Membuat Aplikasi Mobile dengan Mudah Menggunakan Tools QT

Tools untuk membuat aplikasi grafis android maupun Linux sekarang ini semakin banyak dicari, salah satunya adalah QT android tutorial. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, untuk beberapa di antaranya disebabkan oleh berbagai faktor tertentu yang dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan.

Di dunia pemrograman QT ini kurang lebih sama dengan tutorial VBA Excel yang akan lebih memudahkan kita untuk melakukan segala sesuatunya. QT merupakan tools yang paling sering digunakan untuk Linux.

Mengenal Lebih Dekat Tools QT

QT ini dibuat di tahun 1996 oleh perusahaan yang berasal dari Swedia bernama Trolltech. QT ini memiliki sifat lintas platform sehingga nantinya para developer bisa membuat sebuah aplikasi QT android tutorial berjalan di platform Windows, Mac, dan juga Linux. Menggunakan kode QT sama tetapi dalam platform yang berbeda.

QT ini memang sengaja dirancang untuk melakukan pengembangan aplikasi android tutorial dengan C++. Maka dari itu QT ini berisikan kelas-kelas yang hanya perlu untuk di manfaatkan saja. Baik itu dari permasalahan antarmuka, timer, networking, operasi input beserta output, template library dll.

QT memberikan dukungan penuh terhadap Unicode mulai dari versi 2.0, sehingga nantinya permasalahan internasionalization beserta encoding teks tidak akan menjadi permasalahan. Walaupun QT ini merupakan sofware tidak berbayar sudah terbukti stabil dan juga lengkap.

Jika dibandingkan dengan toolkit yang lainnya, QT android tutorial juga sangat mudah untuk dipelajari dan juga diberikan senjata berupa dokumentasi dan tutorial yang sudah terperinci. Ketika berada di tahun 2008 Nokia melakukan akusisi terhadap Trooltech, untuk lebih memberikan kelancaran terhadap strategi mengembangkan aplikasi lintas platform.

Rekomendasi :   3 Cara yang Harus Dipahami dalam Tutorial Jupyter Notebook

Untuk aplikasi mobile QT ini akan memberikan dukungan bagi beberapa sistem yang antara lainnya adalah Maemo, Symbian 560, MeeGo, Symbian^3 dan untuk dekstop  QT akan memberikan dukungan untuk sistem operasi Linux, Mac dan Windows.

Ada beberapa aplikasi yang sudah ternama juga memanfaatkan QT Framework antara lain adalah Google Earth Map Applications, VLC media Player, Skype Teleponhy Application, KDE dekstop environment. Qt juga dipakai dalam berbagai perangkat elektronik dan juga bidang industri.

Ada beberapa kelas library yang disediakan dan dapat dimanfaatkan oleh para developer untuk bisa lebih mempercepat dalam pembuatan program. Misalkan saja seperti library yang bisa untuk membuat GUI, network programing, dan juga library untuk memudahkan kerja sama dengan XML.

Nokia juga lebih mempermudah dalam pengembangan untuk aplikasi QT android tutorial, dengan menyediakan Nokia QT SDK yang berisikan dengan class library, QT simulator, dan QT kreator.

Bahasa Pemrograman Pada QT

QT memberikan dukungan untuk pengembangan ke dalam dua bahasa utama yaitu Java dan C++. Jika ingin membuat aplikasi mobile di atas Nokia QT SDK, bahasa pemrograman yang harus paling dikuasai adalah C++. Java sendiri hanya dalam digunakan untuk membuat aplikasi berbasiskan dekstop yang menggunakan QT SDK

Originally posted 2022-02-20 23:52:00.