5+ Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak

Kursor merupakan hal yang penting pada laptop. Jika tidak adanya kursor, pengguna akan dibuat bingung dalam menggunakan laptop.

Kursor dapat bergerak dengan bantuan touchpad ataupun mouse. Namun, seringkali kursor mengalami masalah atau error yang menyebabkan kursor tidak bergerak.

Umumnya, penyebab kursor tidak bisa bergerak ini dikarenakan kondisi fisik mouse yang rusak, seperti kabel putus, atau dikarenakan rusaknya touchpad.

Jika kursor laptop tidak bergerak, berikut kami rangkumkan solusi untuk Anda cara mengatasinya. Berikut simak ulasannya.

  1. Periksa Masalah fisik

Apabila kursor pada laptop Anda tiba-tiba tidak dapat bergerak, cobalah untuk periksa masalah fisik mouse.  Mousenya sendiri ada mouse eksternal dan mouse touchpad.

Jika terdapat masalah pada mouse eksternal, Anda dapat mencoba port lain atau mengganti baterai baru (jika menggunakan baterai). Namun, apabila kursor tetap tidak bergerak, kemungkinan besar ada masalah pada touchpad.

Untuk dapat mengatasi masalah pada touchpad, simak solusinya dibawah ini.

  1. Periksa properti mouse

Masalah kursor laptop yang tidak bergerak, bisa juga dikarenakan touchpad dimatikan. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan cara ini.

  • Tekan tombol logo Windows pada keyboard, kemudian copy dan paste main.cpl ke dalam kotak, setelah itu klik OK.
  • Pilih Device Setting -> Your Device -> Enable -> Apply -> OK.
  1. Mengaktifkan Touchpad

Menonaktifkan touchpad tanpa sadar, juga bisa menyebabkan kursor laptop tidak bergerak. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu mengaktifkannya kembali dengan melakukan cara berikut ini.

  • Tekan dan tahan tombol Fn pada keyboard laptop, kemudian tekan tombol touchpad atau F7, F8, F9, F5. Tergantung dari merek laptop yang digunakan.
  • Setelah itu, Anda dapat mencoba untuk menggerakkan kursor di laptop.
  1. Download driver touchpad resmi

Jika Anda ingin touchpad pada laptop berjalan secara optimal, sebaiknya men-download driver touchpad pada website resmi produsen laptop yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan, driver touchpad resmi dari produsen telah disesuaikan dengan laptop.

  1. Restart Laptop 

Umumnya, untuk mengatasi masalah kursor tidak bergerak, me-restart laptop menjadi salah satu cara yang cukup efektif. Namun, apabila laptop tidak merespon atau hang, cara mengatasi laptop hang ini dengan hard restart atau mencabut baterai laptop.

  1. Bawa ke Service Center

Jika Anda telah melakukan semua cara di atas, namun tidak membuahkan hasil dan kursor masih tidak berfungsi, sebaiknya segera untuk membawanya ke service center terpercaya. Jika terjadi masalah berat dan serius pada laptop, akan ada kemungkinan saat diperbaiki data-data Anda hilang. Hal tersebut dikarenakan touchpad komponen yang menyatu dengan laptop. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa membackup data-data sebelum diperbaiki.

Rekomendasi :   Tips dan Trik Menarik Cara Mengedit Foto Pada Lightroom

Agar mouse dan touchpad yang Anda miliki tidak cepat rusak, sebaiknya selalu dibersihkan dan tidak menggunakannya dengan kasar. Hindari juga mendownload aplikasi-aplikasi berbahaya. Semoga artikel mengatasi kursor laptop tidak bergerak dapat membantu Anda.

Originally posted 2022-03-22 23:37:25.