Ini Dia Cara Memperbaiki Laptop Lemot Yang Bisa Anda Lakukan Di Rumah

Cara memperbaiki laptop lemot bisa dilakukan sendiri dirumah, apalagi hal ini sering dialami oleh banyak orang. Anda tidak perlu khawatir, karena banyak cara yang bisa dilakukan. Jika Anda tidak mengerti bisa searching atau riset terlebih dahulu, agar Anda tidak melakukan cara yang salah. Berikut penjelasan lengkapnya yang bisa Anda lakukan pada laptop sendiri:

  1. Periksa RAM

Sebelum melakukan tindakan yang lebih lanjut, alangkah baiknya Anda memeriksa kondisi RAM terlebih dahulu. Hardware tersebut berfungsi dalam memproses data sebelum masuk ke CPU. RAM merupakan penghubung antara penyimpanan data serta CPU tempat untuk diproses. Sehingga jika tidak bekerja dengan baik maka aplikasi dan sistem lainnya tidak bisa berjalan dengan lancar.

Jika kondisi RAM hampir penuh, Anda bisa membersihkannya. Dengan membersihkan bagian kuningan RAM melalui penghapus. Jika tidak ada opsi lainnya, Anda bisa menambah RAM laptop untuk menambah kapasitas laptop Anda. Agar laptop bisa berjalan dengan baik, jika Anda tidak bisa melakukan secara manual bisa menghubungi tukang service atau pihak yang lebih professional.

  1. Menguninstall Driver

Langkah yang kedua adalah mengecek bagian driver. Hal ini adalah langkah yang bisa dilakukan secara mandiri. Terutama sering mengakibatkan laptop hang setelah Anda melakukan booting. Cara mengatasi laptop hang dengan cara ini, pertama bisa memilih Start kemudian ketik Device Manager lalu pilih opsi. Anda bisa mengecek apakah driver memiliki tanda ketidakcocokan seperti adanya tanda seru atau tanda silang.

Jika terdapat tanda tersebut, Anda bisa menguninstall karena jika tidak akan mengakibatkan beragam masalah pada PC atau laptop kalian. Oleh karena itu, Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu. Pastikan telah mengikuti dengan langkah yang benar. Cara memperbaiki laptop lemot bisa Anda lakukan dengan menyimak video tutorial di Youtube. Sehingga langkahnya akan lebih detail dan dipastikan tidak keliru.

  1. Memeriksa Hard Disk dan SSD

Jika dalam software tidak ada kendala, Anda bisa mengecek bagian lainnya, yakni: hardware. Hal pertama kali yang bisa dilakukan dengan hard disk adalah memeriksa sistem penyimpanan. Umumnya jika hard disk sudah lama digunakan akan mengalami bed sector dan kinerjanya juga tidak akan maksimal. Kinerja ini akan mempengaruhi semua sistem dan operasional komputer. Sehingga Anda bisa memeriksanya.

Rekomendasi :   Ini Dia Cara Buat Twibbon di PicsArt, Dijamin Mudah dan Bagus!

Hard disk merupakan ruang penyimpanan laptop, biasanya saat pertama kali membeli laptop dijelaskan mengenai berapa kapasitas Hard Disk yang dimiliki dan berapa memorinya. Oleh karena itu jika sudah mencapai batas maksimal. Anda bisa menghapus beberapa aplikasi atau file yang kurang penting atau bisa dikurangi. Jika sudah berkurang maka laptop akan berjalan kembali normal. Sehingga ruang penyimpanan merupakan hal yang krusial.

Demikian penjelasan mengenai cara memperbaiki laptop lemot yang bisa Anda lakukan dirumah. Semoga penjelasan diatas bisa membantu Anda dalam mengatasi laptop lemot saat digunakan beraktivitas.

Originally posted 2022-01-22 22:57:42.