4 Cara Mengatasi Laptop Ngelag Dengan Cepat Dan Mudah

Laptop yang sering nge-lag bisa bikin badmood seharian. Hal tersebut bisa mengganggu berbagai macam aktivitas seperti mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, atau sekedar menonton film dan bermain video game. Apalagi saat ini penggunaan laptop semakin bertambah karena banyak hal dilakukan secara daring.

Ada beberapa cara mengatasi laptop nge lag yang bisa kamu lakukan dengan mudah, cepat, dan praktis. Berikut tips mengembalikan laptop menjadi normal kembali:

  1. Restart atau nyalakan ulang

Solusi paling mudah dan yang pertama dilakukan adalah menyalakan ulang laptop anda. Atau anda bisa mematikan laptop anda terlebih dahulu lalu menyalakannya secara manual. Cara ini cukup ampuh karena dengan menyalakan ulang itu akan membuat laptop anda melakukan pengaturan ulang pada perangkat lunak dan sistem operasi sehingga kembali seperti awal saat sebelum nge lag.

  1. Tutup Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Seringkali kita tidak sadar saat menyalakan laptop, bakal ada beberapa aplikasi yang otomatis akan langsung berjalan di latar belakang, bukan hanya aplikasi yang sedang kita pakai saja. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan, maka akan memakan RAM sehingga kerja laptop menjadi berat dan terjadilan nge-lag.

Untuk  mengatasinya yang perlu anda lakukan adalah meminimalkan aplikasi yang tidak dipakai. Caranya dengan membuka Task Manager. Nanti anda bisa melihat aplikasi mana saja yang sedang berjalan. Dari situ bisa anda pilih untuk menonaktifkan atau disable aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk membebaskan RAM.

  1. Gunakan Anti-virus

Masuknya virus-virus seperti malware, ransomware, dan sebagainya bisa membuat laptop nge lag. Apalagi jika anda sering mengunduh aplikasi-aplikasi ilegal dari internet.

Rekomendasi :   CI CD Gitlab Tutorial untuk Para Pemula

Salah satu cara mengatasi laptop nge lag lainnya adalah anda bisa memasang anti-virus yang bisa mendeteksi kehadiran virus dan menghilangkannya. Perlu diperhatikan juga anti-virus yang digunakan usahakan yang legal dan resmi.

  1. Perhatikan Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan yang penuh bisa membuat laptop lemot dan mudah nge hang.. Cara mengatasi laptop hang adalah anda bisa menghapus beberapa aplikasi atau file yang tidak diperlukan.

Langkah alternatif kedua jika anda tidak mau menghapus file atau aplikasi adalah dengan memindahkannya ke penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau hard disk eksternal. Atau anda bisa juga mengunggahnya ke komputasi awan seperti google drive. 

Langkah alternatif lainnya adalah anda bisa  menambah kapasitas penyimpanan laptop anda dengan menambah HDD atau SSD di laptop anda. Mungkin cara ini anda perlu meminta bantuan ahlinya.

Penggunaan laptop yang lama dan sering memang bisa menurunkan kemampuan laptop dalam jangka waktu yang lama. Namun anda tidak perlu khawatir, dengan beberapa tips cara mengatasi laptop nge lag di atas semoga bisa membantu anda untuk menghindari laptop nge-lag.

Originally posted 2022-03-23 23:41:43.