Mengatasi Gatal pada Anak Menggunakan Langkah Sederhana

Mengatasi gatal pada anak tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaliknya untuk mengatasinya kamu bisa melakukan langkah-langkah sederhana namun aman bagi si kecil.

Penyakit gatal secara umum dapat menyerang setiap orang termasuk anak-anak yang masih berusia dini. Rasa gatal yang dirasakan oleh setiap penderitanya juga berbeda-beda tergantung letaknya.

Beberapa orang merasa gatal pada bagian tenggorokan dikarenakan radang. Sebagian orang lainnya merasakan gatal di kulit lehar, tangan, tubuh, kepala, kaki dan beberapa bagian lainnya.

Karena lokasinya berbeda tentunya faktor penyebabnya juga bervariasi pada setiap orang. Namun yang paling umum terjadi pada anak usia dini adalah gatal di kulit hingga menimbulkan bercak merah.

Bagaimana mengobati gatal pada anak tanpa harus mengeluarkan biaya mahal? Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan agar rasa gatal yang dirasakan oleh anak berkurang dan menghilang.

Sebenarnya setiap orang tua dapat mengambil langkah jitu untuk menyembuhkan gatal-gatal yang menyerang anak. Kuncinya adalah telaten dan tidak gegabah saat menangani permasalahan gatal-gatal pada kulit buah hati.

Mengatasi Gatal pada Anak dengan Langkah Sederhana

Meredakan rasa gatal yang menyerang anak-anak dapat diatasi dengan beberapa langkah. Berikut adalah langkah yang bisa kamu lakukan agar rasa gatal tersebut cepat reda dan menghilang.

Gatal yang diakibatkan oleh kulit kering

Gatal yang diakibatkan oleh kulit kering biasanya akan meninggalkan bekas seperti kulit pecah dan kasar. Permasalahan ini lebih sering dialami anak di bagian kaki, tangan, bibir dan kulit tubuh lainnya.

Rekomendasi :   Berkeliling Dataran Tinggi Penurunan Berat Badan

Mengatasi gatal pada anak bisa dilakukan dengan menggunakan krim pelembab setelah si kecil selesai mandi. Sebaiknya mandikan si kecil hingga batas waktu 5 sampai 10 menit saja menggunakan air hangat.

Gatal yang diakibatkan gigitan serangga

Penyebab gatal yang bisa terjadi pada anak adalah gigitan serangga. Beberapa jenis serangga yang dapat menyebabkan gigitan gatal seperti nyamuk, tungau, kutu, lebah dan tawon.

Mengatasi gatal pada anak yang terkena gigitan serangga sebenarnya sangat mudah. Cobalah untuk mencuci area kulit yang terkena gigitan serangga agar racun atau bakterinya hilang.

Setelah itu oleskan krim pelembab khusus anak agar kulit terasa dingin. Apabila masih gatal cobalah untuk mengompres bagian yang bengkak dan gatal menggunakan air dingin.

Gatal yang diakibatkan oleh Dermatitis Eczema

Bagaimana jika anak merasa gatal yang disebabkan oleh Dermatitis Eczema? Gejala kulit yang satu ini dialami anak saat kulit terlihat memerah dan bagian lainnya seperti bercak bersisik.

Jika dibiarkan buah hati akan merasakan rasa gatal yang luar biasa dan sensitif. Penyebab alergi gatal-gatal tersebut biasanya mengarah pada bakteri atau kuman, makanan, produk perawatan kulit dan sinar matahari.

Mengobati gatal secara alami dapat dilakukan dengan mengompres areanya dengan menggunakan air dingin. Selain itu kamu juga bisa mengolesi area gatal menggunakan salep atau krim.

Tips Jika Gatal Tidak Kunjung Reda

Beberapa langkah di atas bisa dijadikan sebagai antisipasi awal dalam mengobati gatal pada buah hati. Namun bagaimana jika gatal yang dirasakan tidak kunjung sembuh setelah melakukan langkah sederhana di atas?

Gatal yang dirasakan anak terkadang tidak akan cepat reda setelah diobati menggunakan bahan alami. Hal ini lantaran ada beberapa penyebab yang menjadikan gatal tidak kunjung reda.

Rekomendasi :   Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Kebutuhan Nutrisinya

Gatal akan tetap terasa apabila penyebabnya tidak kunjung dideteksi. Misalnya seperti gatal yang diakibatkan oleh alergi cuaca atau makanan yang tidak sengaja tertelan oleh buah hati.

Kondisi tersebut akan memunculkan ruam merah di sekitar kulit tubuh. Dalam kondisi yang demikian jika pengobatan menggunakan langkah sederhana kurang manjur sebaiknya anak dibawa ke dokter.

Tujuannya agar kamu bisa mengetahui penyebab pasti dari rasa gatal yang tidak kunjung sembuh pada anak. Tidak hanya itu gatal juga bisa terjadi akibat penyakit turunan dari orang tua.

Dokter akan memberikan beberapa diagnosa penyebab rasa gatal yang menyerang pada anak. Jika penyebabnya karena faktor turunan orang tua bisa lebih cepat melakukan antisipasi sejak dini.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar rasa gatal pada buah hati cepat mereda. Mengatasi gatal pada anak harus dilakukan secara rutin sehingga kondisi buah hati berangsur membaik.

Originally posted 2022-03-09 11:19:14.