Mudah! Inilah MIT App Inventor 2 Tutorial Membuat Aplikasi Android

Apakah  Anda tertarik untuk membuat aplikasi sendiri namun terkendala dengan bahasa pemrograman yang rumit? Tentunya hal tersebut tidak lagi menjadi masalah karena Anda bisa mempelajari MIT App Inventor 2 tutorial. Apa itu apa itu MIT App Inventor 2 dan bagaimana menggunakannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Belajar MIT App Inventor 2

MIT App Inventor 2 adalah sebuah platform yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi perangkat lunak sederhana berbasis sistem Android. Menariknya meskipun tidak mempelajari dan menggunakan bahasa pemrograman terlalu dalam, Anda tetap bisa menciptakan aplikasi Android ini sesuai keinginan hanya dengan memanfaatkan berbagai layout dan komponen yang sudah tersedia.

MIT App Inventor 2 tutorial

Untuk dapat menggunakan platform ini, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah yang nantinya bisa menghasilkan aplikasi berbasis sistem Android, hal yang perlu Anda lakukan diantaranya,

  1. Buka aplikasi App Inventor

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi ini melalui laman resmi dari MIT App Inventor yaitu appinventor.mit.edu. Selanjutnya akan ada banyak informasi mengenai penggunaan aplikasi pemrograman tersebut yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu. Untuk lebih memahami cara penggunaan aplikasi ini tekan menu Get Started.

  1. Login ke aplikasi

Setelah Anda memahami berbagai informasi yang ada, selanjutnya adalah login ke aplikasi tersebut menggunakan akun Google, masukan username dan juga password Anda dengan benar. Setelah itu akan terbuka page permission request, berupa permintaan izin agar dapat mengakses informasi yang berhubungan dengan akun Google milik Anda. Tekan Allow, kemudian setujui terms of service yang ada, baru Anda bisa masuk ke aplikasi ini.

  1. Mulai project baru

Untuk memulai projek baru tekan Start New Project, dan beri nama pada project yang akan dibuat. App Inventor ini memiliki dua halaman utama yakni Halaman Designer dan Halaman Blocks.

  1. Tambahkan objek atau komponen sesuai keinginan

Untuk mendesain aplikasi yang akan dibuat, Anda bisa menambahkan komponen yang diperlukan, akan lebih baik jika Anda sudah mempelajari fungsi dari berbagai tools yang ada pada Halaman Designer, seperti Palette, Components, Viewer, Properties dan Media, sehingga proses mendesain aplikasi bisa lebih mudah.

  1. Mulai koding menggunakan Block Editor

Selanjutnya adalah memulai koding pada Halaman Blocks untuk membuat bagian backend dari aplikasi yang sedang dibuat. Terdapat banyak tools yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan aplikasi tersebut.

  1. Uji aplikasi yang telah dibuat

Setelah selesai dibuat, selanjutnya adalah melakukan pengujian aplikasi tersebut, siapkan smartphone yang tersambung jaringan internet, lalu download MIT AI2 Companion pada Play Store, pada aplikasi pilih Connect > All Companion. Selanjutnya catat kode yang muncul, lalu masukan ke aplikasi yang telah di-download sebelumnya.

Rekomendasi :   Alasan Memilih Senter Acebeam X50 High Power

Itulah penjelasan mengenai MIT App Inventor 2 tutorial yang bisa Anda pelajari. Pelajari juga tutorial VBA Excel yang berguna bagi pekerjaan Anda.

Originally posted 2022-02-15 23:43:54.