5 Software Desain yang Cocok Untuk Latihan Pemula : Bisa Gratis

Desain grafis bisa dibilang menjadi bidang yang paling banyak dicari saat ini. Apalagi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kini bentuk komunikasi visual dari desain grafis sangat diperlukan dan menjadi kebutuhan penting bagi banyak perusahaan. Banyak orang yang ingin mulai mempelajari desain grafis tapi bingung harus menggunakan software desain apa.

Karena memang kebanyakan software yang ditujukan untuk desain memiliki fitur dan fungsi yang ditujukan untuk mempermudah para professional. Tidak heran, jika banyak pemula yang merasa kesulitan menggunakannya. Karena itu dalam artikel kali ini akan dibahas software apa saja yang cocok untuk para pemula yang ingin belajar desain. Berikut ini adalah ulasannya.

  1. GIMP 

GIMP bisa menjadi alternatif software untuk belajar desain yang pertama, nih. Banyak orang yang menggunakan GIMP sebagai pengganti Adobe Photoshop. Sering juga GIMP digunakan sebagai tahap belajar bagi pemula sebelum menggunakan Adobe Photoshop atau software yang lebih professional lainnya. Apalagi GIMP termasuk software desain gratis yang mudah didapatkan.

GIMP memang punya tampilan dan interface yang memiliki banyak kemiripan dengan Adobe Photoshop. Jadi pas banget buat pemula yang untuk membiasakan diri sebelum ke software yang lebih rumit dan sulit. Selain itu kelebihan dari GIMP ini adalah tampilannya yang cerah dan terasa modern.

  1. Inkscape 

Software desain lain yang bisa menjadi alternatif dalam pembuat vektor dan desain grafis adalah software Inkscape. Kelebihan dari software satu ini adalah interfacenya yang sederhana dibandingkan dengan rata-rata tampilan software untuk desain yang sering digunakan. Walaupun tampilannya dinilai lebih sederhana bukan berarti fitur dari Inkspace ini terbatas, loh.

Rekomendasi :   Malware Remover vs Software Antivirus, Apa Bedanya?

Software Inkspace ini ternyata sudah dirancang agar memudahkan para pemula dalam menggunakan dan memahami cara kerjanya. Namun sekaligus memungkinkan para profesional untuk menggunakan Inkspace karena fitur yang lengkap dan hasil yang rapi.

  1. InDesign 

Nah, untuk kawan-kawan yang ingin belajar desain dengan software desain adobe tapi khawatir karena cara menggunakannya yang susah. In Design bisa menjadi jawaban dan solusi yang tepat. InDesign juga merupakan salah satu software diperuntukan desain keluaran Adobe. Bedanya dengan software Adobe yang lain InDesign dirancang dengan car kerja yang lebih sederhana sehingga sangat cocok untuk tampilan layout dan mobile.

InDesign juga punya fleksibilitas dalam desain objek sehingga memudahkan para pemula untuk menggunakannya. InDesign sangat cocok untuk membuat desain objek yang simpel seperti majalah online majalah digital dan brosur.

  1. Corel Draw 

Software desain selanjutnya yang cocok untuk pemula adalah Corel Draw, banyak orang berpikir Corel Draw sangat sulit dipelajari dan tidak cocok untuk pemula. Ternyata itu adalah pemikiran yang salah, loh. Ternyata fungsi basic dari Corel Draw ini sebenarnya cukup mudah untuk dipelajari. Apalagi range desain yang bisa dibuat dengan Corel Draw sangatlah luas.

Mulai dari desain yang sederhana bahkan sampai membuat desain produk yang 3D semua itu bisa dilakukan dengan Corel Draw. Sehingga akan lebih menguntungkan dan lebih banyak kemungkinan desain yang bisa diraih dengan mempelajari Corel Draw.

  1. Adobe Illustration

Satu lagi software keluaran Adobe yang cocok untuk para pemula, terutama bagi para pemula yang sedang mencari software desain logo dan ilustrasi. Adobe Illustrator bisa menjadi solusi karena memang fitur dari software keluaran adobe satu ini dikhususkan untuk membuat tipografi, logo, sketsa, dan berbagai macam ilustrasi lainnya.

Rekomendasi :   Kreasikan Kreativitas Kamu, 6 Software Desain yang Layak Kamu Coba

Keuntungan terbesar dari Adobe Illustration ini adalah adanya fitur Touch Type dan Free Transform. Fitur ini bisa membuat desain yang keluar terlihat lebih halus dan sempurna. Adobe Illustrator ini memiliki versi gratisnya juga, loh tapi untuk upgrade ke versi yang premium cukup mahal harganya.

Itulah 5 software desain yang cocok untuk pemula dan bisa digunakan secara gratis juga. Dari 5 software di atas, kamu mau mempelajari desain dengan yang mana dulu, nih?

Originally posted 2022-01-23 23:03:51.