Tutorial Unreal Engine 4

Baru! Tutorial Unreal Engine 4 untuk Pemula!

Bagi anda para pecinta game pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi unreal engine, lalu apakah unreal engine tersebut? unreal engine adalah sebuah UDK atau Unreal Development Kit yang didesain untuk membuat game.

Sistem operasi tersebut sudah berevolusi mulai dari seri satu hingga seri lima, pembahasan kali ini adalah mengenai tutorial unreal engine 4. Sebenarnya unreal engine tidak hanya berfungsi sebagai pembuat game saja.

Software engine juga memiliki visualisasi serta simulasi mengenai arsitektur. Jika anda seorang arsitek atau sedang mendalami ilmu arsitek, anda dapat menggunakan sistem operasi ini untuk membuat animasi atau blue print dalam bentuk 3ds Max ataupun maya.

Jika anda seorang pemula dan sedang belajar membuat game, perhatikan tutorial unreal engine 4 berikut ini. Sebelumnya anda harus mempunyai software engine, sistem operasional tersebut kini dapat diunduh secara gratis. Gunakan versi terbaru atau sesuai dengan kebutuhan komputer anda.

Langkah Awal Menggunakan Unreal Engine 4

  • Setelah membuka software unreal engine, klik launching. Tunggu sampai muncul layar ‘New Project’.
  • Klik ‘New Project’.
  • Bagi pemula disarankan untuk menggunakan fitur ‘Blueprint’ karena tidak perlu membaca koding, sedangkan jika anda memilih ‘C++’ dalam pembuatan game banyak ditemukan bahasa koding.
  • Klik first person, kemudian pilih layar untuk komputer jika anda menggunakan PC, pilih layar Mobile jika anda membuat menggunakan ponsel.
  • Klik icon yang berada di sebelah layar untuk meningkatkan kualitas game.
  • Setelah itu berlanjut ke penyimpanan, ketik tempat yang digunakan untuk menyimpan hasil pekerjaan, sertakan nama file agar m,udah dalam mencari. Kolom berada di bawah icon layar.
  • Selanjutnya adalah klik create project.
  • Setelah itu akan muncul ‘lembar kerja’ untuk membuat game.

Tips Membuat Game                                                        

Dalam membuat game pada  tutorial unreal engine 4 tidak hanya membutuhkan keahlian dalam menggunakan software engine, namun juga dibutuhkan kreatifitas serta imajinasi yang out of the box agar game yang dihasilkan menarik. Saat anda hendak membuat game. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat game, seperti:

  • Menentukan karakter game. Karakter memiliki peran penting dalam sebuah permainan, ibarat sebuah cerita tidak akan berjalan tanpa adanya tokoh atau karakter.
  • Menyusun tema game. Hal ini sangat penting karena bertujuan untuk memperjelas bagaimana dan seperti apa game anda akan dimainkan.
  • Membuat tampilan game yang menarik. Dalam software tersebut banyak pilihan tools yang bisa digunakan untuk tampilan game lebih menarik.
  • Beberapa tools yang bisa digunakan adalah visual efek editor, aplikasi ini mampu membuat efek api, asap, salju dan lain sebagainya. Post processinhg effect mampu membuat ambient conclusion, color grading dan juga film effect.

Bagi para pemula yang hendak berkreasi dan membuat game sendiri, cermati beberapa tips di atas. Mudah bukan? Bagi anda yang ingin belajar mengenai tutorial vba exel, bisa di pembahasan selanjutnya! Selamat mencoba!

Originally posted 2022-02-11 23:38:17.