Mengenal Istilah Mining dan Cara untuk Memanfaatkannya

Perkembangan teknologi digital semakin masif, begitu juga peran manusianya, saat ini berkembang miner dengan aktivitasnya berupa mining. Istilah tersebut terdengar aneh, karena identik dengan pertambangan dan alat – alat berat untuk mendapatkan keuntungan.

Namun istilah tersebut menjadi sangat populer, terutama setelah berkembangnya berbagai jenis mata uang digital, seperti bitcoin, Binance, Doge coin, dan berbagai jenis lainnya. Popularitasnya tidak terlepas dari perkembangan nilai mata uang digital tersebut.

Dalam sepuluh tahun semenjak berkembangnya mata uang digital pertama kali, nilainya meningkat drastis. Nilai tersebut diprediksi masih akan terus naik bahkan masih jauh dari puncaknya. Faktor kenaikan nilai tersebut membuatnya menjadi semakin populer.

Cara Kerja Mining yang Jarang Dipahami Oleh Miners

Salah satu perhatian miners adalah mampu mendapatkan aset kriptonya secara efektif dan efisien, dengan harapan memperoleh banyak sekali koin kripto sebagai bentuk investasinya di masa yang akan datang. Namun belum banyak yang mengetahui cara kerjanya.

Miners biasanya akan mempersiapkan perangkat komputer yang sangat canggih, kemudian membiarkannya beroperasi sesuai dengan durasi mining. Sama seperti pertambangan pada umumnya, hasil akhirnya adalah mendapatkan sumber daya.

1.      Menjadi Salah Satu Media Pencatatan Transaksi Kripto

Salah satu penyebab berkembangnya kripto adalah pandangan ketika transaksi melibatkan pihak ketiga sistemnya menjadi kurang efisien. Berdasarkan pandangan demikian berkembanglah berbagai metode, salah satunya adalah blockchain.

Namun tetap saja harus ada verifikator dan pencatatan, sehingga segala transaksinya bisa aman, transparan, serta terdokumentasi. Di sinilah peran orang – orang, yaitu menjadi verifikator dan memastikan catatannya tetap valid.

Seiring berkembangnya waktu, semakin banyak transaksinya, memerlukan banyak sekali kegiatan mining agar menjaga transaksinya tetap tercatat dengan baik.

Rekomendasi :   Cаrа Mеlасаk HP Hіlаng Lewat Whаtѕарр Terbaru [MUDAH BANGET!]

2.      Mengembangkan Jaringan Blockchain

Transaksi – transaksi yang sudah terverifikasi harus dikembalikan lagi ke jaringan blockchainnya, sehingga nantinya akan terbentuk catatan valid dan saling terhubung. Melalui metode ini tidak memungkinkan terjadinya kecurangan atau peretasan.

Semakin banyak transaksi, maka semakin banyak juga block yang akan terbentuk, karenanya miners memiliki peranan penting agar menjaga block ini tetap stabil. Namun efeknya adalah sumber daya yang digunakan untuknya juga semakin besar.

3.      Mendapatkan Reward Atas Kegiatan Pertambangan

Tujuan akhir dari kegiatan mining crypto adalah mendapatkan aset kriptonya, namun sebagaimana pertambangan di dunia nyata, semakin banyak mineral yang telah disedot, maka semakin sulit juga mendapatkan hasil penambangannya.

Karena itu berdasarkan studi jumlah kripto yang bisa dimining selalu mengalami penurunan, besarnya bisa mencapai 50%. Belum lagi sumber dayanya juga sangat besar, namun tidak mengurangi daya tarik untuk melakukan kegiatan tersebut.

3 Cara Melakukan Mining yang Bisa Jadi Alternatif

Tertarik ingin memiliki aset digital ini? Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar bisa menjadi seorang miners. Mulai dari cara paling hemat hingga cara paling sulit, berikut informasi lengkapnya.

1.      Manual

Cara pertama ini merupakan metode awal untuk melakukan penambangan, yaitu memanfaatkan komputer pribadi untuk melakukan pencatatan. Namun seiring bertambah banyaknya transaksi, sekarang tidak cukup menggunakan perangkat biasa.

Perlu perangkat khusus yang dapat menangani berbagai proses besar sekaligus serta VGA card yang mumpuni. Sehingga apabila ingin menambang secara manual harus memiliki modal besar. Belum terhitung juga biaya listriknya, tetapi hasilnya tetap maksimal.

2.      Pool

Serupa dengan manual, kamu juga harus menambang menggunakan perangkat pribadi, tetapi tidak harus memiliki spesifikasi sebesar manual. Caranya adalah bergabung ke penyedia layanan pool (kolam pertambangan), nantinya akan menambang melalui kolam tersebut.

Rekomendasi :   2 Opsi Cara Menggabungkan Foto di Hp Tanpa Ribet

Kelemahannya adalah dalam satu kolam bisa jadi banyak sekali penambangnya, karenanya hasil tambangnya juga harus dibagi rata. Hasilnya tentu lebih sedikit dibandingkan ketika manual, namun costnya lebih rendah.

3.      Cloud

Alternatif berikutnya adalah cloud mining, konsep lama tetapi baru populer akhir – akhir ini. Alternatif ini pada dasarnya adalah fasilitas dari sebuah perusahaan tertentu yang memiliki perlengkapan mumpuni dan menyewakannya pada orang – orang untuk kegiatannya.

Sistemnya kamu tinggal membayar biaya sewa saja (sesuai dengan paket atau durasi), setelah itu tinggal melihat pertumbuhannya. Namun perlu diketahui bahwa aktivitas ini belum tentu mendapatkan hasil sesuai prediksi, mengingat harganya selalu fluktuatif.

Perkembangan teknologi digital memiliki peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan manusia. Salah satunya adalah perkembangan teknologi kripto, yang cara mendapatkannya adalah melalui aktivitas mining.

Originally posted 2022-03-04 11:10:59.