Tidak Nyaman Menggunakan Laptop Cerah? Tengok 4 Cara Mengurangi Kecerahan Laptop

Cara  mengurangi kecerahan laptop ini bisa membantu kesehatan mata anda. Banyak pengguna komputer yang kurang perhatian dengan kondisi layar pada komputer atau laptop.  Layar yang memiliki tingkat kecerahan maksimal bisa membuat mata cepat lelah dan menyebabkan penyakit pula.

Pada dasarnya, tingkat kecerahan yang digunakan setiap orang tergantung kesanggupan masing-masing. Namun, ada baiknya mengurangi kecerahan laptop untuk menjaga kesehatan mata.  Cara melakukannya pun cukup mudah, anda tinggal mengikuti tips berikut ini.

Menurunkan  Kecerahan Laptop Dengan Manual

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menekan tombol kanan pada komputer atau laptop, setelah itu buka bagian setting dan menuju fitur sistem. Di sana akan ada tampilan yang bisa anda gunakan untuk mengatur tingkat kecerahan dan warna.  Ada yang pengaturan berbentuk vertikal dan horizontal, tergantung laptop yang anda punya. Menurunkan tingkat kecerahan juga bisa menjadi cara mengatasi laptop hang yang berkelanjutan.

Mengurangi Kecerahan Untuk Menjaga  Daya Guna Baterai

Mengatur tingkat kecerahan pada laptop akan membantu anda dalam menghemat baterai laptop.  Untuk itu ada sistem otomatis yang bisa anda gunakan saat baterai anda dalam masa kritis.  Tingkat kecerahan akan menurun secara otomatis dengan cara mengatur bagian pengaturannya.

Ada bisa masuk pada bagian setting dan memilih sistem penghemat baterai,  anda tinggal mencentang bagian penghemat baterai dan menyesuaikan persentase baterai yang ingin anda hemat. Jika sudah secara otomatis fitur ini akan hidup dan anda tidak perlu susah menurunkan tingkat kecerahannya. Pada prosentase yang sudah anda atur tingkat kecerahan akan menurun dengan sendirinya.

Rekomendasi :   Ini Dia Cara Memperbaiki Laptop Lemot Yang Bisa Anda Lakukan Di Rumah

Cara Mengurangi Kecerahan Laptop Dengan Mengubah Power Plan

Tingkat kecerahan bisa anda atur sedemikian rupa tergantung pada kondisi laptop dalam kondisi di charger atau tidak.  Lebih baik atur layar pada mode redup saat sedang digunakan agar lebih menghemat baterai dan anda bisa mengatur tingkat kecerahannya saat sedang di charger. Hal ini menandakan bahwa mode mengisi daya sedang aktif.

Menyesuaikan Tingkat Kecerahan Layar Pada Keyboard

Cara yang satu ini cenderung banyak digunakan karena lebih  terlihat secara nyata tanpa harus mencari-cari pada fitur pengaturan.  Menggunakan keyboard adalah salah satu jalan pintas paling cepat yang bisa anda lakukan. Anda pengguna laptop bisa menggunakan cara ini. Tombol yang bisa anda jadikan patokan untuk mengatur tingkat kecerahan laptop biasanya ditandai dengan gambar matahari.

Namun dalam penggunaannya memerlukan kombinasi tombol. Biasanya tergantung dengan tipe keyboard dan laptop yang anda gunakan. Secara umum anda bisa menekan tombol FN dan menekannya secara bersamaan dengan tombol bergambar matahari tersebut. Dengan begitu cara mengurangi kecerahan laptop jadi lebih mudah dan cepat. Anda bisa mencoba beberapa cara di atas agar anda bisa menyesuaikan kenyamanan mata anda.

Originally posted 2022-01-22 23:03:14.