Cara Mengobati Flu Menggunakan Bahan Alami dan Herbal

Bagaimana cara mengobati flu menggunakan bahan-bahan alami dan herbal? Tentunya setiap orang ingin menyembuhkan penyakit satu ini dengan cepat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

HRV atau Human rhinovirus dikenal sebagai kelompok virus pada umumnya menyebabkan batuk pilek. Virus tersebut tidak hanya menjadi penyebab flu melainkan beberapa diantaranya adenovirus, human parainfluenza virus atau HPIV.

Virus penyebab flu biasanya masuk ke dalam tubuh manusia melalui mata, hidung atau mulut. Sehingga virus ini menyebabkan flu cepat masuk ke dalam tubuh sebelum penderitanya merasakan gejala.

Penyebab penyakit flu dan pilek pada manusia yang paling umum adalah terkena percikan liur penderita. Penularan melalui udara lebih cepat terjadi apabila kamu berada diantaranya penderita flu dan pilek.

Tubuh secara tidak sengaja menghirup udara yang sudah tercampur dengan virus penyebab batuk dan pilek. Selain itu faktor penyebabnya juga bisa terjadi ketika kamu menyentuh permukaan benda yang sudah terkontaminasi.

Setelah menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut karena penderita memegang hidung, mulut atau alat indera tanpa disengaja.

Terdapat beberapa cara dapat dilakukan agar penyakit jenis ini bisa reda dan sembuh. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang mudah didapat di sekitar rumah.

Cara Mengobati Flu dengan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur mudah di temukan dan tentu setiap dapur rumah memilikinya. Namun siapa sangka bumbu dapur satu ini bisa menjadi obat penyembuh flu dan pilek secara alami.

Bawang putih mempunyai kandungan sangat efektif untuk meredakan gejala flu. Seperti salah satunya kandungan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat virus penyebab flu.

Tidak hanya itu saja bawang putih juga ampuh untuk mengatasi batuk yang merupakan gejala flu. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam bawang putih juga efektif meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan tersebut ikut berperan dalam membasmi kuman atau jamur yang menyebabkan flu pada tubuh. Pada saat tubuh sakit tentunya sistem kekebalannya ikut menurun sehingga penderita membutuhkan asupan vitamin yang tepat.

Cara mengobati flu menggunakan bawang putih bisa dilakukan dengan berbagai langkah. Satu diantaranya dengan mengunyah bumbu dapur tersebut untuk mengatasi gejala flu yang menyerang tubuh.

Rekomendasi :   Mencermati Jenis Penyakit Kulit yang Menyerang Manusia

Memang bawang putih mempunyai rasa dan bau khas yang terkadang membuat aromanya menyengat. Oleh sebab itu, banyak orang merasa tidak tahan dengan aroma menyengat dari bawang putih.

Jangan khawatir karena selain mengunyahnya kamu bisa menggunakan langkah lain yang lebih mudah. Tujuannya agar aroma menyengat di dalam bawang putih dapat diminimalisir saat dikonsumsi.

Cara ini paling banyak dan sering dilakukan adalah mencampur irisan bawang putih ke dalam masakan. Misalnya seperti mencampur irisan bawang putih ke dalam menu masakan tumis.

Tentunya agar langkah pengobatan tersebut memberikan hasil sebaiknya lakukan dengan konsistensi. Kamu juga dapat mengobatinya dengan menghirup uap air panas yang sudah dicampur dengan irisan bawang putih.

Cara Mengobati Flu dengan Madu

Mengatasi gejala flu juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yaitu madu. Bahan alami tersebut mudah didapat dan tidak menimbulkan efek samping apabila digunakan sebagai obat gejala flu.

Madu adalah bahan herbal yang didapat dari ternak lebah dan diproses menggunakan cara tradisional atau modern. Berikut adalah kandungan yang terdapat di dalam bahan herbal madu:

Madu Mengandung Mineral Alami untuk Tubuh

Madu mempunyai kandungan mineral alami sangat efektif untuk membantu meredakan gejala flu. Kandungan mineral di dalam madu mampu menjaga metabolisme tubuh pada saat seseorang terkena flu.

Madu Mengandung Vitamin Alami

Cara mengobati flu menggunakan madu adalah langkah yang tepat dan aman. Hal ini karena madu mengandung vitamin seperti B6, niasin, asam pantotenat, dan riboflavin yang bermanfaat menjaga daya tahan tubuh.

Madu Mengandung Zat Aktioksidan Tinggi

Bahan alami madu rupanya memiliki kandungan zat antioksidan tinggi berupa flavonoid dan asam fenolik. Keduanya merupakan sumber antioksidan alami yang bermanfaat meredakan flu dan gejala lainnya.

Cara mengatasi gejala flu menggunakan madu sangat mudah dilakukan oleh setiap orang. Agar gejala batuk dan flu cepat reda sebaiknya minum dua sendok madu setiap hari.

Selain dengan rutin mengonsumsinya kamu juga dapat mencampurkan madu ke dalam minuman. Misalnya seperti teh, jahe atau susu hangat agar tubuh mendapatkan perlindungan dari dalam.

Cara Mengobati Flu dengan Jahe

Jahe merupakan empon-empon yang sudah sering ditemukan tumbuh di sekitar pekarangan rumah. Jahe mudah tumbuh di dataran Indonesia sehingga kamu tidak perlu repot mencari empon-empon yang satu ini.

Rekomendasi :   Perbedaan Telat Haid dengan Hamil yang Wajib Wanita Ketahui

Salah satu kandungan yang ada pada jahe adalah phenolic. Kandungan yang satu ini bermanfaat meredakan gejala iritasi di sistem pencernaan akibat gejala batuk dan flu.

Selain meredakan iritasi rupanya jahe juga bermanfaat mencegah adanya kontraksi pada perut. Sehingga perut yang tadinya sakit akibat batuk-batuk lantaran flu bisa rileks dan tenang.

Cara mengobati flu dengan jahe sudah umum dilakukan oleh banyak orang. Hal ini lantaran jahe mengandung minyak atsiri yang efektif meredakan batuk, pilek dan flu.

Jahe juga kaya dengan kandungan zingeron terutama pada jenis yang berwarna merah. Kandungan zingeron mampu mencegah terjadinya inflamasi pada usus yang memicu peradangan pada pencernaan.

Zingeron juga bermanfaat mengurangi iritasi pada tenggorokan yang diakibatkan oleh flu dan batuk. Kandungan tersebut juga disempurnakan dengan zat gingerol yang terdapat pada jahe merah.

Hal inilah yang menyebabkan rasa dan aroma jahe pedas dan menyengat. Zat gingerol dalam jahe efektif membuat tubuh tetap hangat selama terserang flu, batuk, dan pilek.

Cara meredakan gejala flu menggunakan jahe bisa diterapkan dengan membuat minuman hangat. Iris jahe tipis-tipis atau grepek kemudian seduh menggunakan air panas dan satu sendok madu.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya lakukan langkah tersebut dengan teratur setiap hari. Kamu juga mengombinasikan ramuan herbal tersebut menggunakan bahan lain agar flu reda.

Cara Mengobati Flu dengan Teh

Langkah lain yang bisa kamu lakukan agar meredakan dan mengobati flu yaitu memanfaatkan teh. Minuman teh hangat tentunya sudah tidak asing bagi banyak orang di Indonesia.

Minuman hangat yang terbuat dari teh umumnya dijual dengan harga yang murah meriah. Selain membelinya kamu dapat menyeduh hangat di rumah hanya dengan berbekal gula, air hangat dan teh.

Cara mengobati flu dengan teh yaitu menyeduhnya menggunakan air hangat. Kamu dapat mengombinasikan teh hangat dengan campuran bahan herbal seperti jahe, madu, dan minuman hangat lainnya.

Teh mengandung kandungan antioksidan tinggi sehingga membantu meredakan flu, batuk dan pilek. Di sisi lain daun teh adalah herbal alami yang efektif membantu menenangkan tubuh saat terkena batuk dan pilek.

Berbagai langkah pengobatan herbal di atas akan menghasilkan manfaat yang maksimal apabila dilakukan dengan konsisten. Jadi, tidak ada salahnya menerapkan cara mengobati flu dengan bahan alami dan herbal secara rutin.

Originally posted 2022-03-07 11:17:05.