Mengenal Penyakit Maag Akut, Gejala dan Penyebabnya

Tanpa disadari setiap orang dapat terserang penyakit maag akut. Terlebih penyakit yang satu ini berhubungan erat dengan kondisi organ dalam seperti lambung dan sistem pencernaan tubuh.

Pernahkah kamu merasakan sakit yang luar biasa pada bagian perut dan lambung? Tahukah hal tersebut bisa jadi tanda-tanda tubuh kamu sedang terserang maag yang sudah akut.

Sayangnya banyak orang yang masih menganggap maag adalah penyakit yang ringan. Padahal maag bisa dikategorikan penyakit yang berat yang sifatnya bukan berdiri sendiri melainkan penumpukan beberapa gejala.

Penyakit maag akut terjadi karena adanya penumpukan gejala penyakit tertentu yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Misalnya seperti masalah radang lambung atau gastritis dan refluks asam lambung.

Dua gejala penyakit lainnya yang menyebabkan adanya maag tingkat akut yaitu tukak lambung dan sindrom iritasi usus besar atau IBS. Maag yang sudah mulai akut tidak boleh disepelekan karena bisa memperparah kesehatan.

Agar maag tidak membuat kesehatan semakin parah tidak ada salahnya mengetahui penyebab dan gejalanya sejak dini. Dengan begitu kamu bisa mendeteksi gejala maag dan lebih cepat menanganinya.

Ragam Gejala Penyakit Maag Akut

Maag adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang setiap orang kapan saja tanpa disadari oleh penderitanya. Berikut adalah beberapa gejala seseorang yang menderita penyakit kronis maag:

Sering merasakan muntah dan mual

Gejala pertama saat orang sedang terkena maag adalah merasakan mual dan muntah. Penderita maag akan merasakan mual terlebih dahulu kemudian disusul dengan rasa ingin muntah.

Rekomendasi :   Mengatasi Gatal pada Anak Menggunakan Langkah Sederhana

Umumnya penderita akan merasa lega setelah mengeluarkan isi perut atau pada saat muntah. Ciri-ciri tersebut juga bisa muncul pada saat seseorang merasa mengonsumsi porsi makan yang terlalu banyak.

Padahal porsi makan tersebut merupakan kebutuhan harian yang biasanya disantap oleh penderita. Ciri-ciri penyakit maag akut tersebut muncul seolah-olah porsi makanan terlalu banyak dari biasanya.

Merasakan nyeri pada bagian perut

Merasakan nyeri pada bagian perut adalah gejala utama seseorang menderita maag kronis. Rasa sakit tidak hanya terasa pada perut bagian tengah saja melainkan hampir keseluruhan.

Penyakit maag akut dengan rasa sakit dan nyeri pada perut diakibatkan oleh adanya peningkatan produksi asam lambung di dalam tubuh. Akibatnya jumlah asam meningkat dan memenuhi seluruh bagian perut.

Apabila perut sudah penuh biasanya penderita maag akan mengeluh kesakitan lantaran nyeri. Namun dalam kondisi yang demikian umumnya rasa perih pada masing-masing orang berbeda-beda intensitasnya.

Sebagian orang mengalami rasa sakit yang sangat akut sehingga tidak dapat berdiri dengan tegap. Sebagian lainnya hanya merasakan sakit perut yang ringan atau sedang sehingga masih bisa beraktivitas.

Perut terasa kembung secara terus-menerus

Kembung secara terus-menerus juga menjadi salah satu gejala adanya maag akut pada perut. Kembung gejala maag disembabkan oleh penumpukan asam yang mengganggu sistem pencernaan tubuh.

Penyebab Penyakit Maag Akut yang Jarang Disadari

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit akut maag. Misalnya gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat sehingga membuat kesehatan tubuh menjadi mudah terganggu.

Gaya hidup yang tidak sehat misalnya sering melupakan waktu sarapan, makan pagi atau makan malam. Makan yang tidak teratur biasanya menjadi penyebab seseorang terkena penyakit tersebut.

Rekomendasi :   5 Tips Untuk Lebih Banyak Kolam Renang Menyenangkan

Perut yang biasa mendapat asupan makanan setiap hari kemudian tiba-tiba terasa kosong bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karena itu sebaiknya kamu tidak melewatkan sarapan pagi agar tidak terserang penyakit berbahaya.

Penyebab penyakit maag akut lainnya adalah melakukan diet secara berlebihan. Biasanya orang melakukan program diet ketat untuk menurunkan berat badan sehingga tubuh terlihat proporsional dan menarik.

Sayangnya program diet ketat yang dilakukan tanpa adanya pertimbangan dan asupan gizi justru membuat perut tidak sehat. Hal tersebut dikarenakan kamu telah melewatkan waktu makan pagi.

Padahal makan pagi sangat penting untuk sistem pencernaan tubuh. Sarapan di pagi hari juga bermanfaat memberikan energi pada saat bekerja sehingga tubuh tidak lemas dan lesu.

Jadi, untuk mencegah maag lebih parah tidak ada salahnya setiap orang memerhatikan gejala yang muncul. Bahkan setiap penyebab terjadinya penyakit maag akut harus diperhatikan agar bisa dihindari.

Originally posted 2022-03-10 11:21:12.