga berfungsi, besar kemungkinan terjadi dikarenakan error.

  1. Restore Windows

Keyboard pada laptop Anda berhenti berfungsi setelah instalasi aplikasi baru? Atau berhenti berfungsi setelah mengubah pengaturan? Anda bisa me-restore Windows yang ada di laptop. Caranya pun mudah, yaitu:

  • Klik Start menu, lanjut pilih Control Panel
  • Pilih menu System and Security, setelah itu klik Back up your computer
  • Klik Open System Restore
  • Setelah itu, otomatis laptop Anda akan melakukan reboot.
  1. Membersihkan Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop selanjutnya dengan dibersihkan. Keyboard yang kotor juga dapat menyebabkan tombol-tombolnya tidak berfungsi.  Hal ini dikarenakan terjadinya penumpukan debu dan kotoran pada tombol.

Cara membersihkan keyboard yang mudah dan efektif, dengan memiringkan laptop hingga 75 derajat, kemudian digoyangkan agar debu dan kotoran dapat tersingkirkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pembersih khusus keyboard yang banyak dijual di online shop.

  1. Perbaiki Driver Keyboard

Keyboard laptop yang tidak bekerja, salah satunya bisa dikarenakan driver keyboard tidak up to date, atau adanya aplikasi bahaya yang menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara sebagai berikut.

  • Klik Start menu, lanjut pilih Control Panel
  • Pilih menu System and Security, setelah itu klik Device manager
  • Pilih dan klik Keyboard. Anda bisa melihat pilihan menu driver.

Apabila,  terdapat lambang segitiga kuning dengan tanda seru, artinya driver keyboard Anda mengalami masalah. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengupdatenya di website resmi produsen laptop yang Anda miliki.

  1. Konsultasi di Service Center Resmi

Apabila, cara memperbaiki keyboard laptop di atas telah Anda lakukan, namun keyboard pada laptop masih tidak berfungsi, kemungkinan besar terjadi masalah pada hardware laptop. Agar keyboard Anda bisa berfungsi kembali, sebaiknya membawa dan berkonsultasi di service center resmi.

Jika, masalah pada laptop cukup berat dan serius, Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkannya untuk membeli perangkat baru atau memperbaiki laptop lama.

Originally posted 2022-03-20 00:02:07.