Pelajari Tutorial PHP MySQL untuk Membuat Website dengan Mudah

Apakah Anda tertarik untuk mengembangkan sebuah website? Jika demikian, Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman dan juga database untuk penyimpanan data, salah satu yang bisa digunakan adalah PHP MySQL. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini tutorial PHP MySQL yang bisa Anda pelajari.

Belajar php mysql

Saat akan membuat website, tentunya Anda memerlukan script website dan juga database penyimpan data, untuk membuatnya Anda perlu menggunakan bahasa pemrograman, salah satu bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP (Personal Home Page)  dan menyimpan data di sistem manajemen database MySQL.

Bahasa pemrograman PHP dan juga database  MySQL ini tersedia secara gratis, sehingga Anda bisa menggunakannya secara bebas, terlebih PHP MySQL ini bisa diaplikasikan pada software skala besar maupun kecil.

Tutorial PHP MySQL

Banyak yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan PHP MySQL ini, namun sebelum mempelajari hal tersebut ada beberapa hal dasar yang perlu Anda lakukan, yakni.

  1. Memiliki pemahaman akan dasar dari PHP dan MySQL
  2. Sudah men-download dan menginstal MySQL versi terbaru
  3. Sudah men-download dan menginstal Apache versi terbaru
  4. Tahu username dan juga password server MySQL

Jika Anda belum sempat untuk mengunduh MySQL dan Apache, maka Anda perlu segera menginstal XAMPP terlebih dahulu. XAMPP atau Cross-platform (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P), dan Perl (P) ini membantu Anda untuk membuat web server dengan mudah. Berikut ini cara men-download XAMPP untuk PC versi 7.3.9 OS Windows 10 Pro 64 Bit.

  1. Download installer XAMPP di https://www.apachefriends.org/download.html. Pastikan file hasil download tersebut bernama xampp-windows-x64-7.3.9-0-VC15-installer.exe.
  2. Proses instal XAMPP
  • Double klik file yang telah terdownload, saat muncul pop up peringatan langsung tekan OK, kemudian akan muncul jendela install, lalu klik Next.
  • Akan muncul tampilan ”Select Components”, tekan tombol Next.
  • Selanjutnya Anda diminta untuk memilih folder untuk menyimpan instalasi XAMPP, tekan tombol Next untuk menyimpannya secara default di C:\xampp.
  • Proses instalasi ini hampir selesai saat muncul tampilan “Ready to Instal”, lalu tekan tombol Next.
  • Jika proses instalasi sudah selesai, maka tekan tombol Finish.
  • Setelah itu akan tampil interface dari “XAMPP Control Panel” yang digunakan untuk menjalankan seluruh aplikasi XAMPP termasuk MySQL database dan Apache web server.
Rekomendasi :   Pelajari dari Dasar, berikut Tutorial Termux Lengkap

Setelah semua keperluan dasar dari penggunaan PHP MySQL terinstal, maka Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan dalam pembuatan web server, mulai dari membuka dan menutup koneksi MySQL menggunakan PHP, membuat dan menghapus tabel database, input data PHP MySQL, hingga membuat backup database agar lebih aman.

Itulah tutorial PHP MySQL untuk proses instalasi XAMPP sebagai awal dari penggunaan PHP MySQL. Pelajari juga tutorial VBA Excel untuk menambah pengetahuan Anda.

Originally posted 2022-02-16 23:45:40.