Kreasikan Kreativitas Kamu, 6 Software Desain yang Layak Kamu Coba

Bagi kamu yang baru menekuni dunia desain grafis, tentunya kamu butuh software yang menunjang hasil gambar kamu. Untuk memakai software kamu juga perlu belajar untuk mengedit atau menggambar digital, tapi tenang saja sekarang juga sudah banyak software yang mudah untuk dipahami untuk pemula.

Tidak semua software sama, baik dari fungsi dan tools yang ada. Misalnya kamu ingin software desain rumah 3d, atau benda 3d lainnya, software yang dipergunakan berbeda dengan software untuk mendesain gambar ilustrasi atau vector. Berikut beberapa daftar software desain grafis untuk kamu.

  • CorelDraw 

CorelDraw merupakan salah satu software desain grafis yang paling populer, software ini digunakan untuk mengolah gambar berbasis vector. CorelDraw mempunyai cukup banyak tool, mungkin para pemula akan sedikit kesulitan menggunakan software ini. Umumnya orang biasa menggunakan CorelDraw untuk membuat desain logo, banner, poster, dan desain yang lain.

Kelemahan atau kekurangan dari CorelDraw sendiri adalah belum tersedia bagi pengguna perangkat Mac, menu navigasi yang tidak terlihat, dan cukup sulit untuk digunakan pemula. Namun kamu bisa melihat banyak tutorial yang sudah ada pada software atau di internet.

  • Adobe Illustrator

Fungsi dari Adobe Illustrator tidak jauh berbeda dengan CorelDraw. Adobe Illustrator juga digunakan dalam mengolah gambar vector, sketsa, ataupun tipografi. Kamu bisa membuat karakter kartun, logo, desain untuk pakaian, dan desain lain yang berbasis vector. Sayangnya harga lisensi untuk Adobe Illustrator cukup mahal.

  • Adobe Photoshop

Adobe Photoshop masih satu naungan dengan Adobe Illustrator, Adobe Photoshop juga merupakan salah satu software yang populer selain CorelDraw. Kegunaan dari software ini secara khusus digunakan untuk manipulasi gambar atau lebih untuk mengedit foto, kamu bisa menemukan filter-filter, dan efek yang akan membuat gambar kamu semakin bagus.

Rekomendasi :   5 Software Desain yang Cocok Untuk Latihan Pemula : Bisa Gratis

Namun banyak juga orang yang menjadikan Adobe Photoshop software desain logo, sticker dan yang lain, biasanya juga software juga dipakai untuk finishing sebuah gambar, sebelum menggunakan software ini sebaiknya kamu melihat beberapa tutorial untuk dijadikan referensi agar tidak terlalu kesusahan.

  • Adobe InDesign

Bagi kamu yang ingin membuat brosur, poster, atau majalah, Adobe InDesign merupakan software yang cocok untuk kamu gunakan. Software ini bisa digunakan untuk menciptakan layout biasanya perusahan majalah menggunakan software ini untuk membuat layout konten mereka.

Fitur yang ditawarkan pun juga tidak diragukan lagi, software keluaran Adobe memang sudah terkenal bagus dan canggih, fleksibilitas Adobe InDesign sangat membantu, kamu bisa mengubah ukuran gambar untuk dapat drag and drop gambar pada layer dengan cukup mudah.

  • Inkscape

Inkscape merupakan software desain berbasis vector seperti CorelDraw, dan Adobe Photoshop. Tampilan dari Inkscape juga tergolong sederhana, Inkscape bersifat open source jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli lisensi alias gratis.

Inkscape juga tidak memerlukan system requirement yang tinggi, karena software ini tergolong ringan performa yang diberikan software ini juga tidak secanggih Adobe Photoshop maupun CorelDraw.

  • AutoCad 

Software keluaran Autodesk ini adalah software yang biasanya digunakan oleh anak teknik untuk mendesain benda 3d, ataupun bisa digunakan sebagai software desain rumah autocad, anda juga membutuhkan penyimpanan yang cukup besar untuk mengoperasikannya, penggunaan software ini juga cukup rumit untuk pemula.

Demikian daftar software desain yang bisa kamu pilih untuk kamu pelajari dan gunakan, setiap software memerlukan pemahaman untuk menggunakannya. Tunggu apalagi buruan install software pilihan kamu, sekian terimakasih.

Originally posted 2022-01-24 23:04:33.