Cara Melacak HP dengan Email Mudah dan Akurat

Apabila kehilangan ponsel, kini tidak perlu khawatir lagi, karena ada banyak cara melacak HP dengan email. Sistem pengoperasiannya juga mudah, bahkan beberapa cara tidak harus menginstall aplikasi tertentu, sehingga memudahkan Anda menemukan kembali ponsel yang hilang.

HP sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari – hari, mulai dari berkomunikasi, mencari informasi, bahkan bekerja, semuanya memerlukan HP. Ditambah lagi saat ini ada banyak sekali hal – hal penting tersimpan dalam HP, seperti sandi maupun dompet digital.

Apabila ponselnya hilang, maka ada kemungkinan data – data penting tersebut hilang, bahkan apabila tidak teliti bisa diambil oleh orang – orang tidak bertanggung jawab. Bayangkan apabila punya saldo dompet digital banyak tetapi diambil orang, karenanya harus segera mencarinya.

Cara Melacak HP dengan Email Menggunakan Fitur Google Maps

Google maps tidak hanya memiliki fitur menampilkan peta dan navigasi saja, tetapi juga memiliki fasilitas untuk melacak dan membagikan lokasi. Ini sangat berguna agar Anda bisa menemukan dan mencari perangkat apabila ketinggalan atau hilang.

1.      Menggunakan Fitur Share

Apabila ingin menggunakan fitur ini, langkah pertama adalah melakukan pengaturan atau setting pada maps-nya. Pilih menu “berbagi lokasi”, pastikan maps bisa mengakses kontak, kemudian pilihlah waktu ingin berbaginya, bisa 1 jam atau hingga dinonaktifkan.

Selama fitur tersebut nyala, lokasi ponselnya dapat terlihat secara realtime oleh orang lain yang Anda percayai. Dengan demikian, apabila terjadi hal tidak diinginkan, seperti ponselnya hilang, bisa dengan mudah menemukannya.

2.      Menggunakan Fitur Kronologis

Google secara otomatis akan menyimpan data – data perjalanan atau maps Anda, ini membantu agar memudahkan ketika memberikan referensi atau merekomendasikan produk sesuai kebutuhan Anda. Namun fitur ini bisa membantu untuk melakukan pelacakan.

Langkah pertama adalah pastikan pengaturan history lokasi aktif, caranya adalah masuk ke pengelolaan akun (pojok kanan atas). Kemudian masuk ke linimasa (time line). Secara otomatis peta akan menggambarkan arah dan histori perjalanan terakhir.

Rekomendasi :   Cаrа Mеlасаk HP Hіlаng Lewat Whаtѕарр Terbaru [MUDAH BANGET!]

Cara Melacak HP dengan Email Menggunakan Fitur Temukan Perangkat

Selain menggunakan maps bisa juga menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh Gmail, namun untuk menggunakannya ada persyaratan khusus. Pertama adalah pastikan sudah login ke akun gmail dan kedua pastikan HP-nya sedang dalam keadaan menyala.

1.      Login Gmail

Langkah pertama dan paling utama adalah login pada akun gmail yang ada pada ponsel tersebut. Akan lebih mudah apabila loginnya menggunakan laptop atau komputer, karena untuk menggunakan fitur – fiturnya lebih enak bila menggunakan tampilan dekstop.

Setelah berhasil masuk ke akun gmail, selanjutnya tinggal masuk ke pengaturan. Caranya klik titik sembilan pada pojok kanan atas (sebelah informasi akun), kemudian masuk ke tap Keamanan. Skroll ke bawah hingga menemukan informasi perangkat tertaut.

2.      Pilih Opsi Temukan Perangkat

Pada informasi perangkat tertaut, akan ada beberapa informasi terkait jenis perangkatnya, mulai dari ponsel hingga laptop. Pada bagian bawah sendiri akan ada tulisan “cari perangkat yang hilang”, pilih opsi itu dan Anda akan masuk ke menu selanjutnya.

Langkah selanjutnya cara melacak HP dengan email yaitu memastikan perangkat mana yang akan Anda cari. Pilih HP yang telah hilang, kemudian konfirmasi. Halaman akan berpindah ke maps dan berusaha menunjukkan lokasi terakhir atau terkini perangkatnya.

3.      Hasil Akan Tampak

Apabila perangkat telah ditemukan, maka akan muncul informasi seperti kondisi baterai, jenis jaringan saat ini, serta lokasi persisnya. Sebagai bentuk keamanan ada beberapa pilihan tindakan, mulai dari putar suara, kunci perangkat, atau hapus perangkat.

Putar suara berfungsi apabila sudah berada dekat pada titiknya tetapi masih belum bisa menemukannya. Meskipun ponsel tersilent, tetap dapat mengeluarkan dering, setidaknya selama 5 menit. Tetapi apabila berada jauh dari jangkauan, bisa menggunakan opsi kunci perangkat saja.

Cara Melacak HP dengan Email Menggunakan Aplikasi Find MyDevice

Alternatif berikutnya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu Find MyDevice, nantinya tetap menggunakan Email sebagai penghubungnya. Aplikasinya merupakan produk Google, sehingga bentuk atau proses lacaknya tidak jauh berbeda dibandingkan cara sebelumnya.

1.      Install Perangkat dan Login

Karena menggunakan aplikasi tambahan, maka harus memasang aplikasinya terlebih dahulu. Tinggal cari pada Google PlayStore, dengan kata kunci Find My Device. Tunggu hingga pemasangan perangkatnya selesai kemudian jalankan.

Login menggunakan gmail yang sama pada HP tersebut. Pastikan autentifikasi 2 langkahnya tidak aktif atau memiliki metode lain dalam melakukan autentifikasi 2 langkah. Karena apabila ada fitur keamanan tersebut, akan sulit masuk akunnya.

2.      Nyalakan Opsi Find My Device

Setelah berhasil login, tinggal menyalakan saja fitur pencarian, tidak jauh berbeda dengan cara melacak HP dengan Email menggunakan Gmail sebelumnya. Bahkan tampilannya juga sama, akan diarahkan pada maps sesuai lokasi terkini atau terakhir.

Rekomendasi :   Suka Bermain Games? Yuk ketahui manfaat-manfaatnya!

Ketika sistem berhasil menemukan perangkat, akan muncul informasi seperti kondisi baterai terkini (sisa serta kondisinya sedang charge atau tidak), jenis jaringannya, dan titik lokasi terakhirnya. Tinggal memilih hendak melakukan tindakan mana saja.

3.      Tentukan Tindakan Ketika Informasi Ponsel Keluar

Ada tiga tindakan utama, pertama adalah menderingkan ponsel. Ini berfungsi agar mengetahui lokasi pastinya, terlebih apabila sudah mendekati titik lacaknya. Tidak perlu khawatir apabila sudah menggunakan mode senyap, karena dering ini tetap dapat menyala.

Opsi kedua adalah mengunci perangkat, sehingga siapa saja tidak dapat membukanya. Bisa juga menambahkan informasi kontak, jika ada yang menemukannya bisa mengembalikan pada Anda. Ketiga adalah hapus perangkat, konsekuensinya tidak dapat terlacak lagi.

Tips Agar Data Ponsel Tetap Aman Meskipun Hilang

Selain memahami cara melacak HP dengan email, sebagai pengguna smartphone juga harus memiliki fitur keamanan agar data – data dalam ponselnya tidak hilang. Dengan mempersiapkan kedua hal ini, tingkat keamanan perangkatnya menjadi dua kali lebih kuat.

1.      Memiliki Pengunci Layar

Ada baiknya memasang pengunci layar ketika membeli ponsel baru, bisa berbentuk pola, pin, atau biometrik. Namun perlindungan paling kuat biasanya berupa biometrik, karena mengharuskan orangnya langsung agar perangkatnya terbuka.

2.      Sosial Media dan Messanger harus Terkunci

Sosial media dan messanger juga harus terkunci, sehingga tidak hanya layarnya saja. Mengingat sosial media dan messanger memiliki data – data penting, seperti percakapan pribadi, transfer file – file penting, serta privasi orang lain.

Gunakan kunci kombinasi unik atau aplikasi tambahan, akan lebih baik bila menggunakan kombinasi acak, lebih sulit menebaknya. Kunci juga galeri, email, files, sehingga ketika ada orang menemukan perangkat, data penting tetap aman.

3.      Lacak Segera

Perlindungan terbaik adalah segera menerapkan cara melacak HP dengan email. Terdapat tiga metode, pilihlah sesuai dengan cara paling efisien. Apabila ponselnya menyala bisa menggunakan pengaturan Gmail atau aplikasi find my phone.

Apabila ponselnya dalam keadaan mati, bisa menggunakan googlemaps agar bisa melacak histori perjalanannya. Tidak hanya itu bisa juga melihat serta menganalisis aplikasi apa saja yang sudah terbuka, termasuk bila menggunakan koneksi internet.

Ponsel menjadi salah satu barang berharga selain uang dan identitas diri, karenanya harus menjaganya dengan baik. Salah satunya adalah memahami cara melacak HP dengan Email, sehingga ketika ponselnya hilang, cepat menemukannya.

Originally posted 2022-02-04 23:23:08.