Mengetahui Link Bantuan Dana Sosial Modal Usaha Kemensos.go.id, Cek Nama Anda !!!

[maxbutton id=”1″ ]

[the_ad id=”991″]

PortalYK – Saat ini ada banyak sekali oknum – oknum menawarkan link bansos kemensos go id palsu, selain meresahkan juga berbahaya bagi banyak orang. Biasanya link tersebut tersebar melalui pesan berantai yang memiliki nama domain serupa dengan aslinya.

Salah satu bahaya ketika mengeklik tautan palsu tersebut adalah adanya potensi serangan virus atau phising. Pelaku bisa saja mengambil data – data penting, kemudian menyalahgunakannya untuk keperluan yang tidak baik, akibatnya merugikan banyak orang.

Karenanya sebagai seseorang yang melek dengan media digital, harus lebih berhati – hati kembali ketika menerima pesan berupa informasi tautan tentang bansos. Karena Kemensos sudah berkali – kali menghimbau bahwa hanya percaya informasi dari situs resmi saja.

Link Bantuan Sosial Kemensos go id yang Asli

[maxbutton id=”1″ ]

Tautan aslinya sendiri dapat dilihat dari dua cara, pertama adalah melalui laman DTKS sebagai pusat data terpadu terkait dengan kesejahteraan sosial, atau mencarinya melalui laman kemensos langsung. Dari dua jalur itu, nanti akan muncul link cek bansosnya.

Melalui kedua jalur tersebut tautan resmi untuk memeriksa apakah menjadi penerima manfaat atau tidak adalah melalui cekbansos.kemensos.go.id. Dalam tautan tersebut akan terpampang logo DTKS pada bagian ujung kiri atas dan form pencarian pada bagian bawahnya.

Untuk memeriksa apakah Anda termasuk sebagai keluarga penerima manfaat atau bukan, sederhana, tinggal mengisi seluruh informasi tersebut secara menyeluruh. Mulai dari informasi provinsi tempat tinggal, kota/kabupaten, kecamatan, dan desa.

Rekomendasi :   Perlukah Asuransi untuk Melindungi Diri dan Masa Depan?

Langkah terakhir adalah memasukkan nama sesuai dengan KTP, kemudian tinggal isi kode capcha di kotak kode. Isikan secara benar, apabila kurang jelas bisa mengeklik tanda ulang pada tulisan capcha. Setelah itu tinggal pilih “cari data”

Sistem akan mencari data berdasarkan informasi pada formulir, apabila ditemukan maka akan memperoleh informasi bahwa Anda adalah penerima bansos. Sedangkan apabila tidak diterima akan muncul notifikasi bahwa data tersebut bukan penerima manfaat.

Link bansos kemensos go id tersebut dapat diakses melalui dua cara, pertama melalui komputer/laptop dengan tampilan dekstop, atau menggunakan ponsel pada browser. Namun apabila ingin menggunakan aplikasi agar lebih simpel, bisa mengunduhnya melalui Google PlayStore.

Sekali lagi perlu diingat bahwa untuk memeriksa kepesertaan program bansos, hanya dapat mengetahuinya melalui tautan itu saja. Apabila ada yang menawarkan tautan atau link lain, harap berhati – hati, karena bisa jadi merupakan salah satu bentuk penipuan.

Mengenali Link Bantuan Dana Sosial Kemensos go id yang Palsu

Selain mengetahui link aslinya, juga harus tahu ciri – ciri link palsu, dengan demikian mampu menjaga Anda dari berbagai potensi yang membahayakan diri maupun lingkungan sekitar. Selain itu bisa menjadi rantai pencegah agar tidak tersebar lebih jauh lagi, berikut cirinya :

1.      Berasal dari Broadcast Tidak Jelas

Ciri paling umum adalah mendapatkan kiriman dari boradcast, tidak jelas asal penerimanya dari siapa. Bahkan pengirimnya terkadang juga menggunakan sistem forward, sehingga sangat sulit melacak pembuat tulisannya.

Salah satu kelemahan media sosial seperti Whatsapp adalah ketika ada informasi forward, penerima tidak tahu asal mula forward tersebut, berbeda dengan telegram. Karenanya pesan semacam ini lebih marak munculnya pada whatsapp.

Rekomendasi :   Mengenal Trading Beserta Keuntungan yang Didapatkannya

2.      Memiliki Nama Domain Berbeda

Ciri paling menonjol adalah nama domainnya berbeda, domain adalah akhiran dari sebuah tautan, misalkan pada link asilnya tadi adalah .go.id, maka bisa jadi link palsu menggunakan domain lain, seperti .co.id, .com. atau sejenisnya, intinya terlihat serupa.

Bisa juga mengirim tautan panjang, supaya orang kesulitan mengidentifikasi apakah tautannya asli atau tidak. Tetapi kembali lagi bahwa link aslinya hanya satu, yaitu pada cekbansos.kemensos.go.id. sehingga apabila mendapatkan kiriman link lainnya,

3.      Ada Ajakan Menyebarluaskan

Ciri terakhir paling nampak adalah adanya ajakan untuk menyebarluaskan informasi tersebut ke berbagai pihak lainnya. Biasanya ajakan dibumbui dengan dorongan emosional, seperti mengangkat kepedulian, saling membantu, dan masih banyak lagi taktiknya.

Tujuan dari orang tidak bertanggungjawab melakukan hal tersebut adalah mendapatkan informasi sebanyak – banyaknya tentang orang yang terjebak. Agar mencegah hal ini terjadi, Anda harus mulai berani mengabaikan pesan semacam ini, apabila ragu, periksalah situs resminya.

Program kesejahteraan sosial seperti bantuan sosial dihadapkan mampu menjadi penggerak ekonomi bagi masyarakat miskin atau rentan miskin. Semua program tersebut terintegrasi dalam satu sistem dan dapat Anda memeriksanya melalu link bansos kemensos go id.

Originally posted 2022-02-02 23:21:26.