Laptop Sering Mati Sendiri? Ini Solusinya!!

Menjengkelkan pastinya kalau gawai  yang kita andalkan untuk mengerjakan tugas sehari-hari mengalami error, salah satunya adalah laptop sering mati sendiri. Dengan segala kecanggihannya, tidak bisa dipungkiri laptop bisa mengalami beberapa error.

Berikut berbagai macam penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

  1. Mesin Laptop Terlalu Panas

Penyebab laptop terlalu panas adalah suhu yang terlalu tinggi di sekitar laptop atau dengan meletakkan laptop di permukaan yang mudah menyerap panas. Contohnya adalah kasur atau bantal.

Cara mengatasi laptop hang yaitu anda bisa memeriksa kipas di laptop anda apakah masih berfungsi dengan baik karena kipas itu yang jadi pendingin laptop secara otomatis. Anda juga bisa menambah kipas pendingin eksternal untuk diletakkan sebagai alas laptop anda.

Perhatikan juga debu dan kotoran di laptop karena jika menumpuk terlalu banyak bisa membuat sirkulasi udara panas di laptop jadi terhambat. Bersihkan secara rutin jadi solusinya.

  1. Spesifikasi Laptop

Laptop punya spesifikasinya sendiri dan harus disesuaikan pemakaiannya. Jika laptop anda berkualitas standar yang tujuan pembuatannya digunakan untuk aktivitas harian, maka saat anda menggunakannya untuk bermain game yang berat, laptop anda bisa nge hang dan mati tiba-tiba. Gunakanlah laptop sesuai dengan kapasitasnya saja.

  1. Baterai bermasalah

Laptop sering mati sendiri bisa disebabkan karena baterai yang bermasalah. Bisa karena pengisian daya yang berlebihan  atau bisa karena adaptor charger baru yang tidak sesuai dengan laptop. Jika dibiarkan bukan hanya baterai saja, laptop anda bisa ikut rusak.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru. Pastikan baterai tersebut punya ampere yang sesuai dengan kebutuhan laptop untuk menghindari masalah yang sama di kemudian hari. Jika masalah adaptor charge, segeralah ganti yang baru dengan hanya membeli melalui service center yang resmi.

  1. Kesalahan Sistem Operasi

Saat laptop mulai lemot, biasanya pengguna akan mengupdrade RAM agar performa kembali meningkat. Namun sebelum melakukan itu perlu diperhatikan kecocokan RAM tersebut dengan sistem laptop anda. Jika tak cocok, bisa menyebabkan RAM tidak berfungsi dengan baik bahkan menyebabkan laptop mati mendadak.

Rekomendasi :   3 Cara Install DirectX 9 Tutorial yang Sangat Mudah untuk Anda

Solusinya adalah lepas kembali RAM yang tidak cocok tersebut, ganti dengan yang cocok. Anda bisa membawanya ke service center yang resmi untuk memastikannya.

  1. Masuknya Virus yang Menganggu

Virus bisa menjadi penyebab laptop yang sering mati sendiri. Virus ini bisa masuk melalui beberapa cara seperti ketika anda mengunduh file tertentu dari internet atau saat anda membuka program tertentu.

Cara mengatasinya adalah dengan menjalankan program anti-virus yang resmi dan legal. Anti-virus berguna untuk melindungi laptop anda jika ada file asing yang terdeteksi, termasuk virus yang bisa menyebabkan laptop sering mati sendiri.

Originally posted 2022-03-24 23:42:39.