Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Macet Yang Wajib Anda Ketahui

Cara mengatasi laptop macet merupakan hal yang bisa diatasi secara mandiri, namun jika tidak teratasi Anda bisa membawanya pada tukang service maupun pihak yang lebih professional. Laptop macet bisa diakibatkan oleh beberapa hal, antara lain: penyimpanan yang penuh, terlalu banyak membuka aplikasi hingga kemampuan laptop yang sudah mencapai batas maksimal. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini agar bisa mengatasi laptop Anda saat macet:

  1. Menutup aplikasi

Jika Anda sedang menjalankan beberapa aplikasi, umumnya laptop tidak bisa membuka dan mengaksesnya secara bersamaan. Sehingga laptop seringkali mengalami hang atau macet, oleh karena itu pilihannya adalah menutup aplikasi dengan menekan tombol close. Terutama saat aplikasi tersebut not responding, Anda bisa kembali membukanya setelah beberapa saat. Pilihan lainnya Anda bisa menekan WIN + R, lalu ketik taskmgr dan tekan enter.

Biasanya Anda bisa melihat aplikasi yang not responding dengan berwarna merah lalu bisa mengklik End Task. Cara mengatasi laptop hang ini adalah langkah termudah. Anda bisa memilih untuk menutup satu aplikasi atau menutup semua aplikasi yang terbuka. Kemudian Anda bisa membuka kembali secara perlahan dan jangan membuka banyak aplikasi terlebih dahulu.

  1. Tekan Ctrl + Alt + Del

Langkah kedua dengan menekan beberapa tombol di atas. Tekan tombol tersebut secara bersamaan. Hal ini akan memperingan kinerja laptop, sehingga kegiatan Anda dalam mengakses file maupun kepentingan kerja akan berjalan dengan baik. Setelah menekan tombol tersebut Anda bisa memilih task manager dan pilih program yang terbilang berat. Hal itu akan mempermudah kinerja laptop. Setelah itu program akan keluar dengan sendirinya.

  1. Masuk ke safe mode

Pilihan selanjutnya adalah Anda bisa masuk pada safe mode. Pilihan ini adalah fitur yang masuk pada operasi Windows, sehingga mode ini sangat berguna untuk mengatasi error atau hang yang terjadi pada laptop. Oleh karena itu Anda harus memahami cara untuk menuju mode ini, berikut langkahnya:

  1. Tekan tombol start, kemudian klik kanan pada power
  2. Tekan tombol Shift serta klik opsi Restart pada opsi daya
  3. Untuk opsi selanjutnya, Anda bisa masuk pada konfigurasi BIOS
  4. Tekan tombol F2 kemudian klik Power, tekan daya dan F2 hingga layar BIOS terlihat
  5. Setelah itu, Anda berhasil masuk dalam menu BIOS.
Rekomendasi :   Tidak Nyaman Menggunakan Laptop Cerah? Tengok 4 Cara Mengurangi Kecerahan Laptop

Cara mengatasi laptop macet yang satu ini memang terbilang kompleks, namun Anda bisa melakukan langkah tersebut dengan hati-hati. Jika Anda sudah masuk gunakanlah selama beberapa waktu kemudian pilih restart. Biasanya laptop akan kembali terlihat dengan normal.

Demikian langkah yang bisa Anda lakukan dalam cara mengatasi laptop macet, sebelum membawa pada tukang service alangkah baiknya Anda bisa melakukannya secara mandiri. Semoga penjelasan diatas bisa membantu.

Originally posted 2022-01-22 22:54:56.