Tutorial Android Studio

Buatlah Aplikasi Android Anda dengan Tutorial Android Studio

Setelah anda mengetahui cara menggunakan unreal engine dan tutorial Vba exel, pembahasan kali ini adalah tentang sistem Android studio. Tutorial sederhana yang ditujukan bagi para pemula

Pengertian android studio adalah Integrated Development Environment yang mengembangkan aplikasi Android secara resmi.  Android studio juga menawarkan berbagai macam keunggulan untuk meningkatkan kinerja dalam membuat aplikasi Android.

Pada dasarnya Android Studio menyajikan file pekerjaan pengguna sebagai tampilan project android. Tampilan ini disusun secara urut agar memberikan akses mudah dan cepat ke sumber file project pengguna.

Bagi anda para pemula yang hendak belajar mengenai tutorial android studio, kenalilah terlebih dahulu versi dari Android studio. Sistem operasi ini rilis pada tahun 2014, sampai saat ini versi Android Studio sudah pada tahap 4.

Fitur-Fitur Android Studio

Sebelum mengetahui tutorial Android Studio, simak fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut dan juga kegunaanya.

  • Sistem ini memberikan akses kepada Android SDK atau Software Development Kit. SDK berfungsi untuk menjalankan sistem Android.
  • Adanya dukungan dari Build yang berbasis Gradle. Gradle ini berfungsi sebagai sistem yang menjalankan program Android Studio, selain itu gradle juga akan melakukan import pada project pengguna.
  • Instant Run, fitur dapat melakukan refresh tanpa melalui berbagai rangkaian.
  • Dapat berintegrasi dengan Git. Fitur ini bagus digunakan oleh teamwork untuk menyelesaikan sebuah project.
  • Dapat menjalankan program secara langsung ke perangkat device atau Android secara nyata. Hal ini dapat meminimalisir penggunaan emulator.
  • Fitur Motion Layout, fitur ini sangat bagus digunakan editor. Fitur ini tergolong baru dirilis,  keunggulannya adalah adna dapat melihat pergerakan objek atau elemen pada aplikasi yang sudah dibuat.
  • APK Analyzer, menggunakan fitur ini anda dapat mengetahui informasi aplikasi yang sudah dibuat. Tidak hanya itu, APK Analyzer juga dapat melihat informasi aplikasi lain.
  • Dalam Android Studio juga sudah tersedia Vector Asset, Fitur ini banyak menampilkan macam-macam icon yang dapat anda gunakan.

Cara Membuat Aplikasi Android Studio Sederhana

  • Hal pertama dalam melakukan tutorial android studio adalah membuat activity baru, bukalah android studio kemudian klik file , pilih New, pilih New Project. Pada tampilan creat new project sudah disediakan banyak tampilan yang dapat dipilih.  Setelah itu klik empty activity kemudian tulis nama project pada kolom yang telah disediakan.  Pilih lokasi penyimpanan, pilih bahasa kemudian klik finish. Project package sudah jadi, package ini akan berisi kumpulan dari activity pengguna.
  • setelah membuat activity maka gunakanlah fitur-fitur yang tersedia pada Android Studio.
  • Klik AVD Manager, klik Virtual Device kemudian ana bisa memilih device definition untuk dijadikan emulator.
  • Pilih device yang sudah dibuat kemudian klik tombol play yang berwarna hijau, maka akan terkonekting ke emulator, tunggu hingga selesai.
  • Setelah itu akan muncul tampilan android dengan tulisan hello world dan nama package yang sudah kita buat.

Originally posted 2022-02-12 23:40:18.