Tutorial Node Red dan Pengertiannya

Node red adalah suatu pemrograman pada komputer yang berfungsi sebagai penghubung perangkat keras seperti API, dan yang semacamnya berbasis online.

Anda dapat menggunakan software ini dengan menggunakan web yang dapat memudahkan pengguna agar terhubung dengan flow dengan memanfaatkan node yang luas di dalam sebuah palette yang bisa langsung terpasang dengan satu klik saja.

Node red dipakai bersamaan dengan MQTT, Antares dan platform lainnya. Jika selesai menginstal, anda bisa langsung menjalankannya dengan mengetik ‘node red’ di command prompt.

Untuk dapat menggunakannya, dibutuhkan langkah-langkah seperti tutorial di bawah ini.

Berbeda dengan tutorial vba exel yang cenderung mudah, tutorial node-red ini dibutuhkan ketelitian khusus.

Berikut ini adalah tutorial node red

Untuk dapat menggunakan node-red di browser, anda harus mendaftar akun terlebih dahulu, caranya :

  1. Masuk ke halaman web resmi IBM Bluemix lalu isi setiap data yang diminta.
  2. Verifikasi akun Bluemix dengan mengklik tautan yang dikirim lewat email
  3. Setelah berhasil terverifikasi, kunjungi halaman login IBM Bluemix, dan masukkan akun anda.

Untuk mengakses web node-red ini, silahkan ketik ‘localhost:1880’ atau ‘Alamat-IPv4:1880’ pada browser.

Pada halaman node-red memiliki bagian-bagian tools, antara lain:

Nodes dan flow, yakni Nodes merupakan bagian pemrograman yang berfungsi untuk membuat sebuah program, nodes dibagi beberapa jenis, yakni input, output, function dll. Anda dapat mengunduh nodes pada opsi ‘Manage pallate’

Di bagian Manage pallate terdapat menu “nodes” , ini berarti sudah terinstal node, jika muncul tulisan “install” berarti belum terinstal dan anda akan diarahkan untuk menginstalnya.

Rekomendasi :   Menjadi Developer dengan Mudah Melalui Tutorial VBA Excel dan Pendukung Lainnya untuk Dapatkan Keuntungan

Flow, merupakan tempat penyimpan untuk memasang nodes tersebut. Dalam satu jendela node-red, memungkinkan terdapat lebih dari satu flow, namun penting untuk diketahui bahwa flow tersebut tidak saling bergantung.

Tutorial node-red menggunakan MQTT 

Node MQTT sudah otomatis terpasang saat penginstalan node-red. MQTT memiliki dua tipe, yakni input MQTT dan output MQTT.

Anda dapat menambahkan broker jika sudah mengklik “add new mqtt-broker” di ikon sebelah kanan. Setting browser hanya dapat digunakan jika ikon sebelah kanan sudah diklik.

Anda bisa merubah nama dari broker tersebut dan menambahkan server port yang digunakan.

Menerima dan mengirimkan data

Untuk simulasi data masukan dari device, bisa dilakukan dengan cara menggunakan node ‘inject’. Node inject juga dapat diubah jika ingin memberikan tipe data lain.

Anda dapat memilih program dengan mengklik ikon “….”.

Untuk melihat pesan yang dikirim, dapat menggunakan menu node Debu. Sedangkan untuk melihat pesan yang diterima, dapat dilihat dengan cara mengklik panel Debug.

Italah pembahasan singkat dan tutorial node-red yang bisa anda coba, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi yang sedang kesulitan untuk menggunakan software node-red.

Originally posted 2022-02-19 23:50:12.