tutorial termux lengkap

Pelajari dari Dasar, berikut Tutorial Termux Lengkap

Menggunakan termux tidaklah sesulit yang terlihat. Terkadang melihat adanya huruf-huruf berjajar, membuat pusing sendiri. Padahal tutorial termux lengkap bisa ditemukan di mana mana, tidak hanya di buku tutorial termux lengkap, tetapi juga di internet.

Panduan yang ada secara online bisa langsung diterapkan, tanpa harus khawatir akan device yang digunakan, karena selama langkah-langkah yang dilakukan benar, tidak akan terjadi masalah. Kalaupun terjadi kesalahan dalam memasukkan kode, biasanya yang terjadi adalah kode script tidak berjalan, bukannya terjadi masalah pada device.

Ulasan tutorial vba excel kali ini akan membahas tentang Termux secara lengkap, karena itu untuk anda yang tertarik menggunakan termux, simak ulasan ini sampai selesai.

  1. Command Termux 

Untuk menjalankan program dalam termux, anda memerlukan command atau perintah. Kode ini dimasukkan ke dalam termux dengan ketikan, kemudian dijalankan dengan menekan enter. Contoh command sederhana yang bisa langsung anda praktekkan untuk coba-coba adalah

  • exit untuk keluar dari termux
  • clear untuk membersihkan termux
  • pkg-instal untuk menginstal package termux

Misalkan anda hendak membersihkan keseluruhan layar termux, masukkan kode clear kemudian tekan enter untuk menjalankannya. Jangan lupakan bahwa kode termux secara keseluruhan dimasukkan dalam huruf kecil.

Selanjutnya, anda juga bisa memasukkan dua kode perintah bersamaan dengan menggunakan tanda &&. Contohnya adalah memasukkan perintah “clear && exit” untuk membersihkan layar termux kemudian keluar.

  1. Script Termux

Hampir 90% script termux ada di github dan bisa didapatkan dengan didownload. Jika diibaratkan, Script adalah aplikasi, github adalah playstore dan termux adalah androidnya. Karena itu, tutorial termux lengkap berikutnya adalah tentang script.

Cara mendownloadnya sangat mudah, sama seperti mendownload file seperti biasanya. Pertama-tama buka situs github.com di browser, kemudian ketikkan script yang hendak didownload di search bar di kiri atas, setelah itu pilih salah satu. Selanjutnya, tekan clone or download, dan script yang hendak anda inginkan sudah terdownload.

Begitulah tutorial script termux, untuk menggunakannya, anda perlu membuka file utama dari script, kemudian menjalankannya. Biasanya, package untuk sebuah script sudah ada ketika mendownload file berbentuk zip, jadi anda hanya tinggal mengikutinya.

  1. Package dan Module

Untuk menjalankan script, anda membutuhkan tools tambahan yaitu package dan module. Tenang saja, anda tidak harus menginstall package dan module berulang kali, karena sekalinya terinstal, anda bisa langsung menggunakannya terus menerus di masa depan.

Contohnya, untuk menjalankan script nano editor, anda membutuhkan package nano. Begitu pula untuk menjalankan script python, anda memerlukan package python. Untuk menginstallnya sendiri cukup sederhana, anda hanya perlu mengetikkan perintah “pkg-instal (Nama package)” kemudian package dan module akan terpasang secara sendirinya.

Itulah dasar tutorial termux lengkap, yang bisa langsung anda praktekkan, tanpa harus mendownload dan membuka buku e book tutorial termux pdf, karena sumber dari internet juga cukup terpercaya.

Originally posted 2022-02-13 23:40:49.