Mengenal Lebih Jauh Digital Currency Beserta Fungsinya

Perkembangan teknologi keuangan mulai merambah ke dunia digital, salah satunya mulai bermunculan berbagai jenis digital currency. Kemunculan tersebut berawal dari kegelisahan bahwa ketika transaksi menggunakan pihak ke tiga, prosesnya bisa panjang dan kurang efisien.

Selain itu adanya faktor manusia meningkatkan terjadinya risiko kesalahan pada berbagai hal, karenanya muncul ide bagaimana memangkas sistem tersebut. Sehingga transaksi dapat berjalan secara langsung tanpa ada perantara, namun harus dipastikan bahwa transaksinya aman.

Saat ini berkembang lebih dari 1000 jenis koin atau mata uang digital, jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya minat terhadap mata uang digital ini. Beberapa bentuk token digital juga sudah berkembang, seperti NFT.

Fungsi Digital Currency yang Perlu Diketahui

Perkembangan dan minat masyarakat tinggi terhadapnya tidak terlepas dari fungsinya saat ini dan harapannya ke depan. Meskipun belum bisa menggantikan posisi mata uang seperti saat ini, tetapi ke depan banyak orang percaya bahwa sistem ini akan membawa perubahan positif.

1.      Sebagai Alat Tukar

Tujuan utama setiap currency adalah menjadi alat tukar sah, contohnya ketika membeli kopi kamu memberikan uang 100.000 rupiah kepada tokonya. Begitu juga ketika dengan digital currency, nantinya dapat menyubstitusi penggunaan uang seperti rupiah.

Saat ini fungsi tersebut masih belum banyak berkembang, karena sifatnya masih awal serta belum banyak terdistribusi. Selain itu masih belum banyak juga yang mengerti nilai dan memiliki dompet penyimpanannya, sehingga masih belum efektif sebagai alat tukar.

Namun berbagai fitur – fitur seperti transaksi, pemindahan kepemilikan satu dengan lainnya, atau perkembangan dari NFT mulai menunjukkan arah bahwa ke depan fungsi alat tukar akan semakin nyata. Harapannya transaksi menjadi lebih murah dan efisien.

Rekomendasi :   Cara Laptop Tidak Lemot Yang Harus Anda Tahu!

2.      Media Investasi

Saat ini kebanyakan masih menggunakannya sebagai media investasi, coba menengok kembali satu dekade ke belakang, nilai dari digital currency bitcoin misalnya. Hanya dari beberapa ratus ribu kini bisa menjadi jutaan rupiah, menunjukkan kenaikan yang sangat tinggi.

Kenaikan ekstrem tersebut membuat orang semakin gencar untuk memilikinya, terlebih kenaikan ini dinilai belum mencapai puncak maksimalnya. Sehingga tidak sedikit orang mengumpulkannya dengan harapan ke depan bisa memperoleh keuntungan lebih besar lagi.

3.      Mining

Fungsi digital currency lainnya adalah sebagai media mining, pada dasarnya adalah aktivitas mengolah data transaksi dengan imbalan koin kirpto kepada kontributor. Ini merupakan cara untuk menjaga sistemnya tetap aman, valid, dan bebas dari serangan hacker.

Ini menjadi salah saru cara alternatif untuk mendapatkan koin kripto pada umumnya, yaitu melalui aktivitas perdagangan atau trading. Namun sumber daya yang dikeluarkan juga cukup besar, sehingga harus benar – benar siap.

Digital Currency Sebagai Instrumen Investasi, Bagaimana Caranya?

Melihat perkembangan harga semakin tinggi, membuat banyak orang semakin tertarik untuk berinvestasi padanya. Sekarang terdapat berbagai platform yang memudahkan orang – orang agar bisa berinvestasi pada mata uang digital ini, namun pertimbangkan beberapa hal berikut.

1.      Memilih Platform yang Cocok

Banyaknya platform mengharuskan kamu agar jeli ketika memilihnya, pelajari berbagai ketentuannya, mulai dari cara transaksi, biaya jual beli, dan lain sebagainya. Termasuk untuk mengamankan kegiatan investasinya pastikan telah memiliki izin.

Cobalah melihat review dari berbagai pihak, review tersebut membantu kamu memutuskan apakah platformnya termasuk yang terpercaya atau tidak. Dalam menilai usahakan netral, sehingga bisa menilai secara obyektif, tidak terjebak komentar profokatif.

2.      Lakukan Analisis

Rekomendasi :   Cara Melacak HP dengan Email Mudah dan Akurat

Analisis diperlukan agar setiap keputusan tidak mudah terbawa arus saja, mengingat sudah banyak cryptocurrency yang berkembang. Pilihlah crypto currency yang memiliki prospek bagus ke depannya, sehingga potensi keuntungan bisa maksimal.

Analisis fundamental dan teknikal biasanya diperlukan agar bisa membantu melihat pergerakan. Namun jangan heran apabila analisisnya meleset, mengingat aset satu ini sangat dipengaruhi oleh sentimen, bahkan cuitan sosial media bisa mempengaruhi harganya secara drastis.

3.      Siapkan Perangkat Mumpuni

Langkah terakhir adalah menggunakan komputer berspesifikasi tinggi, mulailah melakukan mining, baik manual, pool, atau cloud. Melalui metode tersebut bisa menghemat pengeluaran dibandingkan ketika membeli koinnya secara trading.

Teknologi digital dan informasi semakin berkembang, terutama di bidang ekonomi dan finansial. Berkembangnya digital currency merupakan contoh perkembangannya, diharapkan mampu membuat transaksi ekonomi menjadi semakin efektif, transparan, dan cepat.

Originally posted 2022-03-05 11:14:26.